PENGARUH LANGSUNG ADVERSITY QUOTIENT, DISPOSISI MATEMATIKA, DAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1165Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh langsung Adversity Quotient terhadap Kemampuan Berpikir Kritis 2) pengaruh langsung Disposisi Matematika terhadap kemampuan berpikir kritis, 3) pengaruh langsung kemampuan koneksi matematika terhadap Kemampuan berpikir kritis, dan 4) pengaruh secara simultan adversity quotient, disposisi matematika, dan kemampuan koneksi matematika terhadap kemampuan berpikir kritis. Jenis penelitian adalah expost de facto dengan teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket untuk adversity quotient dan disposisi matematika serta tes untuk kemampuan koneksi matematika dan kemampuan berpikir kritis. Populasi penelitian ini adalah 301 siswa kelas VII SMPN 4 Kota Bengkulu, 150 siswa kelas VII SMPN 12 Kota Bengkulu dan 18 siswa kelas VII SMP Pelita Kasih dengan sampel penelitian yaitu 75 siswa SMPN 04 Kota Bengkulu, 62 siswa SMPN 12 Kota Bengkulu, dan 18 siswa SMP Pelita Kasih. Berdasarkan hasil uji analisis jalur diperoleh hasil yaitu 1) Adversity Quotient berpengaruh langsung terhadap kemampuan berpikir kritis dengan dengan koefisien jalur 0,180 . 2) Disposisi matematika berpengaruh langsung terhadap kemampuan berpikir kritis dengan koefisien jalur sebesar 0,184. 3) Kemampuan koneksi matematika berpengaruh langsung terhadap kemampuan berpikir kritis dengan koefisien jalur sebesar 0,394. 4) Adversity Quotient, Disposisi matematika, dan Kemampuan koneksi matematika berpengaruh secara simultan terhadap kemampuan berpikir kritis sebesar 0,329.
Downloads
References
Astutik, S. P. (2018). Kontribusi Kemampuan Koneksi, Kemampuan Representasi dan Kemampuan Metakognisi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Bailin, S. (2002). Critical Thinking and Science Education. Science and Education. Science and Education, 11(4), 361–375. https://doi.org/10.1023/A:1016042608621
Haji, S. (2011). Masalah-Masalah dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah saat ini dan Penyelesaiannya. Seminar Nasional Pendidikan Matematika.
Haji, S. (2012). The Influence of Realistic Mathematics Education Toward Students’ Ability in Performing Counting Operation in Elementary School. SAINSAB: Journal Penang Malaysia, 47–57.
Haji, S., Abdullah, M. I., Maizora, S., & Yumiati, Y. (2017). DEVELOPING STUDENTS’ ABILITY OF MATHEMATICAL CONNECTION THROUGH USING OUTDOOR MATHEMATICS LEARNING. Infinity Journal, 6(1), 11. https://doi.org/10.22460/infinity.v6i1.234
Haji, S., Sari, W. P., Zamzaili, & Yumiati. (2021). The Impact of an Exploratory Approach in Teaching Mathematics to the Critical Thinking Skills of Junior High School Students. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210227.071
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skill dan Soft Skill Matematik Siswa . Refika Aditama.
Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2019). Penilaian Pembelajaran Matematika. Refika Aditama.
Hi Abdullah. (2013). Berpikir Kritis Matematik. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika.
Hidayat, W., & Sari, V. T. A. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP. Jurnal Elemen, 5(2), 242. https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.1454
Huda, N., & Damar, D. (2021). Asosiasi Adversity Quotient dengan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Jenjang SMP. Journal of Instructional Mathematics, 2(1), 10–20. https://doi.org/10.37640/jim.v2i1.892
Jakni. (2016). Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Alfabeta.
Karim, K., & Normaya, N. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.634
Kumalasari, D. (2013). Hubungan Kecerdasan Adversity dengan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tempel. Universitas Negeri Yogyakarta.
Kusmaryono, I., Suyitno, H., Dwijanto, D., & Dwidayati, N. (2019). The Effect of Mathematical Disposition on Mathematical Power Formation: Review of Dispositional Mental Functions. International Journal of Instruction, 12(1), 343–356. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12123a
Miatun, A., & Khusna, H. (2020). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS BERDASARKAN DISPOSISI MATEMATIS. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2). https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2703
Natasya, S. W. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Berdasarkan Dimensi Disposisi Matematis. Universitas Pendidikan Indonesia.
Niky Amanah, L. (2017). PENGARUH ADVERSITY QUOTIENT (AQ) DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. Perspektif Ilmu Pendidikan, 28(1), 55. https://doi.org/10.21009/PIP.281.7
Potts, B. (1994). Strategies for Teaching Critical Thinking. Practical Assessment, Research, and Evaluation, 4, 3. https://doi.org/10.7275/hdhj-fc81
Rahayu, I. F. (2018). Hubungan Antara Adversity Quotient dengan Motivasi Berprestasi Dimoderatori Jenis Kelamin pada Siswa SMP Negeri 1 Tekung Lumajang. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Rahayu, N., & Alyani, F. (2020). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 121. https://doi.org/10.31000/prima.v4i2.2668
Ramadhan, S. M., & Heryadi, R. (2021). Karakteristik, Keterampilan, Kompetensi Pembelajaran dan Peran Guru di Abad 21. Proceeding Studium Generale .
Sappaile, B. I. (2010). KONSEP PENELITIAN EX-POST FACTO. https://www.researchgate.net/publication/338630818
Sekretariat GTK. (2019). High Order Thinking Skills Bekal Bersaing di Abad 21.
Stolz, P. G. (2018). Adversity Quotient. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Susilo, B. E., Darhim, D., & Prabawanto, S. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Berdasarkan Disposisi Matematis dalam Pembelajaran Mathematical Problem Posing. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 634–641. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten