ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI KOMPUTER DALAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN ANALISIS DATA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.932Keywords:
Aplikasi Komputer, Keterampilan Analisis Data, Persepsi MahasiswaAbstract
Dalam era digital, penguasaan keterampilan analisis data menjadi kompetensi penting bagi mahasiswa, khususnya di bidang ekonomi dan bisnis. Aplikasi komputer seperti Microsoft Excel, SPSS, dan Tableau menjadi alat utama dalam mendukung proses pembelajaran ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa terhadap penggunaan aplikasi komputer dalam pengembangan keterampilan analisis data, dengan fokus pada tingkat kenyamanan, pemahaman, efektivitas, serta kendala yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei, melibatkan 51 mahasiswa dari program studi Ekonomi dan Bisnis di STIE Ganesha, yang dipilih menggunakan metode simple random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner terstruktur dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif serta uji korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa merasa nyaman dan percaya diri dalam menggunakan aplikasi komputer, dengan rata-rata skor kenyamanan 3.78 dan efektivitas pembelajaran 3.84. Namun, terdapat kendala yang masih dihadapi, seperti kesulitan dalam memahami fitur aplikasi (skor 3.29) dan keterbatasan fasilitas kampus (skor 3.61). Uji korelasi Pearson menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kenyamanan penggunaan aplikasi dan efektivitas pembelajaran (r = 0.488, p < 0.05), yang berarti bahwa semakin nyaman mahasiswa dalam menggunakan aplikasi, semakin tinggi mereka menilai efektivitas pembelajaran berbasis aplikasi.
Downloads
References
Aulia, S. R., & Kurniawan, A. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Tentang Variasi Permainan Pencak Silat Berbasis Aplikasi Articulate Storyline. Sport Science And Health, 3(12), 929–941. Https://Doi.Org/10.17977/Um062v3i122021p929-941
Awalia, L. M., Pratiwi, I. A., & Kironoratri, L. (2021). Analisis Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Di Desa Karangmalang. Jurnal Basicedu, 5(5), 3940–3949.
Azzahra, S. A., Saefullah, A., Tafsiruddin, M., Saksana, J. C., Nurrahman, S., Tohiroh, T., Suharmanto, S., Sutaryono, S., Suhermanto, S., & Jayaun, J. (2025). Focus Group Discussion (Fgd) Mengukur Kepuasan Pengguna Portal Akademik Perguruan Tinggi Di Tangerang Selatan Dengan Metode Pieces. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 305–315. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Cdj.V6i1.40303
Chairoel, L., Fitri, M. E. Y., & Hastini, L. Y. (2020). Persepsi Mahasiswa Tentang Sistem Informasi Akademik Perguruan Tinggi. Amar (Andalas Management Review), 4(1), 82–99. Https://Doi.Org/10.25077/Amar.4.1.82-99.2020
Hakeu, F., & Djahuno, R. (2024). Transformasi Artificial Intelligence Dalam Konteks Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Mts Terpadu Al-Azhfar Gorontalo Utara. Tarqiyah: Journal Of Islamic Education, 2(1), 11–23.
Hardhienata, S., Suchyadi, Y., & Wulandari, D. (2021). Strengthening Technological Literacy In Junior High School Teachers In The Industrial Revolution Era 4.0. Jhss (Journal Of Humanities And Social Studies), 5(3), 330–335. Https://Doi.Org/10.33751/Jhss.V5i3.4220
Hariharasudan, A., & Kot, S. (2018). A Scoping Review On Digital English And Education 4.0 For Industry 4.0. Social Sciences, 7(11), 227. Https://Doi.Org/10.3390/Socsci7110227
Herlina, S., Iskandar, R. S. F., Saputri, V., & Inayah, S. (2022). Analisis Persepsi Mahasiswa Dalam Pemanfaatan Literasi Digital Untuk Pembelajaran Matematika Berdasarkan Gender. Sigma Didaktika: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 1–11. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.17509/Sigmadidaktika.V8i1.48432
Jabnabillah, F., & Astiati, S. D. (2024). Analisis Korelasi Pearson Dalam Menentukan Hubungan Antara Respon Dengan Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Quizizz. Pi: Mathematics Education Journal, 7(2), 57–63. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21067/Pmej.V7i2.10109
Jabnabillah, F., & Margina, N. (2022). Analisis Korelasi Pearson Dalam Menentukan Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Kemandirian Belajar Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Sintak, 1(1), 14–18.
Jagadisen, M. S. A., Salamzadeh, Y., Farzad, F. S., Salamzadeh, A., & Palalić, R. (2021). Digital Leadership And Organizational Capabilities In Manufacturing Industry: A Study In Malaysian Context. Periodicals Of Engineering And Natural Sciences (Pen), 10(1), 195. Https://Doi.Org/10.21533/Pen.V10i1.2237
Jatmoko, D., & Faizun, M. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelayanan Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (Jpse), 6(1), 104–113. Https://Doi.Org/10.37729/Jpse.V6i1.6495
Mubarak, M. H., & Santoso, A. B. (2023). Persepsi Mahasiswa Dalam Penggunaan Aplikasi Berbasis Text To Speech Pada Mata Kuliah Teknologi Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Ilmiah Iqra’, 17(1), 73. Https://Doi.Org/10.30984/Jii.V17i1.2376
Musdalifah, M., Satriani, S., Najib, A., & Abadi, A. U. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Microsoft Excel Terhadap Pengolahan Data Penelitian Mahasiswa Uin Alauddin Makassar. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 191–199. Https://Doi.Org/10.24252/Edu.V1i2.26713
Ningsih, Y. L., & Fitriasari, P. (2021). Persepsi Mahasiswa Tentang Penggunaan Video Pembelajaran Pada Materi Persamaan Diferensial. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(2), 126–137. Https://Doi.Org/10.31851/Indiktika.V3i2.5517
Noviani, E., & Fajri, B. R. (2022). Rancang Bangun Media Interaktif Augmented Reality Pengenalan Gerak Dasar Pencak Silat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12553–12561. Https://Doi.Org/Https://Www.Jptam.Org/Index.Php/Jptam/Article/View/3756
Pane, E. P., Manurung, H. M., Simangunsong, A. D., Mobo, F. D., Siahaan, T. M., & Manurung, S. (2022). The Effect Of Stem-Based Learning Module On Students Learning Outcomes And Motivation In General Chemistry Courses. Ijeca (International Journal Of Education And Curriculum Application), 5(2), 211–218. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31764/Ijeca.V5i2.10212
Pradipa, N. A., Munidewi, I. A. B., & Sukarta, M. A. P. (2024). Analisis Komparatif Persepsi Mahasiswa Dalam Penggunaan Aplikasi Akuntansi Digital. Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 919–924. Https://Doi.Org/10.57141/Kompeten.V3i1.136
Putri, A. D., Hasnita, S., Vilardi, M., & Setiawan, W. (2019). Analisis Pengaruh Minat Belajar Siswa Ma Dengan Menggunakan Aplikasi Geogebra Pada Materi Spldv. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 47–52. Https://Doi.Org/10.22437/Edumatica.V9i1.6348
Rana, G., & Sharma, R. (2019). Emerging Human Resource Management Practices In Industry 4.0. Strategic Hr Review, 18(4), 176–181. Https://Doi.Org/10.1108/Shr-01-2019-0003
Riani, A., Utomo, E., & Nuraini, S. (2021). Development Of Local Wisdom Augmented Reality (Ar) Media In Elementary Schools. International Journal Of Multicultural And Multireligious Understanding, 8(6), 154–162. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.18415/Ijmmu.V8i6.2735
Sari, Y., Efriyanti, L., & Musril, H. A. (2022). Persepsi Mahasiswa Dan Dosen Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer Ftik Iain Bukittinggi Terhadap Pembelajaran Daring Semester Genap 2020/2021. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(01), 174–180. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.32670/Ht.V2i01.1081
Sasmitha, W. (2022). Desain Video Pembelajaran Blended Learning Mata Kuliah. Jurnal Patriot, 4(2), 170–181. Https://Doi.Org/10.24036/Patriot.V4i2.842
Sudibjo, N., Idawati, L., & Harsanti, H. G. R. (2019). Characteristics Of Learning In The Era Of Industry 4.0 And Society 5.0. International Conference On Education Technology (Icoet 2019), 276–278.
Wao, Y. P., Priska, M., & Peni, N. (2022). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Classpoint Pada Mata Kuliah Zoologi Invertebrata. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 3(2), 76–87. Https://Doi.Org/10.26740/Jipb.V3n2.P76-87
Yuniarti, R. (2022). Analisis Korelasi Pemahaman Konsep Materi Statistika Deskriptif Dengan Kesalahan Uji Hipotesis Deskriptif. Unisda Journal Of Mathematics And Computer Science (Ujmc), 8(1), 1–10. Https://Doi.Org/10.52166/Ujmc.V8i1.2829
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten