PENGARUH MODEL KOOPERATIF LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.1396Keywords:
Model, Kooperatif Learning, Keterampilan Proses, SainsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Kooperatif Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Sma Negeri 1 Pematangsiantar T.A 2024 – 2025. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest control group design, yang merupakan bagian dari metode kuasi-eksperimen Sampel dalam penelitian ini akan diambil dari populasi yang telah disebutkan di atas. Sampel yang digunakan adalah dua kelas dari tiga kelas yang ada di kelas XI IPA. Hasil analisis Paired Samples t-Test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest pada ketrampilan proses sains di kelas kontrol dan eksperimen. Rata-rata selisih antara skor pretest dan posttest adalah 7,846, yang berarti skor posttest cenderung lebih tinggi dibandingkan skor pretest dengan selisih rata-rata sebesar 0,802. Penyebaran data selisih ini, yang diukur melalui deviasi standar, relatif kecil, yakni sebesar 0,484, sehingga hasilnya cukup konsisten di antara sampel. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan secara statistik dalam ketrampilan proses sains siswa setelah perlakuan atau intervensi diberikan. Peningkatan ini menunjukkan bahwa perlakuan yang diterapkan efektif dalam meningkatkan ketrampilan siswa.
Downloads
References
Alfajri, M., Edidas, E., & Thamrin, T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Menerapkan Dasar-Dasar Kelistrikan. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(3), 249. Https://Doi.Org/10.24036/Voteteknika.V7i3.105688
Alfiani, S. N. (2021). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 43–49. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jppp.V5i1.31623
Anwar, Y., Ananda, A., Montessori, M., & Khairani, K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dengan Pendekatan Savi Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ppkn. Jurnal Basicedu, 6(4), 7433–7445. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3355
Apriani, T., & Rahayu, P. Y. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran Ipa Terpadu, 2(2), 44–51. Https://Doi.Org/10.54065/Pelita.2.2.2022.100
Asmedy, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan Pkm Bidang Ilmu Pendidikan), 2(2), 108–113. Https://Doi.Org/10.54371/Ainj.V2i2.41
Darmiyanti, K. R., Astra, I. K. B., & Satyawan, I. M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Sepak Sila Dalam Permainan Sepak Takraw. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(3), 136. Https://Doi.Org/10.23887/Jiku.V8i3.29826
Fauziyah, N. E. H., & Anugraheni, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Tgt (Teams Games Tournament) Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 850–860. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V4i4.459
Firman, F., Nurmiati, N., & Nurfitrayani, N. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (Tgt) Berbantuan Media Kokami Terhadap Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal Of Educational Science (Ijes), 2(1), 57–63. Https://Doi.Org/10.31605/Ijes.V2i1.529
Hadi, A., Nasaruddin, N., & Husniati, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Kelas V Sdn 4 Pringgabaya Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 1(2), 124–133. Https://Doi.Org/10.29303/Pendas.V1i2.64
Hardiana, L. (2022). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament Dengan Permainan Kapal Perang Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jp3m (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 8(1), 1–8. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37058/Jp3m.V8i1.4195
Herlina, M., Sulaiman, E., & Widiastuti, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Dengan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Di Sman 5 Bengkulu Utara. Jurnal Ipa Terpadu, 3(1). Https://Doi.Org/10.35580/Ipaterpadu.V3i1.11167
Ihsan, I., Eddy, A., Syafruddin, S., & Nila, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas Iv Di Sdn Inpres Sangiang Wera. Jupe: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(1). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.36312/Jupe.V7i1.3192
Jamilah, J., Sartika, R. P., & Ulfah, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Atom Dan Partikel Penyusunnya. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 10(1), 48–56. Https://Doi.Org/10.31571/Saintek.V10i1.2465
Laia, K., & Harefa, Y. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Lauru: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 1(1), 8–12. Https://Doi.Org/10.56207/Lauru.V1i1.10
Mansurah, R., Wahyuningsih, S., Insani, N., & Syaharuddin, S. (2021). Meta-Analisis: Model Kooperatif Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 97–102. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31764/Elementary.V4i2.5209
Mukminah, M., Fitriani, E., Mahsup, M., & Syaharuddin, S. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(2), 1. Https://Doi.Org/10.31764/Justek.V2i2.3533
Ngailo, D. W., Muliadi, A., Adawiyah, S. R., Samsuri, T., & Armansyah, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Keterampilan Sosial Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Empiricism Journal, 2(1), 19–28. Https://Doi.Org/10.36312/Ej.V2i1.583
Nurhasanah, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V Sdn 2 Purwawinangun Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 5(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.25134/Pedagogi.V5i1.1587
Pour, A. N., Herayanti, L., & Sukroyanti, B. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 36. Https://Doi.Org/10.36312/E-Saintika.V2i1.111
Saihu, S. (2020). The Effect Of Using Talking Stick Learning Model On Student Learning Outcomes In Islamic Primary School Of Jamiatul Khair, Ciledug Tangerang. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 6(01), 61–68.
Sari, A., & Azmi, M. P. (2018). Penerapan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (Tsts) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 164–171. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V2i1.42
Seran, E. B., