PENGARUH LANGSUNG LOGIC MATHEMATIC INTELLIGENCE, DISPOSISI MATEMATIKA DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1167Keywords:
Logical, Mathematical Intelligence, Mathematics, Critical Thinking AbilityAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung dari logic mathematic intelligence, disposisi matematika dan pemahaman konsep matematika terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost de facto. Populasi penelitian terdiri atas tiga sekolah di Kota Bengkulu yakni SMPN 04 Kota Bengkulu, SMPN 12 Kota Bengkulu, SMP Pelita Kasih. Sampel penelitian 154 peserta didik. Teknik pengambilan sampel adalah teknik random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dan non-tes dengan instrumen lembar angket dan tes soal. Hasil penelitian yang diperoleh yakni terdapat pengaruh 1) logic mathematic intelligence terhadap kemampuan berpikir kritis dengan nilai koefisien jalur 0,270, 2) disposisi matematika terhadap kemampuan berpikir kritis dengan nilai koefisien jalur 0,135, 3) pemahaman konsep matematika terhadap kemampuan berpikir kritis dengan nilai koefisien jalur , 4) logic mathematic intelligence, disposisi matematika, pemahaman konsep matematika berpengaruh secara simultan terhadap kemampuan berpikir kritis sebesar 0,434 atau 43,4%. Sehingga diperlukan upaya untuk melakukan inovasi dalam proses pembelajaran yang mampu memunculkan dan meningkatkan keempat variabel tersebut.
Downloads
References
Asis, M., Arsyad, N., & Alimuddin. (2015). Profil Kemampuan Spasial Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Siswa Yang Memiliki Kecerdasan Logis Matematis Tinggi Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Daya Matematis, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.26858/jds.v3i1.1320
Belanisa, S. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Berfikir Kritis terhadap Pemahaman Konsep Matematika ( Survei Pada Mts Swasta di Kota Tangerang Selatan ). Jurnal Pendidikan MIPA, 2(1), 73–79.
Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. www.cvalfabeta.com
Elza Nora Yuliani, Z. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Viii Smpn 1 Kuok Melalui Model Pembelajaran. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 91–100.
F.A, A. N., Asfar, A. M. I. T., Akbar, A. M. I., Asfar, & Syaifullah, A. (2021). Improving Students’ Mathematical Logical Intelligence Through the Online-Based Integration of Local Wisdom of Sulapa Eppa Walasuji. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 283–294. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/134/124
Facione, P. a. (2013). Critical Thinking : What It Is and Why It Counts. Calofornia Academic Press. https://www.insightassessment.com/CT-Resources/Teaching-For-and-About-Critical-Thinking/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts-PDF
Haji, S. (2014). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA CONCEPT-RICH Oleh: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/7188
Haji, S., & Yumiati. (2021). Penguasaan Guru dan Calon Guru Matematika Terhadap Konsep Persamaan Kuadrat. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 06(01), 88–98. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr88
Hartanti, N. (2019). Pengaruh Disposisi Matematis Dan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA, 2(3), 267–274.
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa (N. F. Atif (ed.)). PT. Refika Aditama.
Irka. (2021). ANALISIS HUBUNGAN PEMAHAMAN KONSEP DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA POKOK BAHASAN MATRIKS SISWA SMA KELAS XI DI KECAMATAN TEBING TINGGI. Universitas Sriwijya.
Istiqomah, Sugiarti, & Wijaya, M. (2019). Perbandingan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning dan direct instruction. Chemistry Education Review, 3(1), 1–23.
Malatjie, F., & Machaba, F. (2019). Exploring mathematics learners’ conceptual understanding of coordinates and transformation geometry through concept mapping. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 15(12), 1–16. https://doi.org/10.29333/EJMSTE/110784
Monrat, N., Phaksunchai, M., & Chonchaiya, R. (2022). Developing Students’ Mathematical Critical Thinking Skills Using Open-Ended Questions and Activities Based on Student Learning Preferences. Education Research International, 2022(2015). https://doi.org/10.1155/2022/3300363
Mutohar, A. (2016). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 PANDANARUM PADA MATERI KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN.
Neneng, A. (2015). KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN DISPOSISI MATEMATIKA. Dialektika P. Matematika, 2(2), 50–59. https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/105
Sa’adah, S., & Zanthy, L. S. (2019). Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa SMP. Journal on Education, 1(3), 405–410. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v1i3.181
Sarwono, J. (2011). Mengenal Path Analysis. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 11(2), 285–296.
Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika Di Indonesia. Depdikbud Dirjen Dikt.
Usman, & Zharvan, V. (2022). HUBUNGAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DENGAN KEMAMPUAN MENGINTERPRETASI GRAFIK KINEMATIKA. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika (JSPF), 1, 22–30. http://ojs.unm.ac.id/jsdpf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten