UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MATERI BENTANG ALAM INDONESIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) MELALUI MEDIA PAPAN SOAL DI KELAS III SDN 066050 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.517Keywords:
Hasil Belajar, Ipas, Team Games Tournament (Tgt), Media PapanAbstract
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipas Materi Bentang Alam Indonesia Dengan Model Pembelajaran Team Games Tournament (Tgt) Melalui Media Papan Soal Di Kelas Iii Sdn 066050 Medan. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) sebagai sasaran utama. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling Berdasrkan pembahasan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS dengan materi Bentang Alam dengan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbasis papan soal mengalami peningkatan yang baik. Pada siklus I hasil belajar peserta didik mengalami ketuntasan sebesar 55% dan yang belum tuntas 45%. Selanjutnya peneliti melakukan penelitian tindakan kelas siklus II dengan hasil belajar ketuntasan yang meningkat menjadi 82% dan yang tidak tuntas 18%. Hal ini bisa dilihat dari kondisi awal yang diperoleh hasil ketuntasan 32% dimana ketuntasan klasikal belum tercapai meningkat menjadi 82%. Hasil belajar ini dapat dinyatakan kategori baik karena sudah >80%. Hal tersebut membuktikan bahwa upaya meningkatkan hasil belajar IPAS materi Bentang Alam Indonesia melalui model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantuan media papan soal di kelas III SDN 066050 Medan mengalami peningkatan.
Downloads
References
Agustina, A. A., Misdalina, M., & Lefudin, L. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 186. Https://Doi.Org/10.24127/Jpf.V8i2.2673
Armin, R., & Purwati, W. H. (2021a). Pengaruh Penggunaan Media Papan Cerdas Perkalian Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Siswa Kelas Ii Di Sd Negeri 75 Buton. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 5(03), 81–86. Https://Doi.Org/10.55340/Japm.V7i1.394
Armin, R., & Purwati, W. H. (2021b). Pengaruh Penggunaan Media Papan Cerdas Perkalian Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Siswa Kelas Ii Di Sd Negeri 75 Buton. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 81–86. Https://Doi.Org/10.55340/Japm.V7i1.394
Azis, P. A., & Pertiwi, N. D. (2021). The Effect Of Cooperative Learning Model Type Team Games Tournament (Tgt) With Play Wheel Media On Students’ Interest In Biology Education Stkip Pembangunan Indonesia. Journal Of Physics: Conference Series, 1752(1), 012068. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1752/1/012068
Hardi, I., & Rino, R. (2022). The Effectiveness Of Economic Learning Using The Cooperative Learning Model Type Of Team Games Tournament With The Help Of Edmodo Learning Media On Learning Outcomes (A Quasi-Experimental Study Of Class X Social Studies At Sma Negeri 7 Tebo Regency). Eighth Padang International Conference On Economics Education, Economics, Business And Management, Accounting And Entrepreneurship (Piceeba-8 2021), 531–538. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.2991/Aebmr.K.220702.077
Herlina, M., Sulaiman, E., & Widiastuti, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Dengan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Di Sman 5 Bengkulu Utara. Jurnal Ipa Terpadu, 3(1). Https://Doi.Org/10.35580/Ipaterpadu.V3i1.11167
Herpratiwi, H., Erni Mustakim, E. M., Astuti, N., & Qomario, Q. (2019). The Implementation Of A Thematic Team Games Tournament–Cooperative Learning In The Fifth Grade Of Elementary School In Lampung Province. International Journal Of Innovation, Creativity And Change, 9(11), 192–205. Http://Repository.Lppm.Unila.Ac.Id/Id/Eprint/21938
Izzah, V. L., Pramasdyahsari, A. S., Siswanto, J., & Ismartiningsih, I. (2024). Efektivitas Media Papan Kpk Terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika Kelas V. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan Pkm Bidang Ilmu Pendidikan), 5(2), 138–144. Https://Doi.Org/Http://Repository.Iainbengkulu.Ac.Id/Id/Eprint/8423
Kobandaha, P. E., Tonra, W. S., & Anam, A. C. (2022). Development Of Digital Media And Ludo Eksponen To Improve Learning Outcomes Of Grade Ix Junior High School Students. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 4(1), 99–108. Https://Doi.Org/10.35316/Alifmatika.2022.V4i1.99-108
Kusuma, T. U. (2022). Peran Edukasi Gizi Dalam Pencegahan Anemia Pada Remaja Di Indonesia: Literature Review. Jurnal Surya Muda, 4(1), 61–78. Https://Doi.Org/10.38102/Jsm.V4i1.162
Marhamah Nasution, M. (2023). The Application Of Crossword Puzzle In The Team Games Tournament (Tgt) Learning Model To Improve Learning Motivation. Proceedings Of The 4th International Conference On Science And Technology Applications, Icosta 2022, 1-2 November 2022, Medan, North Sumatera Province, Indonesia. Https://Doi.Org/10.4108/Eai.1-11-2022.2326218
Nisa, Z. L., Ardiansyah, L., & Rahmawati, I. (2024). Pengembangan Model Pembelajaran Team Games Tournament (Tgt) Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Ipas Kelas Iv Di Sdn 1 Beluk. Global Education Trends, 2(1). Https://Doi.Org/10.61798/Get.V2i1.142
Nurjaman, N. (2024). Penerapan Media Papan Catur Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 10(4).
Pgsd Ubp, A. (2023). Pendidikan Pengaruh Media Papan Bangun Datar Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Iv Sdn Darawolong Iv. Jurnal Pancar (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 7(1), 281–289. Https://Doi.Org/10.52802/Pancar.V7i1.608
Pongkendek, J. J., Parlindungan, J. Y., & Marpaung, D. N. (2019). Effectiveness Of The Application Of Team Games Tournament Cooperative Learning Model (Tgt) To Improve Learning Outcomes Of Students Of Class Xi Science 1 Sma Frater Makassar In The Principal Material Of Salt Hydrolysis. Iop Conference Series: Earth And Environmental Science, 343(1), 012228. Https://Doi.Org/10.1088/1755-1315/343/1/012228
Ratnasari, R. (2018). Implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Team Games Tournament) Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosi Peserta Didik Kelas Xi Mia 2 Man 1 Parepare. Iain Parepare. Http://Repository.Iainpare.Ac.Id/Id/Eprint/1267
Risqi, W., & Siregar, N. (2023). Media Papan Pintar Materi Perkalian Dalam Pembelajaran Matematika Permulaan Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(2), 233–241. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jippg.V6i2.63497
Shintia, C. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Papan Berpaku Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Mi Muhammadiyah Trimulyo. Iain Metro. Https://Doi.Org/Https://Repository.Metrouniv.Ac.Id/Id/Eprint/8540
Siahaan, H. R., & Wahyuni, I. (2018a). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Inpafi (Inovasi Pembelajaran Fisika), 6(1), 1–9. Https://Doi.Org/10.24114/Inpafi.V6i1.9489
Siahaan, H. R., & Wahyuni, I. (2018b). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Inpafi (Inovasi Pembelajaran Fisika), 6(1). Https://Doi.Org/10.24114/Inpafi.V6i1.9489
Situmorang, D. N. R., & Pangaribuan, W. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games And Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Dasarlistrik Dan Elektronika. Jevte: Journal Of Electrical Vocational Teacher Education, 1(2), 123. Https://Doi.Org/10.24114/Jevte.V1i2.29383
Sofyan, D., Arhesa, S., & Fazri, M. Al. (2020). Pengaruh Model Kooperatif Learning Tipe Team Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Passing Bola Basket. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2, 679–702.
Syafitri, A., Amir, H., & Elvinawati, E. (2019). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Dengan Media Ular Tangga Dan Media Puzzle Di Kelas Xi Sma Negeri 01 Bengkulu Tengah. Alotrop, 3(2). Https://Doi.Org/10.33369/Atp.V3i2.9911
Triyudho, R., Syafrial, S., & Sugiyanto, S. (2017). Meningkatkan Pembelajaran Teknik Shooting Dalam Permainan Sepakbola Menggunakan Model Pembelajaran Team Games Tournament Siswa Kelas X Ips 2 Sma Negeri 1 Kabawetan. Kinestetik, 1(1), 44–49. Https://Doi.Org/10.33369/Jk.V1i1.3375
Wardana, M. K. K., Adi, I. P. P., & Suwiwa, I. G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Passing Control Sepakbola. Jurnal Penjakora, 7(2), 126. Https://Doi.Org/10.23887/Penjakora.V7i2.26403
Yahya, A., & Bakri, N. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Dengan Aplikasi Qr Code Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(01), 90. Https://Doi.Org/10.29407/Jmen.V5i01.12023
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten