ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI KOMPUTER DALAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN ANALISIS DATA

Authors

  • Sitti Aliyah Azzahra Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ganesha, Indonesia
  • Jayaun Jayaun Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ganesha, Indonesia
  • Suhermanto Suhermanto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ganesha, Indonesia
  • Emizatul Aini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ganesha, Indonesia
  • Akbar Lazuardi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ganesha, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.932

Keywords:

Aplikasi Komputer, Keterampilan Analisis Data, Persepsi Mahasiswa

Abstract

Dalam era digital, penguasaan keterampilan analisis data menjadi kompetensi penting bagi mahasiswa, khususnya di bidang ekonomi dan bisnis. Aplikasi komputer seperti Microsoft Excel, SPSS, dan Tableau menjadi alat utama dalam mendukung proses pembelajaran ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa terhadap penggunaan aplikasi komputer dalam pengembangan keterampilan analisis data, dengan fokus pada tingkat kenyamanan, pemahaman, efektivitas, serta kendala yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei, melibatkan 51 mahasiswa dari program studi Ekonomi dan Bisnis di STIE Ganesha, yang dipilih menggunakan metode simple random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner terstruktur dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif serta uji korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa merasa nyaman dan percaya diri dalam menggunakan aplikasi komputer, dengan rata-rata skor kenyamanan 3.78 dan efektivitas pembelajaran 3.84. Namun, terdapat kendala yang masih dihadapi, seperti kesulitan dalam memahami fitur aplikasi (skor 3.29) dan keterbatasan fasilitas kampus (skor 3.61). Uji korelasi Pearson menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kenyamanan penggunaan aplikasi dan efektivitas pembelajaran (r = 0.488, p < 0.05), yang berarti bahwa semakin nyaman mahasiswa dalam menggunakan aplikasi, semakin tinggi mereka menilai efektivitas pembelajaran berbasis aplikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sitti Aliyah Azzahra, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ganesha, Indonesia

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ganesha, Indonesia

Jayaun Jayaun, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ganesha, Indonesia

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ganesha, Indonesia

Suhermanto Suhermanto, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ganesha, Indonesia

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ganesha, Indonesia

Emizatul Aini, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ganesha, Indonesia

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ganesha, Indonesia

Akbar Lazuardi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ganesha, Indonesia

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ganesha, Indonesia

References

Aulia, S. R., & Kurniawan, A. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Tentang Variasi Permainan Pencak Silat Berbasis Aplikasi Articulate Storyline. Sport Science And Health, 3(12), 929–941. Https://Doi.Org/10.17977/Um062v3i122021p929-941

Awalia, L. M., Pratiwi, I. A., & Kironoratri, L. (2021). Analisis Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Di Desa Karangmalang. Jurnal Basicedu, 5(5), 3940–3949.

Azzahra, S. A., Saefullah, A., Tafsiruddin, M., Saksana, J. C., Nurrahman, S., Tohiroh, T., Suharmanto, S., Sutaryono, S., Suhermanto, S., & Jayaun, J. (2025). Focus Group Discussion (Fgd) Mengukur Kepuasan Pengguna Portal Akademik Perguruan Tinggi Di Tangerang Selatan Dengan Metode Pieces. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 305–315. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Cdj.V6i1.40303

Chairoel, L., Fitri, M. E. Y., & Hastini, L. Y. (2020). Persepsi Mahasiswa Tentang Sistem Informasi Akademik Perguruan Tinggi. Amar (Andalas Management Review), 4(1), 82–99. Https://Doi.Org/10.25077/Amar.4.1.82-99.2020

Hakeu, F., & Djahuno, R. (2024). Transformasi Artificial Intelligence Dalam Konteks Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Mts Terpadu Al-Azhfar Gorontalo Utara. Tarqiyah: Journal Of Islamic Education, 2(1), 11–23.

Hardhienata, S., Suchyadi, Y., & Wulandari, D. (2021). Strengthening Technological Literacy In Junior High School Teachers In The Industrial Revolution Era 4.0. Jhss (Journal Of Humanities And Social Studies), 5(3), 330–335. Https://Doi.Org/10.33751/Jhss.V5i3.4220

Hariharasudan, A., & Kot, S. (2018). A Scoping Review On Digital English And Education 4.0 For Industry 4.0. Social Sciences, 7(11), 227. Https://Doi.Org/10.3390/Socsci7110227

Herlina, S., Iskandar, R. S. F., Saputri, V., & Inayah, S. (2022). Analisis Persepsi Mahasiswa Dalam Pemanfaatan Literasi Digital Untuk Pembelajaran Matematika Berdasarkan Gender. Sigma Didaktika: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 1–11. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.17509/Sigmadidaktika.V8i1.48432

Jabnabillah, F., & Astiati, S. D. (2024). Analisis Korelasi Pearson Dalam Menentukan Hubungan Antara Respon Dengan Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Quizizz. Pi: Mathematics Education Journal, 7(2), 57–63. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21067/Pmej.V7i2.10109

Jabnabillah, F., & Margina, N. (2022). Analisis Korelasi Pearson Dalam Menentukan Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Kemandirian Belajar Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Sintak, 1(1), 14–18.

Jagadisen, M. S. A., Salamzadeh, Y., Farzad, F. S., Salamzadeh, A., & Palalić, R. (2021). Digital Leadership And Organizational Capabilities In Manufacturing Industry: A Study In Malaysian Context. Periodicals Of Engineering And Natural Sciences (Pen), 10(1), 195. Https://Doi.Org/10.21533/Pen.V10i1.2237

Jatmoko, D., & Faizun, M. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelayanan Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (Jpse), 6(1), 104–113. Https://Doi.Org/10.37729/Jpse.V6i1.6495

Mubarak, M. H., & Santoso, A. B. (2023). Persepsi Mahasiswa Dalam Penggunaan Aplikasi Berbasis Text To Speech Pada Mata Kuliah Teknologi Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Ilmiah Iqra’, 17(1), 73. Https://Doi.Org/10.30984/Jii.V17i1.2376

Musdalifah, M., Satriani, S., Najib, A., & Abadi, A. U. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Microsoft Excel Terhadap Pengolahan Data Penelitian Mahasiswa Uin Alauddin Makassar. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 191–199. Https://Doi.Org/10.24252/Edu.V1i2.26713

Ningsih, Y. L., & Fitriasari, P. (2021). Persepsi Mahasiswa Tentang Penggunaan Video Pembelajaran Pada Materi Persamaan Diferensial. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(2), 126–137. Https://Doi.Org/10.31851/Indiktika.V3i2.5517

Noviani, E., & Fajri, B. R. (2022). Rancang Bangun Media Interaktif Augmented Reality Pengenalan Gerak Dasar Pencak Silat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12553–12561. Https://Doi.Org/Https://Www.Jptam.Org/Index.Php/Jptam/Article/View/3756

Pane, E. P., Manurung, H. M., Simangunsong, A. D., Mobo, F. D., Siahaan, T. M., & Manurung, S. (2022). The Effect Of Stem-Based Learning Module On Students Learning Outcomes And Motivation In General Chemistry Courses. Ijeca (International Journal Of Education And Curriculum Application), 5(2), 211–218. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31764/Ijeca.V5i2.10212

Pradipa, N. A., Munidewi, I. A. B., & Sukarta, M. A. P. (2024). Analisis Komparatif Persepsi Mahasiswa Dalam Penggunaan Aplikasi Akuntansi Digital. Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 919–924. Https://Doi.Org/10.57141/Kompeten.V3i1.136

Putri, A. D., Hasnita, S., Vilardi, M., & Setiawan, W. (2019). Analisis Pengaruh Minat Belajar Siswa Ma Dengan Menggunakan Aplikasi Geogebra Pada Materi Spldv. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 47–52. Https://Doi.Org/10.22437/Edumatica.V9i1.6348

Rana, G., & Sharma, R. (2019). Emerging Human Resource Management Practices In Industry 4.0. Strategic Hr Review, 18(4), 176–181. Https://Doi.Org/10.1108/Shr-01-2019-0003

Riani, A., Utomo, E., & Nuraini, S. (2021). Development Of Local Wisdom Augmented Reality (Ar) Media In Elementary Schools. International Journal Of Multicultural And Multireligious Understanding, 8(6), 154–162. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.18415/Ijmmu.V8i6.2735

Sari, Y., Efriyanti, L., & Musril, H. A. (2022). Persepsi Mahasiswa Dan Dosen Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer Ftik Iain Bukittinggi Terhadap Pembelajaran Daring Semester Genap 2020/2021. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(01), 174–180. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.32670/Ht.V2i01.1081

Sasmitha, W. (2022). Desain Video Pembelajaran Blended Learning Mata Kuliah. Jurnal Patriot, 4(2), 170–181. Https://Doi.Org/10.24036/Patriot.V4i2.842

Sudibjo, N., Idawati, L., & Harsanti, H. G. R. (2019). Characteristics Of Learning In The Era Of Industry 4.0 And Society 5.0. International Conference On Education Technology (Icoet 2019), 276–278.

Wao, Y. P., Priska, M., & Peni, N. (2022). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Classpoint Pada Mata Kuliah Zoologi Invertebrata. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 3(2), 76–87. Https://Doi.Org/10.26740/Jipb.V3n2.P76-87

Yuniarti, R. (2022). Analisis Korelasi Pemahaman Konsep Materi Statistika Deskriptif Dengan Kesalahan Uji Hipotesis Deskriptif. Unisda Journal Of Mathematics And Computer Science (Ujmc), 8(1), 1–10. Https://Doi.Org/10.52166/Ujmc.V8i1.2829

Published

2025-04-28

How to Cite

Azzahra, S. A., Jayaun, J., Suhermanto, S., Aini, E., & Lazuardi, A. (2025). ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI KOMPUTER DALAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN ANALISIS DATA. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(3), 637–647. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.932

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.