PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERDEFERENSIASI DENGAN INTEGRASI ANIMASI 3D, ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI), DAN GOOGLE SLIDES UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

Authors

  • Zaiturrahmi Zaiturrahmi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jabal Ghafur, Indonesia
  • Iqbal Iqbal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jabal Ghafur, Indonesia
  • Huzaima Al-Qaida Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jabal Ghafur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1466

Keywords:

Pembelajaran Berdeferensiasi, Animasi 3D, Artificial Intelligence (AI), Google Slides, Minat dan Hasil Belajar, Pendidikan Bahasa Inggris, SDN Jurong Mesjid

Abstract

Peran teknologi dalam mendukung PB sangat penting, dan integrasi animasi 3D, Google Slides, dan AI menjanjikan potensi besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan metode pembelajaran yang berfokus pada diferensiasi dengan menggunakan teknologi modern seperti animasi 3D, AI, dan Google Slides untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Inggris di SDN Jurong Mesjid. Penelitian ini juga bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik, interaktif, dan efektif bagi siswa serta mengukur dampaknya terhadap minat dan hasil belajar. Penelitian ini mengisi research gap dengan menggabungkan ketiga teknologi tersebut dalam pembelajaran berdiferensiasi Bahasa Inggris di tingkat SMA, yang belum pernah diteliti sebelumnya. Metode yang digunakan adalah pendekatan campuran yang mengintegrasikan Quasi experimental design, di mana kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dibandingkan sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan integrasi animasi 3D, AI, dan Google Slides. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi teknologi dalam pembelajaran berdiferensiasi secara signifikan meningkatkan minat belajar siswa terhadap Bahasa Inggris dengan rata-rata peningkatan sebesar 33.33%. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan teknologi animasi 3D, AI, dan Google Slides juga meningkatkan hasil belajar siswa dengan peningkatan nilai rata-rata sebesar 15% di kelompok eksperimen dibandingkan dengan hanya 5% di kelompok kontrol.Selain itu, siswa menunjukkan respons positif dan merasa lebih tertarik serta termotivasi untuk belajar Bahasa Inggris dengan penggunaan teknologi ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Zaiturrahmi Zaiturrahmi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jabal Ghafur, Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jabal Ghafur, Indonesia

Iqbal Iqbal, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jabal Ghafur, Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jabal Ghafur, Indonesia

Huzaima Al-Qaida, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jabal Ghafur, Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jabal Ghafur, Indonesia

Abstract viewed = 90 times

References

Aisah, D. N., Munandar, K., Wadiono, G., & Jannah, S. R. (2023). Mewujudkan Merdeka Belajar Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(3), 9. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i3.85

Akbar Setiawan, F., Santi Wahyuni, F., & Primaswara Prasetya, R. (2023). Perancangan Game Simulasi 3D Bahasa Inggris Metode Finite State Machine Berbasis Desktop. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(4), 2341–2348. https://doi.org/10.36040/jati.v7i4.7506

Anggoro, K. J., & Pratiwi, D. I. (2023). Fostering Self-Assessment in English Learning with a Generative AI Platform: A Case of Quizizz AI. SiSal Journal, 14(4), 489–501. https://doi.org/10.37237/140406

Aulia, S., Rachmadhani, D., & Kamalia, P. U. (2023). Analisis Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik: Systematic Literature Review. Asatiza : Jurnal Pendidikan, 4(3), 178–192.

Basra, H. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Quizizz. Jurnal Sipatokkong Bpsdm Sulsel, 3(4), 193–208. https://doi.org/10.58643/sipatokkong.v3i4.177

Fitriani, N., Liani, J., & Ratkovic, N. (2023). Learning English With Technology (a Study in Cross Culture Understanding Course). 4(2), 550–556.

Ho, L. H., Sun, H., & Tsai, T. H. (2019). Research on 3D painting in virtual reality to improve students’ motivation of 3D animation learning. Sustainability (Switzerland), 11(6), 1–17. https://doi.org/10.3390/su11061605

Jia, F., Sun, D., Ma, Q., & Looi, C. K. (2022). Developing an AI-Based Learning System for L2 Learners’ Authentic and Ubiquitous Learning in English Language. Sustainability (Switzerland), 14(23). https://doi.org/10.3390/su142315527

Kim, N. Y. (2022). English with AI: A new era of TOEIC learning for students majoring in airline services*. Linguistic Research, 39(SpecialIssue), 97–122. https://doi.org/10.17250/khisli.39..202209.004

Kurniawan, M. A. S., Arap, N. A., Irawan, A., & Azizah, N. (2023). Digitalisasi Pendidikan Berbasis Teknologi Abad 21 ( AI , AR , VR , Iot , Blockchain , Drones , Gamification , Machine Learning , Robotics , 3D Printing ). 3(3), 230–241.

