PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTATIF MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKAN FKIP UHN DENGAN MODEL NOVICK
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1125Keywords:
Peningkatan, Kemampuan Representatif, Mahasiswa, Pendidikan Matematika, Model NovickAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya peningkatan kemampuan representatif mahasiswa di prodi pendidikan matematika FKIP UHN yang mengikuti mata kuliah media pembelajaran matemtika yang terdisi dari 2 kelas. Dengan teknik random sampling akan dipilah satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Besarnya peningkatan akan dilihat dengan menggunakan anova dan dilanjut dengan uji scheffe untuk melihat perbandingan yang tidak direncanakan rata-rata kelompok setiap kelas dalam analisis variannya. Hasil perhitungan normalitas dan homogenitas menunjukkan nilai signifikan data > 0,05 yang artnya seluruh data berdistribusi normal dan varians seluruh data seluruh kelas adalah homogen atau sama. Hasil perhitungan N-Gain terlihat bahwa kualitas peningkatan kemampuan representatif siswa kelas eksperimen sebesar 0, 33 dan kelas kontrol sebesar 0, 30 yang artinya bahwa model pembelajaran Novick dapat meningkatkan kemampuan representatif mahasiswa yang mengikuti mata kuliah matematika ekonomi dan bisnis. Selanjutnya hasil Anova menunjukkan adanya peningkatan kemampuan representatif mahasiswa yang memperoleh pembelajaran model novick lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajara konvensional dan hasil uji Scheffe menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan representatif matematis mahasiswa secara keseluruhan lebih banyak dipengaruhi oleh perlakuan
Downloads
References
Adi Suarman Situmorang, & Dahlia Fortuna Sinaga. (2022). Analysis of Numeracy Literacy Skills Of Students On The Pythagorean Theorem Material in Class VIII UPT SMP Negeri 7 Medan T.A. 2021/2022. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 2(1). https://doi.org/10.55227/ijhess.v2i1.242
Afifatun, S. (2022). Implementasi Supervisi Akademik dengan Pendekatan Demokratis dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 141–155. https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.35
Ainunnisa, D. A., Praja, E. S., & Dewi, I. L. K. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Kubus Dan Balok. Journal of Authentic Research …, 3(2), 166–177.
Alzanatul Umam, M., & Zulkarnaen, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 303–312. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1993
Aras, N. F., Akina, A., Lestari, M., & Rahmat, W. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Novick di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8855–8862. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9957
Barki, A., & Pratama, F. (2022). ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE ARTIKULASI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22460/collase.v5i3.5594
Dachi, S. W., Rezeki, S., Kunci, K., Model, :, Novick, P., & Kritis, K. B. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Novick terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA Harapan Mekar Medan. Journal on Education, 05(02), 4644–4653.
Hanafiah, H., Sauri, R. S., Rahayu, Y. N., & Arifudin, O. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4524–4529. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1049
Haniyah, Y. (2022). Perbandingan Model Pembelajaran POE dengan Novick terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ekonomi Siswa Kelas X MIPA. JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) e-ISSN 2745-5955, 3(6), 548–554. https://doi.org/https://doi.org/10.36312/10.36312/JSM
Hasanah, M., Sandy, P., Manan, M., & Nasucha, J. A. (2022). Analisis Strategi Perencanaan Mutu Satuan Pendidikan di Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 108–119.
Hastuti, H. W., Baedowi, S., & Mushafanah, Q. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Berbantu Media Panelpa (Papan Flanel IPA) Terhadap Hasil Belajar. International Journal of Elementary Education, 3(2), 108–115. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18513
Hidayah, D. F. N., Risdayatie, D., Febrianti, F. A., & Titalia, Y. S. (2023). Pengempelementasian Sarana Prasarana di Sekolah sebagai Penunjang Keefektifan dalam Pembelajaran bagi Dunia Pendidikan Modern. Jurnal Edukasi Nonformal, 2(2), 792–811.
Jamilatussholikhah, Noor Amirudin, & Ode Moh. Man Arfa Ladamay. (2022). Persepsi Guru Pendidikan Agama Islam Tentang Kebijakan Merdeka Belajar Di Madrasah Tsanawiyah Ykui Sekargadung Dukun Gresik. Jurnal Mahasiswa Pendidikan, 2(2), 165–171. https://doi.org/10.37286/jmp.v2i2.185
Mangunsong, H. F., Syahbana, A., & Nopriyanti, T. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Novick Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Math-UMB. EDU, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v7i1.464
Meisy Sella Maria, Nurmaningsih Nurmaningsih, & Rahman Haryadi. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Materi Penyajian Data. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 40–49. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i1.160
Ni’matuzzahroh, I. (2020). Model Pembelajaran Novick Dengan Media Origami terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 2(April), 7–10.
Nurul Utari. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE ARTIKULASI TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWAKELAS IV SD NEGERI BAREMBENG II KECAMATAN. UNIVERSITAS, 10540(9595), 15.
Ratnasari, D., Gunayasa, I. B. K., & Saputra, H. H. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SDN GUGUS 01 KECAMATAN BRANG REA TAHUN AJARAN 2020/2021. Renjana Pendidikan Dasar, 2(1), 39–45. http://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/172
Sari, S. P., & Sari, D. S. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 MERBAU KECAMATAN MERBAU KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI. Jurnal Online Mahasiswa Pendidikan Matematika (JOMPEMA), 1(1), 163–174.
Setiariny, E. (2023). Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 20(1), 23–33. https://doi.org/10.54124/jlmp.v20i1.81
Situmorang, A. S. (2020). MODEL PEMBELAJARAN PENCAPAIAN KONSEP DENGAN PENDEKATAN ILMIAH TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTATIF MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UHN. Sepren, 1(02), 1–7. https://doi.org/10.36655/sepren.v1i02.212
Supriadi, Ramli, M., & Latif, M. (2022). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Nazzama: Journal of Management Education, 2(1), 27–43. https://doi.org/10.24252/jme.v2i1.28776
Toenlioe, A. J. E. (2017). Pengem-bangan Kurikulum. In Cetakan Ke-1. Bandung: PT Refika Aditama (Vol 09, Number 01).
Umar, W., & Pamuti, P. (2022). Kemampuan Multipel Representasi Matematis Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik (Pmr) Pada Materi Pecahan. Edukasi, 20(1), 1. https://doi.org/10.33387/j.edu.v20i1.4436
Uzer, Y. V. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PADA SMP NEGERI 2 PALEMBANG. Jurnal Sitakara, 5(1), 48. https://doi.org/10.31851/sitakara.v5i1.3525
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten