PENGARUH BODY IMAGE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF BELANJA ONLINE PADA MAHASISWA PERANTAU di KOTA MEDAN

Authors

  • Wenny P Sianturi Fakultas Psikologi, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Ervina M.R Siahaan Fakultas Psikologi, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1144

Keywords:

Body Image, Perilaku, Konsumtif, Belanja Online

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Body Image Terhadap Perilaku Konsumtif Belanja Online Pada Mahasiswa Perantau Di Kota Medan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang dilakukan mengenai pengaruh body image terhadap perilaku konsumtif belanja online pada mahasiswa perantau di Kota Medan, diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut:Terdapat pengaruh yang signifikan antara body image dan perilaku konsumtif belanja online pada mahasiswa perantau di Kota Medan. Analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa body image berkontribusi sebesar 54,4% terhadap perilaku konsumtif, dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa semakin positif citra tubuh yang dimiliki mahasiswa, semakin besar pula kecenderungan mereka untuk melakukan pembelian daring.Sebagian besar mahasiswa perantau berada pada kategori body image sedang. Temuan ini mengindikasikan bahwa mayoritas responden memiliki pandangan cukup positif terhadap penampilan fisiknya, namun masih terdapat potensi ketidakpuasan yang dapat memengaruhi perilaku konsumtif mereka.Tingkat perilaku konsumtif belanja online mahasiswa perantau juga cenderung berada pada kategori sedang. Artinya, responden umumnya melakukan pembelian daring pada tingkat moderat, meskipun perilaku ini dapat meningkat apabila dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti tren mode, promosi, maupun media sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Wenny P Sianturi, Fakultas Psikologi, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Fakultas Psikologi, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Ervina M.R Siahaan, Fakultas Psikologi, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Fakultas Psikologi, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

References

Apriliani, D., Burmanajaya, B., Widyarti Utami, T., & Wahyudi, U. (2020). Gambaran Body Image Dan Social Comparison Pada Remaja Putri Pengguna Sosial Media Instagram Di Sman 5 Kota Bogor Tahun 2020. Poltekkes Kemenkes Bandung. Http://Repo.Poltekkesbandung.Ac.Id/Id/Eprint/952

Astuti, S. T., & Ningsih, Y. T. (2021). Perbedaan Body Image Ditinjau Dari Jenis Social Comparison Pada Wanita Dewasa Awal Pengguna Instagram. Socio Humanus, 3(3), 254–264. Http://Ejournal.Pamaaksara.Org/Index.Php/Sohum/Article/View/266

Azizah, M. A. (2022). Pengaruh Social Comparison Dan Self Esteem Terhadap Body Image Remaja Akhir Di Dukuh Mangunan Klaten. Universitas Widya Dharma.

Cash, T., Pruzinsky, & (Eds, T. (2002). Cash, T.F., & Pruzinsky, T. (Eds.). Body Image: A Handbook Of Theory, Research, And Clinical Practice.

Choukas-Bradley, S., Maheux, A. J., Roberts, S. R., Hutchinson, E. A., Lu, C., Ladouceur, C. D., & Silk, J. S. (2022). Picture Perfect During A Pandemic? Body Image Concerns And Depressive Symptoms In U.S. Adolescent Girls During The Covid-19 Lockdown. Journal Of Children And Media, 16(4), 481–492. Https://Doi.Org/10.1080/17482798.2022.2039255

Daudi, A. (2022). The Culture Of Narcissism: A Philosophical Analysis Of “Fitspiration” And The Objectified Self. Physical Culture And Sport, Studies And Research, 94(1). Https://Doi.Org/10.2478/Pcssr-2022-0005

Dwinanda, R. F. (2016). Hubungan Gratitude Dengan Citra Tubuh. Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(1), 34–41.

Harahap, D. (2019). Perilaku Belanja Online Di Indonesia: Studi Kasus. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 10(1), 9–14.

Herlina, H., Virgia, V., & Wardani, R. A. (2023). Hubungan Antara Body Image Dan Jenis Kelamin Terhadap Pola Makan Pada Remaja. Enfermeria Ciencia, 1(1), 1–13. Https://Doi.Org/10.56586/Ec.V1i1.1

Intan Dinata, R., & Pratama, M. (2022). Hubungan Antara Social Comparison Dengan Body Image Dewasa Awal Pengguna Media Sosial Tiktok. Ranah Research : Journal Of Multidisciplinary Research And Development, 4(3), 217–224. Https://Doi.Org/10.38035/Rrj.V4i3.477

Iskandar, Y. O., Siswati, T., Palestin, B., Azizah, E. N., & Sari, A. K. (2023). Pengukuran Skala Body Image Dan Edukasi Kesehatan Stop Body Shamming Pada Remaja. Journal Of Philanthropy: The Journal Of Community Service, 1(2), 72–80.

Juzailah, J., & Ilmi, I. M. B. (2022). Hubungan Emotional Eating, Citra Tubuh, Dan Tingkat Stres Dengan Imt/U Remaja Putri Di Smk Negeri 41 Jakarta Tahun 2022: The Relationship Between Emotional Eating, Body Image, And Stress Level With The Bmi-For-Age In Female Adolescents At Smk Negeri 41 Ja. Jurnal Gizi Dan Kesehatan, 14(2), 271–284. Https://Jurnalgizi.Unw.Ac.Id/Index.Php/Jgk/Article/View/345 (Accessed: 25 July 2023).

Lazarescu, G., Maïano, C., Vintilă, M., Goian, C., & Swami, V. (2023). Psychometric Properties Of A Romanian Translation Of The Acceptance Of Cosmetic Surgery Scale (Acss): An Examination Using Bifactor Exploratory Structural Equation Modelling. Body Image, 45, 273–283. Https://Www.Isaps.Org/Media/Evbbfapi/Isaps-Global-Survey_2020.Pdf

Lestari, L. (2020). Penerapan Rantai Markov Dalam Menganalisis Persaingan Bisnis Situs Belanja Online. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Http://Repository.Uinsu.Ac.Id/Id/Eprint/10707

Margaretta, A., & Rozali, Y. A. (2018). Perbedaan Body Image Ditinau Dari Jenis Kelamin Pada Anggotaclark Hatch Fitness Center. Falkuktas Psikologi Universitas Esa Unggul E-Journal, 903, 1–10.

Maulani, F. A. (2019). Body Image Dan Tingkat Kebahagiaan Pada Wanita Dewasa Awal. Cognicia, 7(3), 369–377. Https://Doi.Org/10.22219/Cognicia.V7i3.9229

Nasrullah, N., Kasmar, K., & Syahrullah, S. (2022). Perlindungan Konsumen Atas Belanja Online. Jihad: Jurnal Ilmu Hukum Dan Administrasi, 4(2). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.58258/Jihad.V4i2.4619

Nurul Syfa, D., Dwi Yulyanti, W., Winyunila, A., Ramadhan, S., Febrieta, D., Bhayangkara, U., & Raya, J. (2024). Ijm: Indonesian Journal Of Multidisciplinary Analisis Body Image Pada Wanita Dewasa Awal: Studi Pada Mahasiswi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Ijm: Indonesian Journal Of Multidisciplinary, 2, 196–208.

Padila, R. (2020). Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Terhadap Pembatalan Transaksi Oleh Aplikasi Belanja Online Dalam Perspektif Hukum Islam Dan.

Rahma, Sri Utami Bukhari , Eri Prasetyo, T. (N.D.). Pengaruh Literasi Keuangan, Pendapatan Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Belanja Online Pada Masa Pandemi Covid-19. 2022.

Ronaldo, D., Nugrahaningsih, N., & Pratamajaya, E. (2023). Smartbox Penerima Paket Belanja Online. Jurnal Teknologi Informasi: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika, 7(2). Https://Doi.Org/10.47111/Jti.V7i2.8782

Septianningsih, R., & Sakti, P. (2021). Pengaruh Social Comparison Terhadap Body Image Pada Wanita Di Harmony Fitness Center Sumbawa Besar. Jurnal Psimawa, 4(1), 26–33.

Shabira, F., & Uyun, Q. (2023). Harga Diri Dan Kebersyukuran Sebagai Prediktor Citra Tubuh Pada Remaja Perempuan Penggemar K-Pop. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 28(1), 101–114. Https://Doi.Org/10.20885/Psikologika.Vol28.Iss1.Art7

Stein, J.-P., Krause, E., & Ohler, P. (2021). Every (Insta)Gram Counts? Applying Cultivation Theory To Explore The Effects Of Instagram On Young Users’ Body Image. Psychology Of Popular Media, 10(1), 87–97. Https://Doi.Org/10.1037/Ppm0000268

Tasya Aulia Salsabila, Valentina Ratri Harnanda, Hary Kuswanto, Rini Sugiarti, & Fendy Suhariadi. (2024). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Body Image Pada Remaja. Journal Of Social And Economics Research, 6(1), 1445–1453. Https://Doi.Org/10.54783/Jser.V6i1.491

Tumakaka, S. M., Meizara, E., Dewi, P., & Hamid, H. (2022). Gambaran Ketidakpuasan Terhadap Bentuk Tubuh (Body Dissatisfaction) Pada Pengguna Instagram. Jurnal Psikologi Talenta Mahasiswa, 2(1), 11–24.

Vasist, N. A. A., & Amrutha Raju. (2024). Psychological Impact Of Social Media And E-Counseling On The Mental Health Of Adolescents. Mlac Journal For Arts, Commerce And Sciences (M-Jacs) Issn: 2584-1920, 2(3), 7–13. Https://Doi.Org/10.59415/Mjacs.V2i3.132

Weiss, A., Hirshberg, D., & Black, M. J. (2021). Home 3d Body Scans From Noisy Image And Range Data. 2011 International Conference On Computer Vision, 1951–1958.

Yulianti, I., & Sudrajat, R. H. (2021). Pengaruh Kredibilitas Endorser Bts Terhadap Keputusan Pembelian Situs Belanja Online Tokopedia. Eproceedings Of Management, 8(3).

Published

2025-06-24

How to Cite

Sianturi, W. P., & Siahaan, E. M. (2025). PENGARUH BODY IMAGE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF BELANJA ONLINE PADA MAHASISWA PERANTAU di KOTA MEDAN. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(3), 1547–1557. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1144

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.