PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ABAD 21 (CLM) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN HIGER ORDER THINKING SKILL (HOTS) MAHASISWA

Authors

  • Iqbal Iqbal Universitas Jabal Ghafur, Indonesia
  • Nina Suryana Fakultas Keguruan dan Ilmu Penididkan, Universitas Jabal Ghafur, Indonesia
  • Muhammad Iqbal Fakultas Keguruan dan Ilmu Penididkan, Universitas Jabal Ghafur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1276

Keywords:

Model Pembelajaran Abad 21, Motivasi Belajar, Higer Order Thinking Skill (HOTS)

Abstract

 Kemampuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh model pembelajaran abad 21 (CLM) terhadap kemampuan siswa dalam mempelajari Higer Order Thinking Skills (HOTS); (2) Pengaruh motivasi belajar terhadap Higer Order Thinking Skills (HOTS) siswa; (3) Interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan Higer Order Thinking Skills (HOTS) siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PPKn Semester III. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi penelitian. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Total Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh Model Pembelajaran Abad 21 (CLM) terhadap Higer Order Thinking Skill (HOTS) siswa, hal ini dilihat dari rasio kelas eksperimen (CLM) sebesar 87,42, sedangkan kelas kontrol (DLM) sebesar 72,35; (2) Terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan siswa pada Higer Order Thinking Skill (HOTS); hal ini ditunjukkan dari rasio motivasi tinggi sebesar 86,26, sedangkan motivasi rendah sebesar 65,89; (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa, hal ini dilihat dari nilai sig. 0,025 < 0,05, dimana hasil belajar siswa optimal diajarkan dengan model pembelajaran abad 21 untuk motivasi tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Iqbal Iqbal, Universitas Jabal Ghafur, Indonesia

Universitas Jabal Ghafur, Indonesia

Nina Suryana, Fakultas Keguruan dan Ilmu Penididkan, Universitas Jabal Ghafur, Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Penididkan, Universitas Jabal Ghafur, Indonesia

Muhammad Iqbal, Fakultas Keguruan dan Ilmu Penididkan, Universitas Jabal Ghafur, Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Penididkan, Universitas Jabal Ghafur, Indonesia

Abstract viewed = 71 times

References

Arifianto, Y. A. (2021). Peran Kepemimpinan Misi Paulus Dan Implikasinya Bagi Pemimpin Misi Masa Kini. Jurnal Teologi Amreta (Issn: 2599-3100), 4(1). Https://Doi.Org/10.54345/Jta.V4i1.41

Aswat, H., Onde, M. L. O., Madiani, L. O., & Irsan, I. (2020). Training On Skills In Designing Pelatihan Keterampilan Desain Media Pembelajaran Tiga Dimensi Jenis Diorama Berbasis Tematik Integratif Di Sekolah Dasar. Jurnal Abdidas, 1(5), 450–457. Https://Doi.Org/10.31004/Abdidas.V1i5.87

Batubara, S., & Nugroho, R. R. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas Ix Mtsn 28 Jakarta Pada Masa Pandemi. Guidance: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 18(01), 8–16. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.34005/Guidance.V18i01.1472

Dinni, H. N. (2018). Hots (High Order Thinking Skills) Dan Kaitannya Dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 170–176.

Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru. Jkkp (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19. Https://Doi.Org/10.21009/Jkkp.051.02

Fitriani, F., & Riniasih, W. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Pada Lansia Tentang Vaksin Covid-19 Terhadap Motivasi Lansia Mengikuti Vaksinasi Covid-19 Di Dusun Ngablak Desa Ngraji Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. The Shine Cahaya Dunia D-Iii Keperawatan, 6(2).

Hadiprayitno, G., Muhlis, M., & Artayasa, I. P. (2020). Pendampingan Guru Biologi Dalam Penyusunan Instrumen Penilaian Berorientasi Hots Di Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan Ipa, 3(2). Https://Doi.Org/10.29303/Jpmpi.V3i2.512

Ichsan, I. Z., Sigit, D. V., Miarsyah, M., Ali, A., & Suwandi, T. (2020). Implementation Supplementary Book Of Green Consumerism: Improving Students Hots In Environmental Learning. European Journal Of Educational Research, 9(1), 227–237. Http://Www.Eu-Jer.Com

Idrus Alawi, A. H. (2019). Kinerja Guru Dan Hubungannya Dengan Kualitas Hasil Belajar Siswa Madrasah Aliyah. Alim | Journal Of Islamic Education, 1(1), 177–202. Https://Doi.Org/10.51275/Alim.V1i1.124

Inah, E. N., & Khairunnisa, A. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Bahasa Arab Mahasiswa Bidikmisi. Al-Ta’dib, 12(1), 36. Https://Doi.Org/10.31332/Atdb.V12i1.1220

Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa.

Maisurah, M. (2023). Pengembangan Kuis Interaktif Multiple Choice Berbasis Hots Sebagai Instrumen Penilaian Berbantuan Quizizz Pada Materi Sel Elektrokimia. Universitas Jambi.

Musa Azhari, B., Alifia Puteri, H., Azizah, I., Kamila, N., Azifatun Nazwa, H., & Andriatna, R. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Dan Numerasi Anak Usia Sekolah Dasar Di Desa Jeron Melalui Lembar Kerja Komik Berbasis Steam Dan Mikir. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 250. Https://Doi.Org/10.35914/Tomaega.V5i2.1058

Nawaki, K., & Santyo Rusandy, D. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kompetensi Profesi Guruuntuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Smk Al-Huda Grogol Kediri. Otonomi, 22(1), 200. Https://Doi.Org/10.32503/Otonomi.V22i1.2440

Nuraeni, I., Yunidar, Y., Asrianti, A., & Pujiningtyas, A. (2021). Pendampingan Penyusunan Soal Berbasis Hots (Higher Order Thinking Skill) Sebagai Upaya Mewujudkan Literasi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 9(1), 44–50.

Saputra, E., & Jalinus, N. (2020). Analisis Perspektif Pelaksanaan Magang Dan Peluang Kerja Dalam Menilai Kesiapan Kerja Siswa. Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 20(3), 107–114. Https://Doi.Org/10.24036/Invotek.V20i3.748

Setiawan, W. E., Harinie, L. T., Uhing, S., & Rahmat, A. (2021). Pkm Pendampingan Pelatihan Pengolahan Wadi Pindang Pada Ibu-Ibu Rumah Tangga Di Jalan Hiu Putih Kota Palangka Raya. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(1), 123. Https://Doi.Org/10.37905/Aksara.7.1.123-136.2021

Suhaimi, S., Wahdini, E., & Amberansyah, A. (2022). Pelatihan Pengembangan Pembelajaran Berorientasi Higher Order Thinking Skills (Hots) Bagi Guru Sdn Banjarmasin Utara. Refleksi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Sulaksana, I. M., Wibawa, I. M., & Arini, N. (2021). Perbandingan Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Picture And Picture Dan Nht Dalam Pembelajaran Ips Tingkat Sd. Mimbar Pgsd Undiksha, 9(1), 64. Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V9i1.31021

Susanti, W. (2019). Penerapan Manajemen Kurikulum Pada Kelas Unggulan. Jppi (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner), 3(1), 42–62. Https://Doi.Org/10.36915/Jpi.V3i1.49

Tasya, N., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomedika, 660–662.

Ujang Suparman. (2021). Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Peserta Didik.

Published

2024-05-22

How to Cite

Iqbal, I., Suryana, N. ., & Iqbal, M. . (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ABAD 21 (CLM) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN HIGER ORDER THINKING SKILL (HOTS) MAHASISWA. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 180–189. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1276

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.