IMPLEMENTASI MODEL SUPERVISI KEPALA SEKOLAH BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SEKOLAH SMA NEGERI 1 COT GIREK KABUPATEN ACEH UTARA

Authors

  • Bambang Misrianto Program Studi Megister Administrasi Pendidikan (AP) Program Pasca Sarjana Universitas Al Muslim Bireun
  • Muhammad Iqbal Program Studi Megister Pendidikan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Program Pasca Sarjana Universitas Al Muslim Bireun
  • Rambang Muharramsyah Program Studi Megister Pendidikan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Program Pasca Sarjana Universitas Al Muslim Bireun

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1509

Keywords:

Principal Supervision, Local Wisdom, Teacher Performance.

Abstract

dsdsdad

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract viewed = 93 times

References

Andriono. (2015). Menjadi Sekolah Terbaik. Ras. In CV Rey Media Grafika.

Diani Ayu Pratiwi, M. P., Lawe, Y. U., Munir, M., Wahab, A., Prananda, G., Safiah, I., ... & Or, S. (2021). Perencanaan pembelajaran SD/MI. In Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Efendi, N., & Sholeh, M. I. (2023). Educational Management in Enhancing the Quality of Learning. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), 68–85.

Fadhli, M. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 1(02).

Fitrah. (2017). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Abdi Ilmu, 5(2), 31–42.

Isbianti, P., & Andriani, D. E. (2021). Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri di Klaten Jawa Tengah Pandit. Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 75–85.

Kalalo, R. R., & Merentek, T. C. (2023). Rhapsodi Jurnal Studi Multidisiplin Peranan Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Rhapsodi Jurnal Studi Multidisiplin, 1(2), 64–74.

Maryance. (2022). Teori dan Aplikasi Supervisi Pendidikan. In Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Moleong. (2010). Metedologi Penelitian Kualitatif. In Bandung:PT Remaja Rosdakarya Offset.

Muslimin, I. (2022). MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DENGAN MODEL , PENDEKATAN , DAN TEKNIK SUPERVISI PENDIDIKAN DI ERA. E-Journal.Unmuhkupang, 2(1), 33–49.

Nurcholis, M. (2023). MANAJEMEN SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI. TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(02), 102–113.

Prananda, G., & Hadiyanto, H. (2019). THE EFFECT OF COOPERATIVE LEARNING MODELS OF. International Journal of Educational Dynamics, 1(2), 47–53.

Prananda, G., Judijanto, L., Purwoko, B., Citrawati, N., & Efendi, N. (2023). The Application of Demonstrated Learning Methods to Increase Primary School Students’ Science Learning Results. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(12), 12175–12181.

Rofiki, M. (2019). URGENSI SUPERVISI AKADEMIK DALAM PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DI ERA INDUSTRI 4.0. Indonesian Journal of Basic Education, 2(1), 502–514.

Selamet, M. (2017). PENGARUH KOMPETENSI SUPERVISI MANAJERIAL DAN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU. Jurnal Academia Praja, 3(7), 73–86.

Sholeha, D., Lubis, N. M., Rifa, A., Ayundari, N. F., Sumayyah, L., & Nasution, I. (2023). PERAN SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(2).

Susanti, S., Simanjuntak, K. A., Sembiring, N. F., Sihombing, R. R., Bilqis, D., Br, A., & Medan, N. (2024). ANALISIS SUPERVISI SEKOLAH PADA YAYASAN PERGURUAN SMP SWASTA TRI KARYA. JURNAL KUALITAS PENDIDIKAN, 2(2), 84–91.

Turmidzi. (2021). Implementasi supervisi pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan di madrasah. Binamadani.e-Journal, 4(1), 33–49.

Published

2024-11-06

How to Cite

Misrianto, B., Iqbal, M. ., & Muharramsyah, R. . (2024). IMPLEMENTASI MODEL SUPERVISI KEPALA SEKOLAH BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SEKOLAH SMA NEGERI 1 COT GIREK KABUPATEN ACEH UTARA. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 987–997. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1509