IMPLEMENTASI MODEL SUPERVISI KEPALA SEKOLAH BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SEKOLAH SMA NEGERI 1 COT GIREK KABUPATEN ACEH UTARA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1509Keywords:
Principal Supervision, Local Wisdom, Teacher Performance.Abstract
dsdsdad
Downloads
References
Andriono. (2015). Menjadi Sekolah Terbaik. Ras. In CV Rey Media Grafika.
Diani Ayu Pratiwi, M. P., Lawe, Y. U., Munir, M., Wahab, A., Prananda, G., Safiah, I., ... & Or, S. (2021). Perencanaan pembelajaran SD/MI. In Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Efendi, N., & Sholeh, M. I. (2023). Educational Management in Enhancing the Quality of Learning. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), 68–85.
Fadhli, M. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 1(02).
Fitrah. (2017). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Abdi Ilmu, 5(2), 31–42.
Isbianti, P., & Andriani, D. E. (2021). Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri di Klaten Jawa Tengah Pandit. Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 75–85.
Kalalo, R. R., & Merentek, T. C. (2023). Rhapsodi Jurnal Studi Multidisiplin Peranan Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Rhapsodi Jurnal Studi Multidisiplin, 1(2), 64–74.
Maryance. (2022). Teori dan Aplikasi Supervisi Pendidikan. In Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Moleong. (2010). Metedologi Penelitian Kualitatif. In Bandung:PT Remaja Rosdakarya Offset.
Muslimin, I. (2022). MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DENGAN MODEL , PENDEKATAN , DAN TEKNIK SUPERVISI PENDIDIKAN DI ERA. E-Journal.Unmuhkupang, 2(1), 33–49.
Nurcholis, M. (2023). MANAJEMEN SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI. TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(02), 102–113.
Prananda, G., & Hadiyanto, H. (2019). THE EFFECT OF COOPERATIVE LEARNING MODELS OF. International Journal of Educational Dynamics, 1(2), 47–53.
Prananda, G., Judijanto, L., Purwoko, B., Citrawati, N., & Efendi, N. (2023). The Application of Demonstrated Learning Methods to Increase Primary School Students’ Science Learning Results. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(12), 12175–12181.
Rofiki, M. (2019). URGENSI SUPERVISI AKADEMIK DALAM PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DI ERA INDUSTRI 4.0. Indonesian Journal of Basic Education, 2(1), 502–514.
Selamet, M. (2017). PENGARUH KOMPETENSI SUPERVISI MANAJERIAL DAN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU. Jurnal Academia Praja, 3(7), 73–86.
Sholeha, D., Lubis, N. M., Rifa, A., Ayundari, N. F., Sumayyah, L., & Nasution, I. (2023). PERAN SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(2).
Susanti, S., Simanjuntak, K. A., Sembiring, N. F., Sihombing, R. R., Bilqis, D., Br, A., & Medan, N. (2024). ANALISIS SUPERVISI SEKOLAH PADA YAYASAN PERGURUAN SMP SWASTA TRI KARYA. JURNAL KUALITAS PENDIDIKAN, 2(2), 84–91.
Turmidzi. (2021). Implementasi supervisi pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan di madrasah. Binamadani.e-Journal, 4(1), 33–49.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten