UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MODEL VCT BERBASIS BERDIFERENSIASI

Authors

  • Rut Eflin Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia
  • Nurmairina Nurmairina Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia
  • Nurhafni Siregar Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia
  • Sri Hartati Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia
  • Hanan Alfaraha Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.461

Keywords:

Kemampuan Berpikir, Model VCT, Pembelajaran Berdiferensiasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V-A UPT SD Negeri 060910 Medan Denai melalui model VCT berbasis berdiferensiasi. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan siklus yang meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dengan subjek penelitian sebanyak 30 peserta didik. Pada setiap siklus, peserta didik dibagi kedalam dua bagian berdasarkan hasil asesmen diagnostik kognitif yaitu peserta didik dengan kemampuan belajar tinggi dan peserta didik yang mengalami kesulitan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, peserta didik dengan kemampuan belajar tinggi dan peserta didik yang mengalami kesulitan belajar masih ada yang belum memenuhi indikator dari proses kemampuan berpikir. Tetapi pada siklus kedua, untuk peserta didik dengan kemampuan belajar tinggi telah memenuhi semua indikator pada proses kemampuan berpikir. Untuk peserta didik yang mengalami kesulitan belajar, masih terdapat satu indikator yang belum terpenuhi yaitu mengelaborasi pemahaman lain dalam menyelesaikan masalah. Walau masih ditemukan kelemahan dalam penelitian ini, model VCT dapat digunakan dalam pembelajaran sebagai model pembelajaran yang meningkatkan kemampuan berpikir peserta didik

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rut Eflin, Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia

Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia

Nurmairina Nurmairina, Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia

Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia

Nurhafni Siregar, Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia

Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia

Sri Hartati, Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia

Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia

Hanan Alfaraha, Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia

Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia

References

Ade, P. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 14 BERMANI ILIR KABUPATEN KEPAHIANG. IAIN BENGKULU.

Amelia, S., & Sukma, E. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 04 Cupak Kabupaten Solok. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4159–4165.

Ayu Sri Wahyuni. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562

Dewi, I. (2021). Penerapan Metode Discovery Learning Melalui Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Pada Pokok Hukum Newton Siswa Kelas X MIA-1 SMA Negeri 3 Sibolga Tahun Ajaran 2021-2022. Jurnal ESTUPRO, 6(3), 53–63.

Dista, D. X., Hermita, N., & Triani, R. A. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(2), 994–999. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.964

Eko, S. (2018). Pembelajaran Tematik Teoritis & Praktis. Esensi. Jakarta: Erlangga.

Fithriyah, R., Wibowo, S., & Octavia, R. U. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1907–1914. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.894

Hakim, Z. R., Taufik, M., & Atharoh, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Vct (Value Clarification Technique) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Di Sekolah Dasar Negeri Cimanis 2 Sobang Pandeglang. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 1(01), 31–38. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v1i01.869

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/PIP.352.10

Kamalia, P. U. (2023). Analisis Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik: Systematic Literature Review. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 4(3), 178–192. https://doi.org/https://doi.org/10.46963/asatiza.v4i3.1231

Khofshoh, J., Zuhri, M. S., Purwati, H., & Wibawa, A. (2023). Efektivitas Model Dl Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Dan Model PBL Terhadap Hasil Belajar. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 6(2), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v6i2.5223

Kristin, F., & Rahayu, D. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 84–92.

Laia, I. S. A. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Lahusa.

Lestari, D. P., Joharmawan, R. J., & Purwati, Y. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan model pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa SMP Negeri 1 Ngasem kelas VII mata pelajaran IPA. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 3(1), 12–18.

Manuarti, N. K. S. A. (2021). Pengembangan Media Puzzle Materi Struktur dan Fungsi Bagian-Bagian Tumbuhan Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 129–134.

Mayassari, F., Nugroho, W., & Puspasari, Y. (2023a). Pengaruh Penerapan Value Clarification Technique (VCT)Berbantuan Modul Ajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2231–2238. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5914

Mayassari, F., Nugroho, W., & Puspasari, Y. (2023b). Pengaruh Penerapan Value Clarification Technique (VCT)Berbantuan Modul Ajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2231–2238. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5914

Naibaho, D. P. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Journal of Creative Student Research, 1(2), 81–91. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i2.1150

Nawati, A., Yulia, Y., & Khosiyono, B. H. C. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6167–6180. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8880

Nugraha, W. S. (2018). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep IPA siswa SD dengan menggunakan model problem based learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 115–127.

Pane, R. N. P. S., Lumbantoruan, S., & Simanjuntak, S. D. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. BULLET: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(03), 173–180.

Patandung, Y. (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan motivasi belajar IPA Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(1), 9–17.

Reinita, R. (2020). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pkn di Kelas V SDN 02 Aur Kuning Bukittinggi. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 13–24.

SIMANULLANG, E. K. A. N. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Medan Oleh.

SITORUS, P., SURBAKTI, M., & GULO, P. R. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Pesertaa Didik. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, 12(3), 127. https://doi.org/10.19184/jpf.v12i3.43024

Published

2024-10-23

How to Cite

Eflin, R. ., Nurmairina, N., Siregar, N. ., Hartati, S. ., & Alfaraha, H. (2024). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MODEL VCT BERBASIS BERDIFERENSIASI. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 3(2), 324–330. https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.461

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.