EVALUASI IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KINERJA GURU SMPN 1 KABUPATEN BIMA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1285Kata Kunci:
Supervisi, Akademik, Kinerja GuruAbstrak
Tujuan penelitian untuk mengetahui kinerja guru terhadap supervisi akademik oleh pengawas, kepala sekolah, guru senior atau pembinaan. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Sape-Bima Tahun 2023. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan beberapa tahap yaitu: evaluasi, perencanaan, pengamatan, wawancara, observasi, dan studi dokumen. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui dan mengidentifikasi supervisi akademik kinerja guru yang dilakukan oleh pengawas, kepala sekolah, dan guru senior yang terlibat dalam supervisi akademik dalam meningkatkan kinerja guru. strategi yang baik untuk menghubungkan antara teori dan praktik. Penelitian ini berusaha untuk menganalisis dan mendeskripsikan Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru untuk membuat Perangkat Pembelajaran. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah guru SMPN 1 Sape-Bima yang sudah menggunakan kurikulum merdeka. Hasil penelitian bahwa supervisi dilakukan 2 kali setahun setiap awal semester ganjil dan genap, dan supervisi dilakukan berdasarkan mata pelajaran. Namun sebelum dilaksananya supervisi semua guru diinformasikan oleh kepala sekolah 2 minggu sebelum pelaksanaan dimulai. faktor penghambat supervisi seperti pada saat pelaksanaan supervisi guru tidak berada di sekolah karena tidak memiliki jam mengajar pada saat hari pelaksanaan supervisi, waktu yang terbatas karena jumlah guru yang banyak.
Unduhan
Referensi
Abrory, M., & Kartowagiran, B. (2014). Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Matematika Smp Negeri Kelas Vii Di Kabupaten Sleman. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 2(1), 50–59.
Aisyahrani, A., Putri, E. J., Aulia, I. N., Pamungkas, F. H., Khairi, M. A., Jannah, Z., & Nasution, I. (2023). Efektivitas Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Guna Meningkatkan Kompetensi Guru. Sublim: Jurnal Pendidikan, 1(1), 27–37. https://doi.org/10.33487/sublim.v1i1.5616
Anridzo, A. K., Arifin, I., & Wiyono, D. F. (2022). Implementasi Supervisi Klinis dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8812–8818. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3990
Arnita, H., Hendriani, S., & Afriyani, D. (2023). Pengaruh Supervisi Akademik dan Motivasi Kerja Guru terhadap Keterampilan Guru dalam Mengelola Kelas. Edukatif: Jurnal Ilmu …, 5(5), 1789–1806. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/5577
Erfy Melany Lalupanda. (2019). Implementasi Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Mutu Guru. http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp
Kulsum, U. (2023). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Prmbelajaran Di Smp Muhammadiyah Gedong Tataan. 02(04), 364–374. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal
Musyadad, V. F., Hanafiah, H., Tanjung, R., & Arifudin, O. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936–1941. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.653
Musyarapah, M., & Wulan, D. A. (2023). Pelaksanaan Supervisi Oleh Pengawas Di Tk Yaa Bunayya Hidayatullah Kumai. Fikruna, 5(1), 64–75. https://doi.org/10.56489/fik.v5i1.93
Pujianto, P., Arafat, Y., & Setiawan, A. A. (2020). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Air Salek. Journal of Education Research, 1(2), 106–113. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.8
Safitri, A., Ulandari, S., & Ar-raniry, U. I. N. (2023). Penerapan Supervisi Akademik. 2(1), 1–12.
Sahrul, Suaeb, Anhar & Samsudin.(2023). Evaluasi Implementasi Kedisiplinan Dan Tatatertib Siswa MI Nurul Khalifah Bima Sape: http://jurnal.unw.ac.id/index.php/janacitta
Saputra, F. R., Khana, M. A., Ma’mun, H. H., & Nurcholis, M. (2023). Manajemen Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Madrasah Tsanawiyah Negeri. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(2), 102–113. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v11i2.3740
Shabir. (2015). Kedudukan guru sebagai pendidik: (tugas dan tanggung jawab, hak dan kewajiban, dan kompetensi guru). Auladuna, 2(2), 221–232
Supardi, Ummi Kalsum, T. (2023). Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SMP AL Falah Belitang. Unisan Jurnal : JUrnal Manajemen Dan Pendidikan, 02(05), 971–981.
Syawal, J., & Kartowagiran, B. (2013). Evaluasi kinerja pengawas sekolah dalam melakukan supervisi penyelenggaraan pendidikan SD di kota tidore kepulauan. Evaluasi Pendidikan, 1(2), 208–222.
Tengah, M. A. N. L., & Barat, N. T. (2023). Evaluasi Implementasi Kedisiplinan Dan Tatatertib Siswa MI Nurul Khalifah Bima Sape Info Artikel Abstrak Pembelajaran dikala ini ialah sesuatu proses yang diwujudkan untuk membagikan dorongan guna meningkatkan kemampuan orang dimana seorang hendak dihadap. 6(024).
Tohar, M. (2022). Supervisi Manajerial dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Pendidikan di SMA Negeri 1 Jonggat. Jurnal Paedagogy, 9(1), 179. https://doi.org/10.33394/jp.v9i1.4557
Warmansyah, J. (2020). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Taman Kanak-kanak Dimasa Pandemi Covid 19 : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 4(2), 175–188.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten