PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PJBL BERBANTUAN “CANVA” TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI IPA (PELESTARIAN TUMBUHAN DAN HEWAN)
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.1267Keywords:
Model Pembelajaran PjBL, Aplikasi Canva, Motivasi Belajar, KreativitasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh penerapan model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) menggunakan aplikasi Canva terhadap motivasi belajar dan kreativitas siswa Kelas VI pada materi IPA (Pelestarian Tumbuhan dan Hewan) di Sekolah Dasar Kota Depok. Metode penelitian ini menggunakan random sampling dan Pre-Test and Post-Test with Non-Equivalent Control Group Design. Kelompok eksperimen menggunakan model PjBL menggunakan aplikasi Canva, sementara kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran PjBL tanpa menggunakan Canva dalam pembelajaran. Instrumen yang digunakan adalah angket sikap untuk mengukur motivasi belajar dan rubrik untuk mengukur kreativitas siswa dari hasil karya poster menggunakan aplikasi Canva. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PjBL menggunakan aplikasi Canva memiliki pengaruh yang positif terhadap motivasi belajar dan kreativitas siswa pada materi IPA kelas VI. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang dilakukan dengan uji Pillai's Trac. e, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace dan Roy's Largest Root memiliki nilai sig. 0,000 < 0,05 . Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PjBL menggunakan Canva terhadap motivasi belajar dan kreativitas siswa. Siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model PjBL menggunakan aplikasi Canva menunjukkan motivasi belajar yang lebih tinggi dan menunjukkan tingkat kreativitas yang lebih baik dalam memahami dan mengaplikasikan konsep-konsep IPA.
Downloads
References
Amaliyah, N. R. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran 4.0 Bagi Tenaga Pendidik Sekolah Dasar Jakarta. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 43. Https://Doi.Org/10.30997/Dt.V8i1.3342
Anggiehlia, A., Anisa, N., & Dalina, M. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Peserta Didik Kelas XI IPS Di SMA N 1 Talang Ubi Kab. PALI. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 4(1), 33–38.
Aprianti, N. P. C. D., Negara, I. G. A. O., Ke, S. P. M., & Suadnyana, I. N. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus II Mengwi Badung Tahun Ajaran 2016/2017. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V5i2.10738
Ardiansyah, A. A., & Nana. (2020). Peran Mobile Learning Sebagai Inovasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah. Indonesian Journal Of Education Research And Review, 3(1), 47–56.
Aryani, W. D. (2022). IMPLEMENTASI MODEL Pjbl DENGAN INFOGRAFIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK VIIB SMPN 1 KANDEMAN. RISTEK: Jurnal Riset, Inovasi Dan Teknologi Kabupaten Batang, 7(1), 37–49.
Bastin, N. (2022). Keterampilan Literasi, Membaca, Dan Menulis. Nahason Bastin Publishing.
Dewi, I. P., Sofya, R., & Huda, A. (2021). Membuat Media Pembelajaran Inovatif Dengan Aplikasi Articulate Storyline 3. UNP PRESS.
Dr. Rian Vebrianto, M. E. L. A. H. S. P. A. H. N. S. P. D. A. S. P. F. S. P. G. A. S. P. (2021). BAHAN AJAR IPA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (Pjbl) VERSI DARING. CV. DOTPLUS Publisher.
Fitri, H., Dasna, I. W., & Suharjo, S. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(2), 201–212. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.58258/Jime.V8i4.4090
Fitz, A. I., Murtini, W., & Schuller, G. (2022). A Project-Based Learning Model To Improve Learning Outcomes For 8th Grade 4 Satap Kismantoro Wonogiri Students. Journal Of Research In Vocational Education, 4(10). Https://Doi.Org/10.53469/Jrve.2022.04(10).04
Furi, L. M. I., Handayani, S., & Maharani, S. (2018). Eksperimen Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Project Based Learning Terintegrasi Stem Untuk Mengingkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Siswa Pada Kompetensi Dasar Teknologi Pengolahan Susu. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 49–60. Https://Doi.Org/Meita, L., Furi, I., Handayani, S., & Maharani, S. (2018). Eksperimen Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Project Based Learning Terintegrasi Stem Untuk Mengingkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Siswa Pada Kompetensi Dasar Teknologi Pengolahan Susu. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 49-60–60. Https://Doi.Org/10.15294/Jpp.V35i1.13886
Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2015). PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR , KREATIVITAS , KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS , DAN.
Irdalisa, I., Akbar, B., Amirullah, G., Fuadi, T. M., Elvianasti, M., & Safahi, L. (2022). Implementation Of Moodle Platform To Acquire The Students’ Knowledge And Science Process Skills. Cypriot Journal Of Educational Sciences, 17(9), 3238–3247. Https://Doi.Org/10.18844/Cjes.V17i9.7349
Irdalisa, I., Amirullah, G., Yarza, H. N., Fuadi, T. M., & Elvianasti, M. (2021). Pelatihan Penggunaan Laboratorium Virtual Bagi Guru IPA. Surya Abdimas, 5(4), 427–433. Https://Doi.Org/10.37729/Abdimas.V5i4.1352
IRDALİSA, I., FUADİ, T. M., ELVİANASTİ, M., & YANTO, B. E. (2022). Technological Pedagogical Content Knowledge: Ability Prospective Teachers Biology Education Department In Jakarta Indonesia. International Journal Of Educational Research Review, 7(2), 114–123. Https://Doi.Org/10.24331/Ijere.1050594
Iyan, H. (2020). METODE PEMBELAJARAN ABAD 21: Panduan Penerapan Bagi Guru SMP/Mts. RUMAH BELAJAR MATEMATIKA INDONESIA.
Izzania, R. D. S. M. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PROJECT BASED LEARNING (Pjbl) TERINTEGRASI STEAM UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 4(2), 146–157. Https://Doi.Org/10.33369/Dikdas.V4i2.15914
Kosanke, R. M. (2019). 済無No Title No Title No Title. 2(3), 4575–4578.
Meirawati, D. K., & Kresnawati, N. L. P. D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia, 8(1), 386–391.
Pangesti, W. A., Fanani, A., & Prastyo, D. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(30s), 27–32. Https://Doi.Org/10.36456/Bp.Vol16.No30s.A2753
Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN KERJASAMA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING (Pjbl) BERBANTUAN METODE EDUTAINMENT PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). Https://Doi.Org/10.24176/Re.V8i2.2357
Purwanti, P., Safitri, A., Pusporini, H., Kusumaningrum, S. R., & Dewi, R. S. I. (2022). Application Of Project Based Learning Model For Class V Students Theme 5 Sub Theme 1 Ecosystem Materia. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4). Https://Doi.Org/10.58258/Jime.V8i4.4090
Rahayu, R., Rosita, R., Yayu Sri Rahayuningsih, H. H., & Prihatin. (2021). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu, 5(4), 2541–2549.
Rusmansyah, R., Leny, L., & Sofia, H. N. (2023). Improving Students’ Scientific Literacy And Cognitive Learning Outcomes Through Ethnoscience-Based Pjbl Model. Journal Of Innovation In Educational And Cultural Research, 4(1), 1–9. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.46843/Jiecr.V4i1.382
Sitepu, A. S. M. B. (2019). PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA. GUEPEDIA.
Sriyani Widyawati, S. P. M. P. (2021). Asyiknya Kooperatif Tipe Picture And Picture Dalam Belajar IPA, Untuk Kelas III Sekolah Dasar. Unisri Press.
Sumiati, M., Dewi, A. S., & Mubarok, M. K. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran KARTIKRU Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 4692–4698. Https://Doi.Org/10.54371/Jiip.V6i7.2334
Susanti, F. (2016). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Di SMP Negeri 1 Porong. 42.
Syukur, I. L., Hala, H., & Fatmawati. (2023). Siklus, Motivasi Belajar, Project-Based Learning. 5(2), 1082–1087.
Trygu. (2021). Teori Motivasi Abraham H. Maslow Dan Implikasinya Dalam Belajar Matematika. GUEPEDIA.
Wibowo, H. S. (2023). CANVA : Panduan Lengkap Untuk Desain Grafis Dengan Cepat Dan Mudah. Hamid Sakti Wibowo.
Widiastuti, D. A. (2021). Peranan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran IPS SMPN 4 Pangalengan. Pelita Bumi Pertiwi, 2(02), 55–69. Https://Jurnal.Upg.Ac.Id/Index.Php/Jpbp/Article/View/129
Wulandari, A. S., Suardana, I. N., & Devi, N. L. P. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas Siswa Smp Pada Pembelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(1), 47. Https://Doi.Org/10.23887/Jppsi.V2i1.17222
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten