PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK KELAS V MATERI ORGAN PERNAPASAN PADA MANUSIA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.1260Keywords:
HOTS, Video pembelajaran interaktif, Organ pernapasan, R&DAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa video pembelajaran interaktif berbasis masalah yang bisa digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik sekolah dasar dengan materi organ pernapasan pada manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Mangga Besar 07 Pagi sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuisioner, dan tes. Uji validitas produk dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Sedangkan uji kelayakan dan kepraktisan produk dilakukan melalui respon peserta didik dan guru. Kemudian uji efektivitas produk dilakukan melalui pre-test dan post-test yang kemudian dianalisis dengan penghitungan N-Gain untuk melihat peningkatan yang terjadi. Hasil penelitian ini adalah: (1) video pembelajaran interaktif berbasis masalah dikembangkan menggunakan aplikasi canva pada fitur canva talking presentation; (2) hasil uji validitas ahli media sebesar 95% dengan kriteria sangat valid, hasil uji validitas ahli materi sebesar 80% dengan kategori sangat valid, hasil uji validitas ahli Bahasa sebesar 91% dengan kriteria sangat valid; (3) uji kelayakan video melalui respon peserta didik sebesar 90,96% sedangkan respon guru sebesar 96%; (4) uji kepraktisan melalui respon peserta didik sebesar 91,09% dan respon guru sebesar 92%; (5) hasil uji N-Gain diperoleh nilai sebesar 0,743 dan hasil Uji-T sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa video pembelajaran interaktif berbasis masalah ini efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik.
Downloads
References
Agustin, N. K. T. J., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Tps Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar IPA. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2), 239–249.
Aliyah, A. A., & Purwanto, S. E. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Powtoon Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Perkalian Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 921. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.946
Amelia, C., & Manurung, A. S. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Audiovisual Powtoon terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3), 4346–4355. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2848
Arrum, A. H., Pertiwi, C. K., Nurhanifa, R., Putri, H. E., & Rahayu, P. (2021). Pengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SD. Renjana Pendidikan: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2(1), 1478–1486. http://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk/article/view/2126
Barbara, N. K. R., & Bayu, G. W. (2022). Powtoon-Based Animated Videos as Learning Media for Science Content for Grade IV Elementary School. International Journal of Elementary Education, 6(1), 29–37. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ijee.v5i4.39821
Condrosari, G. Y. (2017). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media audio visual anak usia 5-6 tahun di tk pkk bener kecamatan tegalrejo. Pendidikan Guru PAUD S-1, 6(4), 376–389.
Delima, F., & Senjayawati, E. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI HIMPUNAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPEN ENDED BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN SISWA SMP KELAS VII. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(4), 1095–1102. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.10713
Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasi Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 104–113.
Irdalisa, I., Elvianasti, M., Maesaroh, M., Yarza, H. N., & Fuadi, T. M. (2021). Improving Student’s Curiosity by ICT-Assisted Guided Inquiry Models. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(1), 156–163. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.402
Isnaeni, R., & Radia, E. H. (2021). Meta-Analisis Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(2), 304–313. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.281
Khairani, M., Sutisna, S., & Suyanto, S. (2019). STUDI META-ANALISIS PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. JURNAL BIOLOKUS, 2(1), 158. https://doi.org/10.30821/biolokus.v2i1.442
Mayarni, M., Hadawiyah, W., Irdalisa, I., & Nisa, R. A. (2021). Keterampilan Berpikir Kreatif Biologi Siswa Kelas X Melalui Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Google Sains (Audiovisual). Reflection Journal, 1(2), 52–62. https://doi.org/10.36312/rj.v1i2.646
Mulyasari, D. W., Abdussakir, A., & Rosikhoh, D. (2021). Efektivitas Pembelajaran Etnomatematika “Permainan Engklek” Terhadap Pemahaman Konsep Geometri Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tadris Matematika, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.21274/jtm.2021.4.1.1-14
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan, 3(2), 64–72.
Pratama, G. A. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CRH BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUALTERHADAP HASIL BELAJAR IPS. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(1), 52–63. https://doi.org/10.23887/jlls.v1i1.14628
Rijal, F. (2018). PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI RUKUN IMAN PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 49 KOTA BANDA ACEH. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 7(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v7i1.3321
Risky, S. M. (2019). Analisis Penggunaan Media Video pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 28(2), 73–79. https://doi.org/10.17977/um009v28i22019p073
Rochmania, D. D., & Restian, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Belajar Video Animasi terhadap Proses Berfikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Vol, 6(3).
Sari, D. A., Ramadi, R., & Ragil, V. P. P. (2021). Pengaruh Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas 1A SD Negeri Gandaria Utara 03. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1).
Sari, I. Y., & Manurung, A. S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Powtoon Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas III SDN Gudang Tigaraksa. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(3), 1015–1024. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v2i3.809
Selamet, I. K. (2020). Penggunaan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SD Inpres Tumpu Jaya I. Jurnal Paedagogy, 7(2), 121–125. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jp.v7i2.2505
Subakti, D. P., Marzal, J., & Hsb, M. H. E. (2021). Pengembangan E-LKPD Berkarakteristik Budaya Jambi Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1249–1264. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.629
Sunami, M. A., & Aslam, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1940–1945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129
Syupriyanti, L., Firman, F., & Neviyarni, N. (2019). PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL INTERAKTIF MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA SD. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 1(3), 237–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.54
Thesalonika, E., & Arent, E. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Aplikasi Canva Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPS. Jurnal Simki Pedagogia, 6(1), 215–222. https://doi.org/10.29407/jsp.v6i1.240
Ulum, B. (2018). ETNOMATEMATIKA PASURUAN: EKSPLORASI GEOMETRI UNTUK SEKOLAH DASAR PADA MOTIF BATIK PASEDAHAN SUROPATI. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(2), 686. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n2.p686-696
Wulandari, S., & Fitria Rahma, I. (2021). Efektivitas media video kine master terhadap hasil belajar matematika siswa secara daring. Jurnal Analisa, 7(1), 33–45. https://doi.org/10.15575/ja.v7i1.11956
Yendrita, Y., & Syafitri, Y. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Biologi. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 2(1), 26–32. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v2i1.620
Yolanda, S. B., Mahardika, I. K., & Wicaksono, I. (2021). PENGGUNAAN MEDIA VIDEO SPARKOL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2), 189. https://doi.org/10.24127/jpf.v9i2.3780
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten