HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PERILAKU PROSOSIAL SISWA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1634Keywords:
Emotional Intelligence, Prosocial Behavior, Empathy, Vocational School Students, Social Relationships.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kecenderungan siswa yang kurang peduli dalam membantu orang lain atau rendahnya perilaku prososial. Kondisi ini dapat terlihat masih enggannya siswa membantu temannya baik dalam belajar maupun kegiatan lainnya. Fenomena ini antara lain disebabkan oleh rendahnya kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan emosional siswa dan perilaku prososial siswa, dan mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan perilaku prososial siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Sampel penelitian berjumlah 134 siswa Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Kesehatan Duri yang dipilih dengan menggunakan teknik Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket kecerdasan emosional dan angket perilaku prososial. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan diuji dengan menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) rata-rata skor capaian kecerdasan emosional siswa mencapai 91,48 (76,84%) kebanyakan siswa memiliki kecerdasan emosional yang tinggi, (2) rata-rata skor capaian perilaku prososial siswa 114,39 (81,3%) kebanyakan siswa memiliki perilaku prososial yang tinggi, dan (3) terdapat hubungan yang positif signifikan antara kecerdasan emosional dengan perilaku prososial siswa SMKS Kesehatan Duri dengan korelasi sebesar 0,540
Downloads
References
Amalia, R., & Zahro, I. F. (2022). Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Siswa Kelas X OTKP SMKN Ngraho Bojonegoro. Al-Ihath: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(1), 58–71.
Amseke, F. V., & Panis, M. P. (2020). Peran Perkembangan Moral terhadap Perilaku Prososial Remaja. Psyche: Jurnal Psikologi Universitas Muhammadiyah Lampung, 2(2), 103–116.
Arbadiati, Catur, & Kurniati, T. (2007). Hubungan antara Kecerdasan Emosi dengan Kecenderungan Problem Focused Coping pada Sales. Jurnal Pesat, 2(2), 35–56.
Arifah, S. F., & Haryanto, H. C. (2018). Perilaku Prososial Remaja Pada Siswa SMA atau Sederajat yang Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler. INQUIRY: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(2), 125–140.
Bandura, A. (1977). Social learning theory. Prentice Hall.
Baron, R. A., & Byrne, D. (2005). Psikologi Sosial (R. Djuwita & M. M. Parman (eds.); 10 Jilid 2). Erlangga.
Eisenberg, & Mussen. (1989). The Roots of Prosocial Behavior in Children. Cambridge University Press.
Fradinata, S. A., Mudjiran, & Sukma, D. (2023). Keterampilan Dasar Konselor dalam Melakukan Konseling Individu. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 2(2), 119–128. https://doi.org/10.58540/jipsi.v2i2.238
Giawa, S., & Telaumbanua, A. (2023). Urgensi Kecerdasan Emosional dalam Menerapkan Model Pembelajaran Demokratis oleh Guru di Era Digital. TEVUNAH: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(1), 115–136.
Goleman, D. (2002). Kecerdasan Emosional Mengapa EI lebih penting daripada IQ (T. Hermaya (trans.)). Gramedia Pustaka Utama.
Goleman, D. (2016). Kecerdasan Emosional: Mengapa EI lebih penting daripada IQ. Gramedia Pustaka Utama.
Irsandef, A. B., Taufik, T., & Netrawati, N. (2018). Profile of emotional intelligence and spiritual intelligence of adolescents from divorced families. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(2), 84–95.
Istiana. (2018). Differences Youth Prosocial Behavior Viewed From Gender In Tanjung Rejo Medan Sunggal Istiana*. Jurnal Diversita, 4(1), 58–68.
Khadijah. (2020). PERKEMBANGAN JIWA KEAGAMAAN PADA REMAJA. Jurnal Al-Taujih, 6(1), 1–9.
Maghfiroh, R. L., & Suwanda, I. M. (2017). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Perilaku Prososial Siswa di SMP Negeri 2 Sidoarjo. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 05(01), 196–210.
Melka, F. D., Ahmad, R., Firman, Syukur, Y., Sukmawati, I., & Handayani, P. G. (2018). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Penerimaan Teman Sebaya serta Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Neo Konseling, 1–7. https://doi.org/10.24036/XXXXXXXXXX-X-XX
Mulyawati, Y., Marini, A., & Nafiah, M. (2021). Pengaruh Empati Terhadap Perilaku Prososial Peserta Didik Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 150–160.
Neli, U. S., & Sukmawati, I. (2019). Altruistic Behavior of Students in SMA N 1 Kampung Dalam Padang Pariaman Regency and The Implication in Guidance and Counseling. Jurnal Neo Konseling, 1(4).
Prayitno. (2008). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. In Jakarta: Rineka Cipta.
Putri, A. A. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Perilaku Prososial Siswa. Jurnal Counseling Care, 4(1), 54–60.
Ramadhani, A. M., & Taufik, T. (2024). Hubungan Self Awareness Dengan Bystander Effect Siswa SMA Negeri 7 Sijunjung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 2321–2331.
Riduwan. (2009). Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Alfabeta.
Sarwono, S. W. (2013). Psikologi Remaja. Raja Grafindo Persada.
Tanjung, R. F., Neviyarni, N., & Firman, F. (2018). Layanan Informasi dalam Peningkatan Keterampilan Belajar Mahasiswa STKIP PGRI Sumatera Barat. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 155–164. https://doi.org/10.30870/jpbk.v3i2.3937
Taylor, S. E., Peplau, L. A., & Sears, D. O. (2009). Psikologi Sosial (T. Wibowo (trans.)). Kencana.
Utari, A. R. T., & Rustika, I. M. (2020). Konsep Diri dan Kecerdasan Emosional terhadap Perilaku Prososial Remaja Sekolah Menengah Atas. Jurnal Studia Insania, 8(2), 80–98. https://doi.org/10.18592/jsi.v8i2.3852
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten