PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN

Penulis

  • Roulina Simanjuntak Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan , Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Kondios Mei Darlin Pasaribu Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan , Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Lukman Pardede Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan , Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Hotmaida Simanjuntak Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan , Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Rince Marpaung Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan , Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.518

Kata Kunci:

Media Digital, Motivasi Belajar, Pelajaran PPKn

Abstrak

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh Media Digital Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Methodist 7 Medan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif Kuantitatif. Menurut sugiono (2017: 13) bahwa metode kuantitatif adalah penelitian yang ada penelitiannya berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Karena penelitian ini berbentuk deskriftif kuantitatif, maka penulis hanya menggambarkan. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah post tes. Semua anggota mempunyai kesempatan yang sama menjadi sampel penelitian.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Media digital dengan meningkatnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Hal ini dibutikan dengan rata-rata kelas eksperimen yaitu 74,17 dan kelas control 63,17. Persentase ketuntasan murid pada kelas eksperimen menunjukkan 4,17% yang lebihbesar dari kelas control dengan persentase 50%. Hal ini menunjukkan keberhasilan pembelajaran pada kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Roulina Simanjuntak, Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan , Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan , Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Kondios Mei Darlin Pasaribu, Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan , Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan , Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Lukman Pardede, Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan , Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan , Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Hotmaida Simanjuntak, Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan , Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan , Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Rince Marpaung, Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan , Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan , Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Referensi

Asdlori, A., & Slamet Yahya, M. (2023). Konsep Pembelajaran Pai Berbasis Media Digital Melalui Pendekatan Humanistik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1877–1886. Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V8i3.1646

Br, E. M., Darlin, K. M., & Marta, M. (2024). Artificial ( Kecerdasan Buatan ) Terhadap Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas X Di Sma Negeri 2 Tanjung. 7, 6014–6019.

Evendi, M. &. (2024). Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Alacrity : Journal Of Education, 03(01), 381–390. Https://Doi.Org/10.52121/Alacrity.V4i2.363

Faizah, N., Listyarini, I., & Murdhiati, E. (2023). Pengembangan Media Cerita Bergambar Digital Pada Pembelajaran Ips Siswa Kelas 5 Sdn Kalicari 01. Pendidikan Tabulas, 7(1), 3824. Https://Doi.Org/Https://Jptam.Org/Index.Php/Jptam/Article/View/5838/4892

Fernando, Y., Islam, U., Sjech, N., Djambek, M. D., Andriani, P., Islam, U., Sjech, N., Djambek, M. D., Syam, H., Islam, U., Sjech, N., & Djambek, M. D. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 2(3), 61–68.

Firman, F., Al Jumroh, S. F., & Witdianti, Y. (2024). Pemberdayaan Anak Abk Dalam Gerakan Literasi Digital Etic Sebagai Upaya Pencegahan Perundungan Melalui Media Sosial. Jmm (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(2), 1568. Https://Doi.Org/10.31764/Jmm.V8i2.21424

Handayani, T., Syarifudin, A., Tastin, T., Nurlaili, N., Bujur, D. A., Al-Ihwana, A.-I., Wahyudi, K., & Saputra, A. D. (2023). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Di Madrasah Ibtidaiyah. Taawun, 3(01), 83–94. Https://Doi.Org/10.37850/Taawun.V3i01.377

Haniko, P., Mayliza, R., Lubis, S., Sappaile, B. I., & Hanim, S. A. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Untuk Memudahkan Guru Dalam Penyampaian. 4(2), 2862–2868.

Hasil, M., & Siswa, B. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran Dan Hasil Belajar Siswa. 03, 171–187.

Heryani, A., Pebriyanti, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pembelajaran Ips Di Sd Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan, 31(1), 17. Https://Doi.Org/10.32585/Jp.V31i1.1977

Kuncahyono, K., Suwandayani, B. I., & Muzakki, A. (2020). Aplikasi E-Test “That Quiz” Sebagai Digitalisasi Keterampilan Pembelajaran Abad 21 Di Sekolah Indonesia Bangkok. Lectura : Jurnal Pendidikan, 11(2), 153–166. Https://Doi.Org/10.31849/Lectura.V11i2.4687

Mardati, A. (2021). Media Digital Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis 41 Utp Surakarta, 1(01), 172–178. Https://Doi.Org/10.36728/Semnasutp.V1i01.25

Nurgiansah, T. H. (2022). Jurnal Basicedu. 6(4), 7310–7316.

Pembelajaran, M. (2023). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran. 173–179.

Permatasari, D. S., & Retno, R. S. (2021). Pengembangan Media Worksheet Digital Berbasis Inquiry Penunjang Pembelajaran Daring Siswa. Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship, 1(1).

Pratami, F., Sari, N. D., Hidayani, N., & Supriyadi, R. (2024). Pengembangan E-Komik Media Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Dalam Proses Pembelajaran , Termasuk Dengan Media Digital . Media Pembelajaran Digital Beroperasi Menggunakan Data Digital , Diproses , Diakses , Dan Didistribusikan ( Sukiman , 2012 ). Istila. 14(1).

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i2.2082

Rizkiyah, N., Abdillah, A., & Nizar, A. (2023). Pelatihan Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Digital Pada Guru Di Smk Yatindo Bekasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa, 2(3), 94–97. Https://Doi.Org/10.30998/Pkmbatasa.V2i3.2068

Serungke, M., Sibuea, P., Azzahra, A., Fadillah, M. A., Rahmadani, S., Arian, R., Pembelajaran, P., & Visual, M. A. (2023). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Proses Pembelajaran Bagi. 6, 3503–3508.

Siswa, K. J., Dwianti, I. N., Julianti, R. R., Rahayu, E. T., & Karawang, U. S. (2021). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 7(4), 675–680. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.5335922

Tantri, N. N. (2021). Prosiding Webinar Nasional Iahn-Tp Palangka Raya, No. 3 Tahun 2021 225. 3, 225–238.

Trisiana, A. (2020). Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Digitalisasi Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 31. Https://Doi.Org/10.20527/Kewarganegaraan.V10i2.9304

Wahyuni, S., & Haryanti, N. (2024). Optimalisasi Kompetensi Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Media Digital. Wahana Dedikasi: Jurnal Pkm Ilmu Kependidikan, 7(1), 142–154. Https://Doi.Org/10.31851/Dedikasi.V7i1.15974

Diterbitkan

2025-08-24

Cara Mengutip

Simanjuntak, R., Pasaribu, K. M. D., Pardede, L., Simanjuntak, H., & Marpaung, R. (2025). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1). https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.518

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.