Lubis, A. S. (2022). Penerapan Aplikasi Google Classroom, Jamboard, Google Slide, Google Form Dan Quizizz Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Impresi Indonesia, 1(12), 1237–1251. https://doi.org/10.58344/jii.v1i12.739

Mahyudi, A. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknologi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(2), 122–127. https://doi.org/10.55681/armada.v1i2.393

Martias, L. D. (2021). Statistika Deskriptif Sebagai Kumpulan Informasi. Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 16(1), 40. https://doi.org/10.14421/fhrs.2021.161.40-59

Muhammad Iqbal, Basri, Z. (2024). Pendampingan dan Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) Sekolah Penggerak Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). 5(1), 1200–1207.

Mustakim Sagita, Zaiturrahmi, H. (2021). Bahasa dan teknologi dalam implementasi pendidikan. Pustaka Aksara.

Najmah, Namrah, Adelliani, Citra Afni Sucirahayu, A. R. Z. (2023). Analisis Tematik pada Penelitian Kualitatif. In Salemba Medika.

Pitaloka, H., & Arsanti, M. (2022). Pembelajaran Diferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Pendidikan Sultan …, November, 2020–2023.

Prahani, B. K., Rizki, I. A., Nisa, K., Citra, N. F., Alhusni, H. Z., & Wibowo, F. C. (2022). Implementation of Online Problem-Based Learning Assisted By Digital Book With 3D Animations To Improve Student’S Physics Problem-Solving Skills in Magnetic Field Subject. Journal of Technology and Science Education, 12(2), 379–396. https://doi.org/10.3926/jotse.1590

Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 2(1).

Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol 53, Number 9).

Sari, D. P., & Sari, D. P. (2024). Use of Artificial Intelligence for Children ’ s Story Writers Pemanfaatan Kecerdasan Buatan Bagi Penulis Cerita Anak. 3(1), 37–48.

Satayev, M., Balta, N., Shaymerdenovna, I. R., Fernández-Cézar, R., & Alcaraz-Mármol, G. (2022). Content and Language Integrated Learning Implementation Through Team Teaching in Biology Lessons: A Quasi-Experimental Design With University Students. Frontiers in Education, 7(March), 1–11. https://doi.org/10.3389/feduc.2022.867447

Soelistiono, S., & Wahidin. (2023). Educational Technology Innovation: AI-Integrated Learning System Design in AILS-Based Education. Influence: International Journal of Science Review, 5(2), 470–480. https://doi.org/10.54783/influencejournal.v5i2.175

Stefania Palieraki, K. K. (2021). Differentiated Instruction in Information and Communications Technology Teaching and Effective Learning in Primary Education. European Journal of Educational Research, 11(1), 69–81.

Syahira, S., Kartini, K., Sulistyahadi, S., & Prafiadi, S. (2023). Persepsi Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Tentang Penggunaan Ai Dalam Pengajaran Bahasa Inggris. Jurnal Perspektif Pendidikan, 17(2), 263–269. https://doi.org/10.31540/jpp.v17i2.2630

Syahputra, A. K., Afandi, A. M., Sari, P. W., Intan, S. N., Tinggi, S., Informatika, M., Tinggi, S., & Informatika, M. (2024). Workshop : Menguasai Penggunaan Google Slides untuk Pembuatan Materi Pembelajaran bagi Guru SD Islam Imam Syafi ’ i Kisaran. 2, 11–16.

Trisna, P., Permana, H., Luh, N., Ning, P., Astawa, S. P., & Kunci, K. (2020). Artificial Intelligence dalam Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(3), 687–692.

Wróblewski, B., & Petrenko, O. (2022). Descriptive and inferential statistical analysis of expectations and needs of engineering students and graduates: A case study at the University of West Bohemia. Language Learning in Higher Education, 12(2), 477–494. https://doi.org/10.1515/cercles-2022-2057

Zaiturrahmi, R. S. A. M. S. (2023). Effects of augmented reality on perceived motivation for struggling readers: Mix-method analysis Rengganis. Journal of English Language Teaching Innovations and Materials, 5(2), 144–159.

Published

2024-09-12

How to Cite

Zaiturrahmi, Z., Iqbal, I., & Al-Qaida, H. . (2024). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERDEFERENSIASI DENGAN INTEGRASI ANIMASI 3D, ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI), DAN GOOGLE SLIDES UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 830–840. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1466

Most read articles by the same author(s)