PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BENIME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI

Authors

  • Fine Eirene Siahaan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Ady Frenly Simanullang Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Lestari Maria Esterlina Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1144

Keywords:

Media Pembelajaran, Benime, Hasil Belajar Kognitif, Keaktifan Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan media pembelajaran Benime terhadap hasil belajar kognitif dan keaktifan belajar siswa kelas XI di SMAN 2 Pematangsiantar. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi-experimental) dengan desain two group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pematangsiantar, dengan sampel kelas eksperimen yang menggunakan media Benime dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Benime secara signifikan meningkatkan hasil belajar kognitif siswa, dengan nilai rata-rata posttest siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Selain itu, media Benime juga terbukti meningkatkan keaktifan belajar siswa, yang diukur melalui angket keaktifan belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa media pembelajaran Benime efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran fisika. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan media pembelajaran yang inovatif dan interaktif untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Fine Eirene Siahaan, Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Ady Frenly Simanullang, Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Lestari Maria Esterlina, Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

References

Aini, U. N., Utami, T. W., Khalidiyah, T., & Huriyah, L. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video Menggunakan Aplikasi Benime Dalam Meningkatkan Pemahaman Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti (Paibp) Siswa Smp. Edudeena : Journal Of Islamic Religious Education, 6(1), 57–65. Https://Doi.Org/10.30762/Ed.V6i1.117

Arsyad, M. N., Setiawati, D., & Firdausi, F. U. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Benime Pada Matakuliah Sejarah Perekonomian Dunia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(3), 632–639. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.7635658

Aulianisa, S. S., & Aprilia, A. H. (2019). Tindakan Represif Aparat Kepolisian Terhadap Massa Demonstrasi: Pengamanan Atau Pengekangan Kebebasan Berpendapat? Padjadjaran Law Review, 7(2), 26–37.

Barbara, N. K. R., & Bayu, G. W. (2022). Powtoon-Based Animated Videos As Learning Media For Science Content For Grade Iv Elementary School. International Journal Of Elementary Education, 6(1), 29–37. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Ijee.V5i4.39821

Chairiyah, C. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Benime Tema Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas Iii Sdn 101893 Bangun Rejo. Jurnal Handayani, 12(2), 125. Https://Doi.Org/10.24114/Jh.V12i2.34196

Condrosari, G. Y. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Audio Visual Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Pkk Bener Kecamatan Tegalrejo. Pendidikan Guru Paud S-1, 6(4), 376–389.

Faishol, R., & Sukardi, S. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Berbasis Aplikasi Benime. Incare, International Journal Of Educational Resources, 4(4), 339–352.

Fira, S. (2023). Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B Di Paud Kasih Bunda Punikan Tahun 2023. Universitas Mataram.

Juhaeni, J., Wiji, S., Wadud, A. J., Saputra, H., Azizah, I. N., & Safaruddin, S. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Teka Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Ipa Materi Perkembangbiakan Tumbuhan. Journal Of Instructional And Development Researches, 2(6), 241–247. Https://Doi.Org/10.53621/Jider.V2i6.176

Kristin, F. (2018). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Ips. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). Https://Doi.Org/10.24176/Re.V8i2.2356

Kurnia, N., & Sabana, R. (2025). Pembelajaran Maharah Istima’dengan Model Auditory Intellectually Repetition (Air) Menggunakan Aplikasi Benime Di Mts N 1 Palembang: Pembelajaran Maharah Istima’dengan Model Auditory Intellectually Repetition (Air) Menggunakan Aplikasi Benime Di Mts N 1 Pa. Arabic Teaching And Learning International Conference (Atalic), 1(1), 320–334.

Lubis, D. M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Benime Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sman 1 Panai Hilir. Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara.

Mahatir, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Minat Belajar Murid Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V Di Sd Anak Bangsa Kota Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Mardati, A. (2021). Media Digital Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis 41 Utp Surakarta, 1(01), 172–178. Https://Doi.Org/10.36728/Semnasutp.V1i01.25

Mudinillah, A., Amrina, A., & Vujiachi, D. L. (2022). Penggunaan Aplikasi Benime Pada Pembelajaran Bahasa Arab Kelas Vi Sd It Ar - Rahman Palangki. Taqdir, 8(1), 89–109. Https://Doi.Org/10.19109/Taqdir.V8i1.10706

Mukhibah, I. Y., & Widiansyah, A. T. (2024). Penggunaan Media Belajar E-Learning Berbantu Aplikasi Benime Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ipa Indonesia, 14(1), 13–20. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jppii.V14i1%60.73530

Nasution, F. A., Faisal, F., Siregar, A., Gandamana, A., & Simanungkalit, E. (2024). Pengembangan Media Interaktif Menggunakan Aplikasi Benime Whiteboard Animation Pada Tema 3 Tugas Sehar-Hari Kelas Ii Sdn 200212 Padangsidimpuan Ta 2023/2024. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 8786–8796. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jptam.V8i1.13718

Nurdiansyah, A., Gunawana, A., & Sari, M. Z. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 59–65. Https://Doi.Org/10.56393/Lentera.V3i2.1826

Nurfaidah, N., Yantoro, Y., & Destrinelli, D. (2022). Penggunaan Big Book Dalam Mengembangkan Keterampilan Membaca Nyaring Siswa Autis. Universitas Jambi.

Purwanti, Y. I., & Simatupang, N. D. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Teka-Teki Silang Terhadap Kemampuan Menulis Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Dharma Wanita Dlanggu Mojokerto. Gen.

Situmorang, M. V. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Sistem Ekskresi. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 3(2), 40–44. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31764/Pendekar.V3i2.2837

Situmorang, M. V., Purba, N., & Gultom, B. T. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match (Mam) Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pada Materi Sistem Ekskresi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4041–4048. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i6.1286

Syifaudin, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Benime Pada Mata Pelajaran Pai Dan Budi Pekerti Materi Alam Semesta Sebagai Tanda Kekuasaan Allah Kelas Vii Di Smpn 1 Temayang. Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri. Https://Repository.Unugiri.Ac.Id:8443/Id/Eprint/5763

Tarigan, E. C. B., Khuzaini, N., & Parjilah, P. (2023). Telaah Kebutuhan Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Benime Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Seminalu, 1(1), 245–251. Https://Doi.Org/Https://Prosiding.Unipar.Ac.Id/Index.Php/Seminalu/Article/View/32

Zulkifli, N., Ferdiansyah, H., Gustiyanti, R., & Sofyan, W. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Benime Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas X Otomatisasi Tataniaga Kelola Perkantoran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 4(6), 11183–11190. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jpdk.V4i6.11339

Published

2024-12-22

How to Cite

Siahaan, F. E. ., Simanullang, A. F. ., & Lestari Maria Esterlina. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BENIME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(3), 800–810. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1144

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.