HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKN KELAS VIII
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.518Keywords:
Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Siswa, PpknAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi hubungan motivasi belajar dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PPKn Kelas VIII SMP Negeri 2 Sipahutar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sipahutar dan sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas dari 4 kelas siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sipahutar. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi belajar dan tes hasil belajar siswa berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Hasil penelitian yang didapatkan rata-rata motivasi belajar adalah 79,33 dan untuk hasil belajar yang didapatkan rata-rata 80.33. Selain itu diperoleh hasil uji korelasi untuk didapatkan untuk rtabel(0,8185) > thitung(0,050) dengan kategori “tinggi” menunjukkan bahwa motivasi belajar dan hasil belajar memiliki hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar.
Downloads
References
Abrianto, O. R. (2019). Penerapan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas Xi Mipa 4 Sma Negeri 1 Ambarawa. Satya Widya, 35(1), 62–74. Https://Doi.Org/10.24246/J.Sw.2019.V35.I1.P62-74
Damanik, B. E. (2019). Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Publikasi Pendidikan, 9(1), 46. Https://Doi.Org/10.26858/Publikan.V9i1.7739
Dewi, K. O. R., Murda, I. N., & Astawan, I. G. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ppkn Siswa. Mimbar Pgsd Undiksha, 8(1), 50–60. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V8i1.24578
Dianawati, E. P. (2019). Pengaruh Media Tebak Gambar Dan Talking Stick Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Wuny, 1(1).
Dyramoti, M., & Wahyuningsih, R. (2022). Pengaruh Aktivitas Bernyanyi Terhadap Daya Ingat, Motivasi Belajar, Dan Kreativitas Anak Di Tk Methodist Jakarta Utara. Jurnal Paud Agapedia, 6(2), 182–194. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.17509/Jpa.V6i2.52012
Fadhilah, T. N., Handayani, D. E., & Rofian, R. (2019). Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 249. Https://Doi.Org/10.23887/Jp2.V2i2.17916
Fane, A., & Sugito, S. (2019). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua, Perilaku Guru, Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 53–61. Https://Doi.Org/10.21831/Jrpm.V6i1.15246
Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal Jpsd, 4(1), 47–53.
Haq, A. (2018). Motivasi Belajar Dalam Meraih Prestasi. Jurnal Vicratina, 3(1), 193–214.
Inah, E. N., & Khairunnisa, A. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Bahasa Arab Mahasiswa Bidikmisi. Al-Ta’dib, 12(1), 36. Https://Doi.Org/10.31332/Atdb.V12i1.1220
Indriani, L. (2022). Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Problem Based Learning Pada Pelajaran Bahasa Inggris. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(1), 9–17. Https://Doi.Org/10.56916/Ejip.V1i1.4
Jemudin, F. De, Makur, A. P., & Ali, F. A. (2019). Hubungan Sikap Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Smpn 6 Langke Rembong. Journal Of Honai Math, 2(1), 1–12. Https://Doi.Org/10.30862/Jhm.V2i1.53
Lidiawati, L., Ahmad, S., & Wahidy, A. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6971–6975. Https://Www.Jptam.Org/Index.Php/Jptam/Article/View/2075
Munfarida, I. (2022). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Di Mts Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng Jombang. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 2(1), 73–88.
Napisa, N., Hernida, H., & Kone, K. (2021). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Smk Swadaya 1 Palu. Journal Of Educational Technology, Curriculum, Learning And Communication, 1(2), 55–64. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.26858/Jetclc.V1i2.20121
Nasrah, N., & Muafiah, A. M. A. (2020). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Jrpd (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(2), 207–213.
Novianti, C., Sadipun, B., & Balan, J. M. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Spej (Science And Phsics Education Journal) Volume, 3(2), 57–75.
Nur, A. S., & Massang, B. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Konsep Diri, Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Ix Smp Negeri Di Kota Merauke. Suska Journal Of Mathematics Education, 2(2), 89. Https://Doi.Org/10.24014/Sjme.V2i2.2067
Onih, O., & Sardjijo, S. (2023). Pengaruh Disiplin Kerja Guru, Kompetensi Profesional Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sd Di Kecamatan Sepatan Timur Kabupaten Tangerang. Jurnal Darma Agung, 30(1), 885–899. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.46930/Ojsuda.V30i1.2733
Permana, S. P., & Kasriman, K. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Motivasi Belajar Ips Kelas Iv. Jurnal Basicedu, 6(5), 7831–7839.
Pratama, H. J., & Ghofur, M. A. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Saat Pembelajaran Daring. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1568–1577. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i4.621
Rahman, R., Kondoy, E., & Hasrin, A. (2020). Penggunaan Aplikasi Quizziz Sebagai Media Pemberian Kuis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jisip (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3). Https://Doi.Org/10.58258/Jisip.V4i3.1161
Reny Oktiana Dewi Erwanda, Malaikosa, Y. M. L., & Prima Rias Wana. (2022). Implementasi Metode Mind Mapping Dalam Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Di Sdn Karangbanyu 1. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 134–143. Https://Doi.Org/10.24252/Idaarah.V6i1.28494
Sianturi, S. R., & Lisum, K. (2018). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Evaluasi E-Learning Pada Institusi Keperawatan Di Jakarta Dan Depok. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 4(2), 122–130.
Sihombing, S., Silalahi, H. R., Sitinjak, J. R., & Tambunan, H. (2021). Analisis Minat Dan Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep Dan Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Selama Pembelajaran Dalam Jaringan. Jurnal Pendidikan Matematika (Judika Education), 4(1), 41–55. Https://Doi.Org/10.31539/Judika.V4i1.2061
Syahputri, A. S., Dewi, C., & Widyaningrum, H. K. (2023). Pengaruh Pembelajaran Diferensiasi Berbantuan Website Genially Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (Senassdra), 2(2), 685–691.
Syalommitha, E. P., & Fanani, A. (2025). Pengaruh Model Giving Question And Getting Answer (Gqga) Berbantuan Media Digital Genially Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipas Materi Lapisan Bumi Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 6(1), 155–163. Https://Doi.Org/10.51494/Jpdf.V6i1.2025
Vika, W. N., Noh, M. H., Mujib, A., & Sarjuni, S. (2022). Pengaruh Perilaku Keberagamaan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Pai Dan Ketaatan Beribadah. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 99–109.
Wati, R. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pelajaran Ekonomi. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam, 8(2). Https://Doi.Org/10.47736/Tajdidukasi.V8i2.249
Widayat, E., Ardianik, A., & Kadar, S. (2019). Pengaruh Kemampuan Awal Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Fkip Unitomo Terhadap Indeks Prestasi (Ip) Ditinjau Dari Asal Daerah. Must: Journal Of Mathematics Education Science And Technology, 4(2), 147–162. Http://Repository.Unitomo.Ac.Id/Id/Eprint/2200
Yusdasari, M., Ambarita, A., & Muncarno, M. (2020). Hubungan Lingkungan Belajar Sekolah Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten