PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP LITERASI MATEMATIKA SISWA PADA MATERI UKURAN PEMUSATAN DATA KELAS X
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.511Keywords:
Problem Based Learning, Quizizz, Pengaruh Literasi MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan quizizz terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas X dalam materi ukuran pemusatan data di program keahlian perhotelan. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan teknik probability sampling, di mana kelas X perhotelan-1 ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan kelas X perhotelan-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal. Setelah dilakukan perhitungan dengan menggunakan uji- , maka diperoleh sebesar 7,635. Untuk α= 0,05 dan = 66-2 = 64 maka 0,05.64 = 3,2 maka diperoleh = 3,2 diperoleh > , yang berarti tolak dan terima Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Nilai rata-rata literasi matematika siswa di kelas eksperimen adalah 83,774, sedangkan kelas kontrol memperoleh rata-rata 67,543. Hasil uji menunjukkan bahwa skor rata-rata kelas eksperimen adalah 0,73 (kategori tinggi), sementara kelas kontrol memperoleh skor 0,51 (kategori sedang). Besar pengaruh model pembelajaran problem-based learning berbantuan quizizz terhadap literasi matematika siswa mencapai 72,1%. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning berbantuan quizizz berpengaruh terhadap literasi matematika siswa kelas X Perhotelan-1 SMK Negeri 14 Medan pada materi ukuran pemusatan data.
Downloads
References
Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematik Siswa Kelas Xi Sma Putra Juang Dalam Materi Peluang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–153.
Aksara, P. T. B. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bumi Aksara.
Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Attadib: Journal Of Elementary Education, 2(2), 123–133. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.32507/Attadib.V2i2.414
Amin, F. Y., Saputra, J. H., & Maryati, M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learningberbantuan Media Quizizz Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Ii Sd Negeri 1 Jeketro. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 25–33.
Anwas, O. M. (2013). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Teknodik , 17(1), 493–504.
Aoecd. (2019). Pisa 2018 Assessment And Analytical Framework. Oecd Publishing.
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Rev. Ed. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Baiduri. (2019). Baiduri-2019. 4(1), 77–94.
Evendi, M. &. (2024). Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Alacrity : Journal Of Education, 03(01), 381–390. Https://Doi.Org/10.52121/Alacrity.V4i2.363
Fajriah Dkk. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Materi Penyajian Data. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 40–49. Https://Doi.Org/10.55606/Jurrimipa.V1i1.160
Handayani, R. H., & Muhammadi, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sd. E-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(5), 79–88.
Herlambang, A. D., & Hidayat, W. N. (2016). Edmodo Untuk Meningkatkan Kualitas Perencanaan Proyek Dan Efektivitas Pembelajaran Di Lingkungan Pembelajaran Yang Bersifat Asinkron. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(3), 180. Https://Doi.Org/10.25126/Jtiik.201633193
Irmayanti, I., & Danial, D. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Permainan Pada Siswa Sekolah Dasar Di Sinjai Selatan. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 90. Https://Doi.Org/10.24252/Auladuna.V6i1a10.2019
Jayantika, I. P. A. A. P. I. G. A. N. T. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik Dengan Spss. Deepublish.
Jazilah, F. V., Fauziyah, N., & Suryanti, S. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Statistika Standar Penilaian Pisa Dengan Skor Yang Berhasil Diperoleh Indonesia , Maka Dapat Dikatakan Dibandingkan Negara Lain . Level Tertinggi Yang Dicapai Pelajar Indonesia Ad. Inovasi Pendidikan Matematika, 4(1), 96–111.
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-Model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. Https://Doi.Org/10.36088/Fondatia.V4i1.441
Krismayanti, W., & Mansurdin, M. (2020). Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Model Problem Based Learning (Pbl) Di Sekolah Dasar. E-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(7), 102–110.
Lestari. (2018). Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi. 2(2), 94–100.
Magfirohdkk. (2019). No Title. 1, 57–78.
Malasari, P. N., Herman, T., & Jupri, A. (2017). The Construction Of Mathematical Literacy Problems For Geometry. Journal Of Physics: Conference Series, 895(1). Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/895/1/012071
Nareswari, A., & Arfinanti, N. (2023). Systematic Literature Review: Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Literasi Matematika. Quadratic: Journal Of Innovation And Technology In Mathematics And Mathematics Education, 3(02), 67–77. Https://Doi.Org/10.14421/Quadratic.2023.032-05
Nasrullah, A., Ende, E., & Suryadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Edmodo Pada Pembelajaran Matematika Ekonomi Terhadap Komunikasi Matematika. Symmetry: Pasundan Journal Of Research In Mathematics Learning And Education, 2, 1–10. Https://Doi.Org/10.23969/Symmetry.V2i1.346
Nofziarni, A., Hadiyanto, H., Fitria, Y., & Bentri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning ( Pbl ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2016–2024. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V3i4.244
Novitasaridkk. (2015). No Title. 8–18.
Oecd, 2023. (2022). Pisa 2022 Results: Vol I.
Pagarra, H., Syawaluddin, A., Krismanto, W., & Sayidiman. (2022). Media Pembelajaran. In Badan Penerbit Unm.
Putri, J. E., & Zainil, M. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas Iv Sdn 09 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Journal Of Basic Education Studies, 4(1), 3115–3125.
Rahayu, M. D., Zuhri, M. S., Ariyanto, L., & Wibawa, A. (2025). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Quizizz Dalam. 8, 198–205.
Rizal Abdurrozak, Asep Kurnia Jayadinata, & Isrok’atun Isrok’atun. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir. Jurnal Pena Ilmiah, Vol.1(1), 871–880.
Sinaga, R. F. (2024). Pentingnya Menumbuhkan Etika Berliterasi Digital Bagi Masyarakat Di Nagori Jawa Tonga. Subserve: Community Service And Empowerment Journal, 2(1), 97–102.
Situmorang, A. S. (2018). Perbedaan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Software Dengan Pendekatan Open Ended Berbantuan Software Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. 01(01), 1–6.
Sman, D. I., Kabupaten, K., & Tahun, I. (2023). 134212-1670719709. 1–10.
Sugiyono, D. (2014). Metode Penelitian Pendidikan.
Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Syafei, M., & Silalahi, J. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan Smk Negeri 1 Pariaman. Cived, 5(4). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24036/Cived.V5i4.102483
Tambunan, H., Tamhunan, L. T., Karo, K., & Matematis, L. (2024). Pelatihan Operasi Bilangan Pecahan Untuk Meningkatkan Minat Dan Literasi Matematis Siswa Doi : Https://Doi.Org//10.54832/Judimas.V3i1.470 Pendahuluan Pendidikan Matematika Merupakan Pendidikan Formal Sesuai Dengan Kurikum Pendidikan Di Indonesia . Kemampu. 2, 253–260.
Wulantina, E., & Maskar, S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Lampungnese Etnomatematics Program Studi Pendidikan Matematika , Universitas Teknokrat Indonesia , Development Of Material Based On Lampungnese Etnomatematics. 09.
Yuhani, A., Zanthy, L. S., & Hendriana, H. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. Jpmi (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 445. Https://Doi.Org/10.22460/Jpmi.V1i3.P445-452
Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51–62. Https://Doi.Org/10.31980/Mosharafa.V7i1.341
Zahrohdkk. (2020). Zahrodkk. Kaos Gl Dergisi, 8(75), 147–154.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten