MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI DI KELAS V SD NEGERI 066054 MEDAN

Authors

  • Ayu Lidya Sinaga Program Profesi Guru Calon Guru Gelombang 2 Semester 2 Tahun 2024 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Arief Aulia Rahman PGSD FKIP UniversitasMuhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Anggi Tri Dhani Hasibuan SD Negeri 066054 Medan Denai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1176

Keywords:

Hasil Belajar, Ipas, Media Pembelajaran, Video Animasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipas Menggunakan Media Pembelajaran Video Animasi Di Kelas V Sd Negeri 066054 Medan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 066054 Medan Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 066054 Jl. Kasuari II, Perumnas Mandala, Kec. Medan Denai. Model ini meliputi empat tahap yang dilakukan secara berulang dalam setiap siklus, yaitu: (1) Perencanaan (planning), (2) Pelaksanaan (acting), (3) Observasi (observing), dan (4) Refleksi (reflecting). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan di kelas V SD Negeri 066054 Medan dalam dua siklus, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran video animasi terbukti dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa secara signifikan. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan baik dari aspek kuantitatif (hasil tes) maupun kualitatif (aktivitas dan motivasi belajar siswa). Media video animasi mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Selama proses pembelajaran, siswa menunjukkan peningkatan perhatian, keaktifan, dan keterlibatan dalam kegiatan belajar. Siswa terlihat antusias saat menonton video animasi, aktif dalam diskusi kelompok, dan mampu mengemukakan pendapat. Suasana kelas menjadi lebih hidup dan interaktif. Hal ini sangat kontras dibandingkan dengan suasana pada prasiklus yang cenderung pasif, monoton, dan minim partisipasi. Dengan melihat hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran video animasi dalam pembelajaran IPAS secara nyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 066054 Medan. Oleh karena itu, strategi ini sangat direkomendasikan untuk diterapkan secara lebih luas di pembelajaran lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ayu Lidya Sinaga, Program Profesi Guru Calon Guru Gelombang 2 Semester 2 Tahun 2024 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan, Indonesia

Program Profesi Guru Calon Guru Gelombang 2 Semester 2 Tahun 2024 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan, Indonesia

Arief Aulia Rahman, PGSD FKIP UniversitasMuhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia

PGSD FKIP UniversitasMuhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia

Anggi Tri Dhani Hasibuan, SD Negeri 066054 Medan Denai, Indonesia

SD Negeri 066054 Medan Denai, Indonesia

References

Aisah, S., Ismail, S., & Margawati, A. (2021). Edukasi Kesehatan Dengan Media Video Animasi: Scoping Review. Jurnal Perawat Indonesia, 5(1), 641–655. Https://Doi.Org/10.32584/Jpi.V5i1.926

Annisa, L. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Tema 7 Subtema 3 Untuk Siswa Kelas Iv Sdn 104 Pekanbaru. Universitas Islam Riau. Http://Repository.Uir.Ac.Id/Id/Eprint/16400

Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pensil, 9(1), 9–18. Https://Doi.Org/10.21009/Jpensil.V9i1.12905

Chairiyah, C. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Benime Tema Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas Iii Sdn 101893 Bangun Rejo. Jurnal Handayani, 12(2), 125. Https://Doi.Org/10.24114/Jh.V12i2.34196

Devega, S. V., Chan, F., & Rosmalinda, D. (2023). Pengembangan Video Edukasi Kartun Animasi Berbasis Budaya Lokal Berbantuan Aplikasi Inshot Di Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 5251–5263. Https://J-Innovative.Org/Index.Php/Innovative/Article/View/4107

Eka, H. F., Oktaviana, D., & Haryadi, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Menggunakan Software Powtoon Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Jagomipa: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ipa, 2(1), 1–13. Https://Doi.Org/10.53299/Jagomipa.V2i1.136

Faishol, R., & Sukardi, S. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Berbasis Aplikasi Benime. Incare, International Journal Of Educational Resources, 4(4), 339–352.

Fauziah, M. P., & Ninawati, M. (2022). Pengembangan Media Audio Visual (Video) Animasi Berbasis Doratoon Materi Hak Dan Kewajiban Penggunaan Sumber Energi Mata Pelajaran Ppkn Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6505–6513. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3257

Friska, S. Y., Amanda, M. T., Novitasari, A., & Prananda, G. (2021). Pengaruh Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Muatan Pembelajaran Ipa Kelas Iv Di Sd Negeri 08 Sungai Rumbai. Pendipa Journal Of Science Education, 6(1), 250–255. Https://Doi.Org/10.33369/Pendipa.6.1.250-255

Hadiah Tullah, N., Widiada, I. K., & Tahir, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Animasi Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sdn 3 Rumak Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 821–826. Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V7i2c.587

Halmuniati, H., Riswandi, D., Zainuddin, Z., & Isa, L. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jipi (Jurnal Ipa & Pembelajaran Ipa), 6(4), 332–340. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24815/Jipi.V6i4.27199

Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394.

Haq, H., Purwantono, P., Irzal, I., & Rahim, B. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Power Point Dengan Video Dan Animasi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Fabrikasi. Jurnal Vokasi Mekanika (Vomek), 4(1), 89–93. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24036/Vomek.V4i1.310

Hariati, P. N. S., Rohanita, L., & Safitri, I. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Respon Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Operasi Bilangan Bulat. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 6(1), 18–22.

Harsela, J. (2023). Pengembangan Video Animasi Untuk Meningkatkan. 16(1), 16–25.

Istianah, F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Pelajaran Ipa Dalam Materi Siklus Hidup Hewan Kelas Iv Sd.

Istiqomah, A., Sugiharti, R. E., & Rikmasari, R. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Ict Berbasis Video Animasi Melalui Aplikasi Canva. An-Nizam, 2(2), 49–59. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33558/An-Nizam.V2i2.6140

Khairani, M., Sutisna, S., & Suyanto, S. (2019). Studi Meta-Analisis Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Biolokus, 2(1), 158. Https://Doi.Org/10.30821/Biolokus.V2i1.442

Kusumahwardani, D., Pramadi, A., & Maspupah, M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Video Animasi Audiovisual Berbasis Animaker Pada Materi Sistem Gerak Manusia. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(1), 110–115. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V8i1.1665

Lenggogeni, L., & Ruqoyyah, S. (2021). Penggunaan Media Video Animasi Berbantuan Scratch Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Daur Hidup Hewan Kelas Iv. Collase (Creative Of Learning Students Elementary Education), 4(2), 249–256. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.22460/Collase.V4i2.5687

Lestari, A. S., Azmy, B., & Susiloningsih, W. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Paragraf Argumentasi Pada Siswa Kelas Iv Sd. Seroja: Jurnal Pendidikan, 2(5), 114–123. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.572349/Seroja.V2i5.1156

Palimbong, Y. W. (2021). Penerapan Media Video Animasi Dalam Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Bahasa Jerman Siswa Kelas Xii Sman 11 Makassar. Universitas Negeri Makassar. Http://Eprints.Unm.Ac.Id/Id/Eprint/19283

Palimbong, Y. W., Saud, S., & Saleh, N. (2021). Penerapan Media Video Animasi Dalam Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Bahasa Jerman. Phonologie Journal Of Language And Literature, 2(1). Http://Eprints.Unm.Ac.Id/Id/Eprint/25625

Rachmawati, A., & Erwin, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7637–7643. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3613

Rahmayanti, L., & Istianah, F. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn Se-Gugus Sukodono Sidoarjo. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(4).

Rochmania, D. D., & Restian, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Belajar Video Animasi Terhadap Proses Berfikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Vol, 6(3).

Sri Hariati, P. N., Rohanita, L., & Safitri, I. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Respon Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Operasi Bilangan Bulat. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 6(1), 18–22. Https://Doi.Org/10.36987/Jpms.V6i1.1657

Sunami, M. A., & Aslam, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1940–1945. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i4.1129

Susanti, S., Raharjo, T. J., & Ngabiyanto, N. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Terhadap Pembelajaran Ips Materi Keberagaman Budaya Bangsa Berbantuan Quizizz. Jikap Pgsd: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(3), 502–508. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.26858/Jkp.V5i3.22929

Syaifudin, F. N. (2019). Pengaruh Penggunaan Video Animasi Terhadap Kemampuan Representasi Matematika Pada Materi Pecahan Siswa Kelas V Mi Ma’arif Ngrupit Ponorogo. Iain Ponorogo. Http://Etheses.Iainponorogo.Ac.Id/Id/Eprint/8437

Syarhoh, U. M., Siddik, M., & Mulawarman, W. G. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Foto Dan Video Animasi Karikatur Terhadap Kemampuan Peserta Didik Dalam Memahami Teks Anekdot Siswa Kelas X Sma. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(3), 641–652. Https://Doi.Org/10.30872/Diglosia.V5i3.443

Tullah, N. H., Widiada, I. K., & Tahir, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Animasi Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sdn 3 Rumak Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 821–826. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V7i2c.587

Wahyuningtyas, D., & Kurniawan, A. W. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Teknik Cekikan Judo (Shime Waza) Berbasis Aplikasi Articulate Storyline. Sport Science And Health, 4(4), 338–346. Https://Doi.Org/10.17977/Um062v4i42022p338-346

Published

2025-05-10

How to Cite

Sinaga, A. L. ., Rahman, A. A. ., & Hasibuan, A. T. D. . (2025). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI DI KELAS V SD NEGERI 066054 MEDAN . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 1012–1025. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1176

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.