PENGARUH LANGSUNG LOGIC MATHEMATIC INTELLIGENCE, DISPOSISI MATEMATIKA DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Authors

  • Geza Dwi Putri Universitas Bengkulu, Indonesia
  • Saleh Haji Universitas Bengkulu, Indonesia
  • Hari Sumardi Universitas Bengkulu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1167

Keywords:

Logical, Mathematical Intelligence, Mathematics, Critical Thinking Ability

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung dari logic mathematic intelligence, disposisi matematika dan pemahaman konsep matematika terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost de facto. Populasi penelitian terdiri atas tiga sekolah di Kota Bengkulu yakni SMPN 04 Kota Bengkulu, SMPN 12 Kota Bengkulu, SMP Pelita Kasih. Sampel penelitian 154 peserta didik. Teknik pengambilan sampel adalah teknik random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dan non-tes dengan instrumen lembar angket dan tes soal. Hasil penelitian yang diperoleh yakni terdapat pengaruh 1) logic mathematic intelligence terhadap kemampuan berpikir kritis dengan nilai koefisien jalur 0,270, 2) disposisi matematika terhadap kemampuan berpikir kritis dengan nilai koefisien jalur 0,135, 3) pemahaman konsep matematika terhadap kemampuan berpikir kritis dengan nilai koefisien jalur , 4) logic mathematic intelligence, disposisi matematika, pemahaman konsep matematika berpengaruh secara simultan terhadap kemampuan berpikir kritis sebesar 0,434 atau 43,4%. Sehingga diperlukan upaya untuk melakukan inovasi dalam proses pembelajaran yang mampu memunculkan dan meningkatkan keempat variabel tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract viewed = 186 times

References

Asis, M., Arsyad, N., & Alimuddin. (2015). Profil Kemampuan Spasial Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Siswa Yang Memiliki Kecerdasan Logis Matematis Tinggi Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Daya Matematis, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.26858/jds.v3i1.1320

Belanisa, S. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Berfikir Kritis terhadap Pemahaman Konsep Matematika ( Survei Pada Mts Swasta di Kota Tangerang Selatan ). Jurnal Pendidikan MIPA, 2(1), 73–79.

Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. www.cvalfabeta.com

Elza Nora Yuliani, Z. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Viii Smpn 1 Kuok Melalui Model Pembelajaran. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 91–100.

F.A, A. N., Asfar, A. M. I. T., Akbar, A. M. I., Asfar, & Syaifullah, A. (2021). Improving Students’ Mathematical Logical Intelligence Through the Online-Based Integration of Local Wisdom of Sulapa Eppa Walasuji. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 283–294. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/134/124

Facione, P. a. (2013). Critical Thinking : What It Is and Why It Counts. Calofornia Academic Press. https://www.insightassessment.com/CT-Resources/Teaching-For-and-About-Critical-Thinking/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts-PDF

Haji, S. (2014). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA CONCEPT-RICH Oleh: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/7188

Haji, S., & Yumiati. (2021). Penguasaan Guru dan Calon Guru Matematika Terhadap Konsep Persamaan Kuadrat. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 06(01), 88–98. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr88

Hartanti, N. (2019). Pengaruh Disposisi Matematis Dan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA, 2(3), 267–274.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa (N. F. Atif (ed.)). PT. Refika Aditama.

Irka. (2021). ANALISIS HUBUNGAN PEMAHAMAN KONSEP DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA POKOK BAHASAN MATRIKS SISWA SMA KELAS XI DI KECAMATAN TEBING TINGGI. Universitas Sriwijya.

Istiqomah, Sugiarti, & Wijaya, M. (2019). Perbandingan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning dan direct instruction. Chemistry Education Review, 3(1), 1–23.

Malatjie, F., & Machaba, F. (2019). Exploring mathematics learners’ conceptual understanding of coordinates and transformation geometry through concept mapping. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 15(12), 1–16. https://doi.org/10.29333/EJMSTE/110784

Monrat, N., Phaksunchai, M., & Chonchaiya, R. (2022). Developing Students’ Mathematical Critical Thinking Skills Using Open-Ended Questions and Activities Based on Student Learning Preferences. Education Research International, 2022(2015). https://doi.org/10.1155/2022/3300363

Mutohar, A. (2016). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 PANDANARUM PADA MATERI KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN.

Neneng, A. (2015). KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN DISPOSISI MATEMATIKA. Dialektika P. Matematika, 2(2), 50–59. https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/105

Sa’adah, S., & Zanthy, L. S. (2019). Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa SMP. Journal on Education, 1(3), 405–410. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v1i3.181

Sarwono, J. (2011). Mengenal Path Analysis. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 11(2), 285–296.

Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika Di Indonesia. Depdikbud Dirjen Dikt.

Usman, & Zharvan, V. (2022). HUBUNGAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DENGAN KEMAMPUAN MENGINTERPRETASI GRAFIK KINEMATIKA. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika (JSPF), 1, 22–30. http://ojs.unm.ac.id/jsdpf

Published

2023-12-12

How to Cite

Dwi Putri, G., Haji, S. ., & Sumardi, H. . (2023). PENGARUH LANGSUNG LOGIC MATHEMATIC INTELLIGENCE, DISPOSISI MATEMATIKA DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 825–832. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1167

Issue

Section

Articles