HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKN KELAS VIII

Authors

  • Renol Simanjuntak Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Hotmaida Simanjuntak Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Monalisa Marta Siahaan Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.518

Keywords:

Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Siswa, Ppkn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi hubungan motivasi belajar dan hasil belajar siswa  dalam pembelajaran PPKn Kelas VIII SMP Negeri 2 Sipahutar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sipahutar dan sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas dari 4 kelas siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sipahutar. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi belajar dan tes hasil belajar siswa berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Hasil penelitian yang didapatkan rata-rata  motivasi belajar adalah 79,33 dan untuk hasil belajar yang didapatkan rata-rata  80.33. Selain itu diperoleh hasil uji korelasi untuk  didapatkan untuk rtabel(0,8185) > thitung(0,050)  dengan kategori “tinggi” menunjukkan bahwa motivasi belajar dan hasil belajar memiliki hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Renol Simanjuntak, Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan  Dan Ilmu Pendidikan, Universitas  HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Hotmaida Simanjuntak, Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan  Dan Ilmu Pendidikan, Universitas  HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Monalisa Marta Siahaan, Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan  Dan Ilmu Pendidikan, Universitas  HKBP Nommensen Medan, Indonesia

References

Abrianto, O. R. (2019). Penerapan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas Xi Mipa 4 Sma Negeri 1 Ambarawa. Satya Widya, 35(1), 62–74. Https://Doi.Org/10.24246/J.Sw.2019.V35.I1.P62-74

Damanik, B. E. (2019). Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Publikasi Pendidikan, 9(1), 46. Https://Doi.Org/10.26858/Publikan.V9i1.7739

Dewi, K. O. R., Murda, I. N., & Astawan, I. G. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ppkn Siswa. Mimbar Pgsd Undiksha, 8(1), 50–60. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V8i1.24578

Dianawati, E. P. (2019). Pengaruh Media Tebak Gambar Dan Talking Stick Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Wuny, 1(1).

Dyramoti, M., & Wahyuningsih, R. (2022). Pengaruh Aktivitas Bernyanyi Terhadap Daya Ingat, Motivasi Belajar, Dan Kreativitas Anak Di Tk Methodist Jakarta Utara. Jurnal Paud Agapedia, 6(2), 182–194. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.17509/Jpa.V6i2.52012

Fadhilah, T. N., Handayani, D. E., & Rofian, R. (2019). Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 249. Https://Doi.Org/10.23887/Jp2.V2i2.17916

Fane, A., & Sugito, S. (2019). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua, Perilaku Guru, Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 53–61. Https://Doi.Org/10.21831/Jrpm.V6i1.15246

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal Jpsd, 4(1), 47–53.

Haq, A. (2018). Motivasi Belajar Dalam Meraih Prestasi. Jurnal Vicratina, 3(1), 193–214.

Inah, E. N., & Khairunnisa, A. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Bahasa Arab Mahasiswa Bidikmisi. Al-Ta’dib, 12(1), 36. Https://Doi.Org/10.31332/Atdb.V12i1.1220

Indriani, L. (2022). Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Problem Based Learning Pada Pelajaran Bahasa Inggris. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(1), 9–17. Https://Doi.Org/10.56916/Ejip.V1i1.4

Jemudin, F. De, Makur, A. P., & Ali, F. A. (2019). Hubungan Sikap Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Smpn 6 Langke Rembong. Journal Of Honai Math, 2(1), 1–12. Https://Doi.Org/10.30862/Jhm.V2i1.53

Lidiawati, L., Ahmad, S., & Wahidy, A. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6971–6975. Https://Www.Jptam.Org/Index.Php/Jptam/Article/View/2075

Munfarida, I. (2022). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Di Mts Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng Jombang. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 2(1), 73–88.

Napisa, N., Hernida, H., & Kone, K. (2021). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Smk Swadaya 1 Palu. Journal Of Educational Technology, Curriculum, Learning And Communication, 1(2), 55–64. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.26858/Jetclc.V1i2.20121

Nasrah, N., & Muafiah, A. M. A. (2020). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Jrpd (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(2), 207–213.

Novianti, C., Sadipun, B., & Balan, J. M. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Spej (Science And Phsics Education Journal) Volume, 3(2), 57–75.

Nur, A. S., & Massang, B. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Konsep Diri, Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Ix Smp Negeri Di Kota Merauke. Suska Journal Of Mathematics Education, 2(2), 89. Https://Doi.Org/10.24014/Sjme.V2i2.2067

Onih, O., & Sardjijo, S. (2023). Pengaruh Disiplin Kerja Guru, Kompetensi Profesional Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sd Di Kecamatan Sepatan Timur Kabupaten Tangerang. Jurnal Darma Agung, 30(1), 885–899. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.46930/Ojsuda.V30i1.2733

Permana, S. P., & Kasriman, K. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Motivasi Belajar Ips Kelas Iv. Jurnal Basicedu, 6(5), 7831–7839.

Pratama, H. J., & Ghofur, M. A. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Saat Pembelajaran Daring. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1568–1577. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i4.621

Rahman, R., Kondoy, E., & Hasrin, A. (2020). Penggunaan Aplikasi Quizziz Sebagai Media Pemberian Kuis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jisip (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3). Https://Doi.Org/10.58258/Jisip.V4i3.1161

Reny Oktiana Dewi Erwanda, Malaikosa, Y. M. L., & Prima Rias Wana. (2022). Implementasi Metode Mind Mapping Dalam Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Di Sdn Karangbanyu 1. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 134–143. Https://Doi.Org/10.24252/Idaarah.V6i1.28494

Sianturi, S. R., & Lisum, K. (2018). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Evaluasi E-Learning Pada Institusi Keperawatan Di Jakarta Dan Depok. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 4(2), 122–130.

Sihombing, S., Silalahi, H. R., Sitinjak, J. R., & Tambunan, H. (2021). Analisis Minat Dan Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep Dan Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Selama Pembelajaran Dalam Jaringan. Jurnal Pendidikan Matematika (Judika Education), 4(1), 41–55. Https://Doi.Org/10.31539/Judika.V4i1.2061

Syahputri, A. S., Dewi, C., & Widyaningrum, H. K. (2023). Pengaruh Pembelajaran Diferensiasi Berbantuan Website Genially Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (Senassdra), 2(2), 685–691.

Syalommitha, E. P., & Fanani, A. (2025). Pengaruh Model Giving Question And Getting Answer (Gqga) Berbantuan Media Digital Genially Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipas Materi Lapisan Bumi Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 6(1), 155–163. Https://Doi.Org/10.51494/Jpdf.V6i1.2025

Vika, W. N., Noh, M. H., Mujib, A., & Sarjuni, S. (2022). Pengaruh Perilaku Keberagamaan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Pai Dan Ketaatan Beribadah. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 99–109.

Wati, R. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pelajaran Ekonomi. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam, 8(2). Https://Doi.Org/10.47736/Tajdidukasi.V8i2.249

Widayat, E., Ardianik, A., & Kadar, S. (2019). Pengaruh Kemampuan Awal Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Fkip Unitomo Terhadap Indeks Prestasi (Ip) Ditinjau Dari Asal Daerah. Must: Journal Of Mathematics Education Science And Technology, 4(2), 147–162. Http://Repository.Unitomo.Ac.Id/Id/Eprint/2200

Yusdasari, M., Ambarita, A., & Muncarno, M. (2020). Hubungan Lingkungan Belajar Sekolah Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1).

Published

2025-05-10

How to Cite

Simanjuntak, R., Simanjuntak, H., & Siahaan, M. M. (2025). HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKN KELAS VIII . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 973–980. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.518

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.