PENINGKATAN MINAT DAN KEMAMPUAN RENANG GAYA BEBAS MELALUI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN RENANG

Authors

  • Ahmad Syabaruddin Department of Physical Education, Sport Coaching Education. Faculty of Sport Science. Universitas Negeri Medan
  • Raswin Raswin Department of Physical Education, Health and Recreation. Faculty of Sport Science. Universitas Negeri Medan
  • Ramlan Sahputera Sagala Departmen of physical Education, Sport Coaching Education. Faculty of sport Science, Universitas Negeri Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1073

Keywords:

Media Pembelajaran, Renang, Gaya Bebas

Abstract

Renang merupakan salah satu olahraga yang banyak digemari mahasiswa karena kegiatan yang menyenangkan yaitu bermain dengan air. salah satu gaya yang dapat digunakan untuk berenang adalah gaya bebas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pembelajaran menggunakan media papan renang terhadap minat dan keterampilan renang gaya bebas pada mahasiswa. populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 3 prodi ilmu keolahragan. teknik analisis data dalam penelitian ini menggunaakn analisis paired sampel t tes. hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media papan renang berpengaruh signifikan terhadap minat dan kemampuan renang gaya bebas pada mahasiswa. kemampuan renang gaya bebas sebelum dengan sesudah perlakuan terdapat perbedaan signifikan. Media Papan renang yang digunakan efetif meningkatkan kemampuan renang gaya bebas pada mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ahmad Syabaruddin, Department of Physical Education, Sport Coaching Education. Faculty of Sport Science. Universitas Negeri Medan

Department of Physical Education, Sport Coaching Education. Faculty of Sport Science. Universitas Negeri Medan

Raswin Raswin, Department of Physical Education, Health and Recreation. Faculty of Sport Science. Universitas Negeri Medan

Department of Physical Education, Health and Recreation. Faculty of Sport Science. Universitas Negeri Medan

Ramlan Sahputera Sagala, Departmen of physical Education, Sport Coaching Education. Faculty of sport Science, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Departmen of physical Education, Sport Coaching Education. Faculty of sport Science, Universitas Negeri Medan, Indonesia

References

Azzahra, V. A., Lestari, D. A., Aulia, S. A., Fahira, M. A., & Hambali, B. (2024). JENIS JENIS AKTIVITAS DALAM PENDIDIKAN JASMANI. Jurnal Ilmiah Spirit, 24(2), 56–65. https://doi.org/10.36728/jis.v24i2.3581

Ertanto, D., Putra, D. M., & Sumantri, A. (2024). Pelatihan Pembelajaran Teknik Dasar Renang Berbasis Rekreasi Yang Ada Di Tais Kabupaten Seluma. Jurnal Dehasen Untuk Negeri, 3(1). https://doi.org/10.37676/jdun.v3i1.5586

Gemaini, A., Pranoto, N. W., & Rahmad, A. (2023). Motivasi Berprestasi Pada Atlet Usia Dini Club Renang Fitt Kota Padang. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 9(1), 1. https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i1.47892

Hasmarita, S., & Nursyamsi, M. Y. (2023). Alat Bantu Hand Paddle Untuk Meningkatkan Keterampilan Renang Gaya Bebas (Pada Usia 10-12 Tahun). Jurnal Master Penjas & Olahraga, 4(2), 367–376. https://doi.org/10.37742/jmpo.v4i2.99

Iksan, I., & Denay, N. (2024). Analisis Keterampilan Teknik Dasar Renang Gaya Dada Atlet Seria Aquatic Analysis of the swimming movement technique for Seria Aquatic. Jurnal Gladiatoror, 4(4), 752–761.

Khairunisah, K., Syahara, S., Maidarman, M., & Mardela, R. (2023). Analisis Mekanik Renang Gaya Bebas. Gladiator, 3(3), 157–170. http://gladiator.ppj.unp.ac.id/index.php/gltdor/article/view/11

Mulyana, A., Pingkan, A. D., Yulianti, D., Luthfiatunnisa, F. F., Shidiqqa, Q. Q. A., Sabirah, R., & Azzahra, S. F. (2024). Manfaat Pembelajaran Renang untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Anak di Sekolah Dasar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 3213–3221. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1251

Nur’aeni, E., Rustandi, E., & Arhesa, S. (2023). Pengaruh Latihan Variasi Terhadap Keterampilan Renang Gaya Bebas Pada Atlet Pemula. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 366–371. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4562

Syafira, E., & Mardesia, P. (2024). Pengaruh Latihan Renang Menggunakan Fins Dan Paddle Terhadap Kecepatan Renang Gaya Bebas 50 Meter Pada Atlet Maninjau Swimming Club. Gladiator, 4(4), 919–930.

Syanjaya, T., Abdilah Santoso, J., Aji Ramadhan, P., & Syahrial, M. R. (2024). Indonesian Journal of Community Engagement (IJCE) LPPM-STKIP Modern Ngawi Pelatihan Penggunaan Alat Bantu untuk Meningkatkan Keterampilan Dasar Renang Gaya Bebas (Studi pada Siswa SMP Islam Bunga Bangsa Samarinda). Indonesian Journal of Community Engagement (IJCE), 5.

Tambunan, D. D., Sukiri, & Siregar, N. M. (2024). Model Pembelajaran Renang Gaya Bebas Berbasis Permainan. Proseding Seminar Nasional UNM 63, 1–13.

Wahyuni, D. A., Maulana, F., & Nurudin, A. A. (2023). Metode Drill dan Estafet: Bagaimana Pengaruhnya Terhadap Renang Gaya Bebas? Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1746–1751. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6079

Published

2025-04-28

How to Cite

Syabaruddin, A., Raswin, R., & Sagala, R. S. (2025). PENINGKATAN MINAT DAN KEMAMPUAN RENANG GAYA BEBAS MELALUI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN RENANG. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(3), 683–688. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1073

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.