PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTATIF MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKAN FKIP UHN DENGAN MODEL NOVICK

Authors

  • Adi Suarman Situmorang Pendidikan Matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen, Sumatera Utara, Indonesia
  • Golda Novatrasio Siregar Pendidikan Matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen, Sumatera Utara, Indonesia
  • Agusmanto JB. Hutauruk Pendidikan Matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen, Sumatera Utara, Indonesia
  • Lolyta Damora Simbolon Pendidikan Matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen, Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1125

Keywords:

Peningkatan, Kemampuan Representatif, Mahasiswa, Pendidikan Matematika, Model Novick

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya peningkatan kemampuan representatif mahasiswa di prodi pendidikan matematika FKIP UHN yang mengikuti mata kuliah media pembelajaran matemtika yang terdisi dari 2 kelas. Dengan teknik random sampling akan dipilah satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Besarnya peningkatan akan dilihat dengan menggunakan anova dan dilanjut dengan uji scheffe untuk melihat perbandingan yang tidak direncanakan rata-rata kelompok setiap kelas dalam analisis variannya. Hasil perhitungan normalitas dan homogenitas menunjukkan nilai signifikan data > 0,05 yang artnya seluruh data berdistribusi normal dan varians seluruh data seluruh kelas adalah homogen atau sama. Hasil perhitungan N-Gain terlihat bahwa kualitas peningkatan kemampuan representatif siswa kelas eksperimen sebesar 0, 33 dan kelas kontrol sebesar 0, 30 yang artinya bahwa model pembelajaran Novick dapat meningkatkan kemampuan representatif mahasiswa yang mengikuti mata kuliah matematika ekonomi dan bisnis. Selanjutnya hasil Anova menunjukkan adanya peningkatan kemampuan representatif mahasiswa yang memperoleh pembelajaran model novick lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajara konvensional dan hasil uji Scheffe menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan representatif matematis mahasiswa secara keseluruhan lebih banyak dipengaruhi oleh perlakuan

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Adi Suarman Situmorang, Pendidikan Matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen, Sumatera Utara, Indonesia

Pendidikan Matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen, Sumatera Utara, Indonesia

Golda Novatrasio Siregar, Pendidikan Matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen, Sumatera Utara, Indonesia

Pendidikan Matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen, Sumatera Utara, Indonesia

Agusmanto JB. Hutauruk, Pendidikan Matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen, Sumatera Utara, Indonesia

Pendidikan Matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen, Sumatera Utara, Indonesia

Lolyta Damora Simbolon, Pendidikan Matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen, Sumatera Utara, Indonesia

Pendidikan Matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen, Sumatera Utara, Indonesia

References

Adi Suarman Situmorang, & Dahlia Fortuna Sinaga. (2022). Analysis of Numeracy Literacy Skills Of Students On The Pythagorean Theorem Material in Class VIII UPT SMP Negeri 7 Medan T.A. 2021/2022. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 2(1). https://doi.org/10.55227/ijhess.v2i1.242

Afifatun, S. (2022). Implementasi Supervisi Akademik dengan Pendekatan Demokratis dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 141–155. https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.35

Ainunnisa, D. A., Praja, E. S., & Dewi, I. L. K. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Kubus Dan Balok. Journal of Authentic Research …, 3(2), 166–177.

Alzanatul Umam, M., & Zulkarnaen, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 303–312. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1993

Aras, N. F., Akina, A., Lestari, M., & Rahmat, W. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Novick di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8855–8862. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9957

Barki, A., & Pratama, F. (2022). ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE ARTIKULASI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22460/collase.v5i3.5594

Dachi, S. W., Rezeki, S., Kunci, K., Model, :, Novick, P., & Kritis, K. B. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Novick terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA Harapan Mekar Medan. Journal on Education, 05(02), 4644–4653.

Hanafiah, H., Sauri, R. S., Rahayu, Y. N., & Arifudin, O. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4524–4529. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1049

Haniyah, Y. (2022). Perbandingan Model Pembelajaran POE dengan Novick terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ekonomi Siswa Kelas X MIPA. JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) e-ISSN 2745-5955, 3(6), 548–554. https://doi.org/https://doi.org/10.36312/10.36312/JSM

Hasanah, M., Sandy, P., Manan, M., & Nasucha, J. A. (2022). Analisis Strategi Perencanaan Mutu Satuan Pendidikan di Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 108–119.

Hastuti, H. W., Baedowi, S., & Mushafanah, Q. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Berbantu Media Panelpa (Papan Flanel IPA) Terhadap Hasil Belajar. International Journal of Elementary Education, 3(2), 108–115. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18513

Hidayah, D. F. N., Risdayatie, D., Febrianti, F. A., & Titalia, Y. S. (2023). Pengempelementasian Sarana Prasarana di Sekolah sebagai Penunjang Keefektifan dalam Pembelajaran bagi Dunia Pendidikan Modern. Jurnal Edukasi Nonformal, 2(2), 792–811.

Jamilatussholikhah, Noor Amirudin, & Ode Moh. Man Arfa Ladamay. (2022). Persepsi Guru Pendidikan Agama Islam Tentang Kebijakan Merdeka Belajar Di Madrasah Tsanawiyah Ykui Sekargadung Dukun Gresik. Jurnal Mahasiswa Pendidikan, 2(2), 165–171. https://doi.org/10.37286/jmp.v2i2.185

Mangunsong, H. F., Syahbana, A., & Nopriyanti, T. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Novick Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Math-UMB. EDU, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v7i1.464

Meisy Sella Maria, Nurmaningsih Nurmaningsih, & Rahman Haryadi. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Materi Penyajian Data. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 40–49. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i1.160

Ni’matuzzahroh, I. (2020). Model Pembelajaran Novick Dengan Media Origami terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 2(April), 7–10.

Nurul Utari. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE ARTIKULASI TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWAKELAS IV SD NEGERI BAREMBENG II KECAMATAN. UNIVERSITAS, 10540(9595), 15.

Ratnasari, D., Gunayasa, I. B. K., & Saputra, H. H. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SDN GUGUS 01 KECAMATAN BRANG REA TAHUN AJARAN 2020/2021. Renjana Pendidikan Dasar, 2(1), 39–45. http://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/172

Sari, S. P., & Sari, D. S. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 MERBAU KECAMATAN MERBAU KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI. Jurnal Online Mahasiswa Pendidikan Matematika (JOMPEMA), 1(1), 163–174.

Setiariny, E. (2023). Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 20(1), 23–33. https://doi.org/10.54124/jlmp.v20i1.81

Situmorang, A. S. (2020). MODEL PEMBELAJARAN PENCAPAIAN KONSEP DENGAN PENDEKATAN ILMIAH TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTATIF MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UHN. Sepren, 1(02), 1–7. https://doi.org/10.36655/sepren.v1i02.212

Supriadi, Ramli, M., & Latif, M. (2022). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Nazzama: Journal of Management Education, 2(1), 27–43. https://doi.org/10.24252/jme.v2i1.28776

Toenlioe, A. J. E. (2017). Pengem-bangan Kurikulum. In Cetakan Ke-1. Bandung: PT Refika Aditama (Vol 09, Number 01).

Umar, W., & Pamuti, P. (2022). Kemampuan Multipel Representasi Matematis Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik (Pmr) Pada Materi Pecahan. Edukasi, 20(1), 1. https://doi.org/10.33387/j.edu.v20i1.4436

Uzer, Y. V. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PADA SMP NEGERI 2 PALEMBANG. Jurnal Sitakara, 5(1), 48. https://doi.org/10.31851/sitakara.v5i1.3525

Published

2025-04-28

How to Cite

Situmorang, A. S., Siregar, G. N., JB. Hutauruk, A., & Simbolon, L. D. (2025). PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTATIF MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKAN FKIP UHN DENGAN MODEL NOVICK. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(3), 656–665. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1125

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.