PEMBINAAN ADMINISTRASI SEKOLAH PADA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN)

Authors

  • Anwar Anwar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jabal Ghafur Sigli, Indonesia
  • Halimah Halimah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jabal Ghafur, Aceh, Indonesia
  • Ricky Muliawan Hansyar Hansyar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jabal Ghafur Sigli, Indonesia
  • Usman Boini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jabal Ghafur Sigli, Indonesia
  • Samuel Juliardi Sinaga Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1238

Keywords:

Pembinaan, Administrasi, Sekolah, Madrasah

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Paloh Padang Tiji Kabupaten Pidie merupakan salah satu jenjang pendidikan dasar bidang Agama Islam yang tunduk dan bertanggung jawab kepada Kantor Departemen Agama Kabupaten Pidie. Seksi yang membidangi Madrasah pada Departemen Agama adalah Seksi Madrasah dan Pendidikan Agama Islam pada sekolah umum. Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Paloh Padang Tiji menyelenggarakan kegiatan administrasi sekolah atau administrasi pendidikan dalam upaya meningkatkan proses belajar mengajar, seperti administrasi sumber daya manusia, administrasi kemuridan, administrasi program pengajaran dan kurikulum dan pengelolaan sarana serta prasarana. Namun dalam kenyataannya semua jenis administrasi tersebut belum sepenuhnya dapat terlaksana karena ditemui beberapa faktor penghambat. Tujuan dilakukan penelitian untuk mengetahui sejauhmana pembinaan administrasi sekolah telah terlaksana pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Paloh Padang Tiji, hambatan-hambatan yang ditemui dan upaya yang dapat dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, untuk memperoleh data di samping melakukan penelitian kepustakaan juga dilakukan penelitian lapangan, semua data yang diperoleh diolah dan dianalisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pembinaan administrasi sekolah pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Paloh Padang Tiji Kabupaten Pidie belum terlaksana sebagaimana mestinya. Hambatan yang ditemui, terbatasnya tenaga administrasi, terbatasnya guru dan prasarana serta sarana yang tersedia juga terbatas. Upaya yang dapat dilakukan perlu penambahan tenaga administrasi, perlu penambahan guru, sarana dan prasarana yang kurang perlu segera ditanggulangi

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Anwar Anwar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jabal Ghafur Sigli, Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jabal Ghafur Sigli, Indonesia

Halimah Halimah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jabal Ghafur, Aceh, Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jabal Ghafur, Aceh, Indonesia

Ricky Muliawan Hansyar Hansyar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jabal Ghafur Sigli, Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jabal Ghafur Sigli, Indonesia

Usman Boini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jabal Ghafur Sigli, Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jabal Ghafur Sigli, Indonesia

Samuel Juliardi Sinaga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

Abstract viewed = 99 times

References

Afridoni, A., Putra, S., Hasri, S., & Sohiron, S. (2022). Manajemen Akreditasi Sekolah Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13832–13838. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jptam.V6i3.4402

Asy’ari, M., & Baysha, M. H. (2021). Pelatihan Virtual Meningkatkan Akreditasi Sekolah Terhadap Guru Pendidikan Dasar Dan Menengah. Pijar Mandiri Indonesia: Jurnal Pelatihan, Pengembangan, Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 50–55. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36312/Pmi.V1i2.29

Bahran, B., Sulistyoko, A., Khasyi’in, N., & Hafidzi, A. (2021). Strategi Pengembangan Program Studi Dalam Meningkatkan Nilai Akreditasi Pada Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Antasari. Journal Of Islamic And Law Studies, 5(2).

Darujati, C., Ambarwati, A., Damastuti, N., Setiawan, E., & Widodo, A. (2022). Peran Tenaga Kependidikan Dalam Pengelolaan Penerapan Mbkm Di Universitas Narotama. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(1), 41–45. Https://Doi.Org/10.30605/Jsgp.5.1.2022.1551

Fasha, S. A., & Umar, A. B. (2021). Administrasi Pendidikan Di Smp Annihayah Rawamerta. Peteka, 4(2), 247–256. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.31604/Ptk.V4i2.247-256

Fathurrochman, I., Danim, S., Ab, S. A., Kurniah, N., Connie, C., Wachidi, W., & Ristianti, D. H. (2021). Analisis Sistem Pendidikan Negara Federasi Rusia Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Iqbal, M. (2019). Akreditasi Sekolah, Nilai Unbk Dan Ulasan Online Menghadapi Globalisasi Dalam Era Revolusi Industri 4.0 Di Aceh. Pencerahan, 13(1), 1–16.

Iskamto, D., Liyas, J. N., Gultom, E., Ansori, P. B., Harwina, Y., & Hendra, T. (2022). Pelaksanaan Proses Akreditasi Sekolah Untuk Menjaga Kualitas Pendidikan Sekolah/Madrasah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(2), 46–51. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.54099/Jpma.V1i2.132

Khoiriyah, S., Nurmitasari, N., Khasanah, B. A., Qonita, S. H., Lestari, M., & Dewi, A. L. C. (2024). Pendampingan Pemetaan Kinerja Sekolah Muhammadiyah Berdasarkan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (Iasp) 2020. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(2), 211–218. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.30656/Jpmwp.V8i2.7462

Maulana, M. P., & Suryana, S. (2021). Upaya Tenaga Administrasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Administrasi Di Sekolah. Peteka, 4(2), 266–274. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.31604/Ptk.V4i2.266-274

Mayasari, N., Jusriati, J., Prayogo, P., Hajeni, H., Yati, Y., Ulpi, W., Saswati, R., Satar, M., & Pajarianto, H. (2023). Manajemen Pendidikan. Penerbit Widina.

Megasari, R. (2020). Peningkatan Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Untuk Meningkatan Kualitas Pembelajaran Di Smpn 5 Bukittinggi. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 636–648. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24036/Bmp.V2i1.3808

Nurochmah, A., Sutisnawati, A., & Wardana, A. E. (2019). Pengelolaan Satuan Pendidikan Dalam Rangka Mencetak Insan Generasi Muda Yang Unggul Di Sekolah Dasar. Holistika: Jurnal Ilmiah Pgsd, 3(2), 73–80. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24853/Holistika.3.2.73-80

Pandi, A. (2022). Peran Tenaga Administrasi Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Administrasi Di Mts. Hidayatul Muhsinin. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 153–165. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.55352/Mudir.V4i1.137

Sakdiah, H., & Syahrani, S. (2022). Pengembangan Standar Isi Dan Standar Proses Dalam Pendidikan Guna Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah. Cross-Border, 5(1), 622–632.

Sarpiah, S., Assidiq, M., & Khairat, U. (2020). Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Kesetaraan Paket A,B, Dan C Pada Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Majene Berbasis Web. Journal Peqguruang: Conference Series, 2(1), 48. Https://Doi.Org/10.35329/Jp.V2i1.1380

Satrio, S., Hasibuan, L., Us, K. A., & Rizki, A. F. (2021). Administrasi Kurikulum, Kesiswaan, Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Dalam Tinjauan Administasi Sekolah. Indonesian Journal Of Islamic Educational Management, 4(2), 92–101.

Sridana, N., Wilian, S., & Setiadi, D. (2018). Sistem Penjaminan Mutu Internal Di Satuan Pendidikan Menengah (Sma). Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan Ipa, 1(1). Https://Doi.Org/10.29303/Jpmpi.V1i1.212

Suardipa, I. P., & Pitriani, K. (2020). Urgensi Sistem Penjaminan Mutu Dan Akreditasi Dalam Pemetaan Mutu Satuan Pendidikan. Pintu: Jurnal Penjaminan Mutu, 1(2).

Sucipto, S. (2021). Pendampingan Manajemen Pengelolaan Jurnal Ilmiah Untuk Persiapan Akreditasi Jurnal Nasional Di Universitas Tulungagung. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 62–69.

Susiati, A. T. (2022). Implementasi Standar Akreditasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Di Perpustakaan Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Jurnal Fppti, 1–10.

Tanjung, R., Supriani, Y., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29. Https://Doi.Org/10.32529/Glasser.V6i1.1481

Taufik, T., & Warsono, H. (2020). Birokrasi Baru Untuk New Normal: Tinjauan Model Perubahan Birokrasi Dalam Pelayanan Publik Di Era Covid-19. Dialogue : Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 2(1), 1–18. Https://Doi.Org/10.14710/Dialogue.V2i1.8182

Wahyudin, U. R. (2020). Manajemen Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Penyelenggaraan Sistem Pendidikan Nasional). Deepublish.

Published

2024-06-30

How to Cite

Anwar, A., Halimah, H., Hansyar, R. M. H., Boini, U. ., & Sinaga, S. J. (2024). PEMBINAAN ADMINISTRASI SEKOLAH PADA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 658–667. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1238

Issue

Section

Articles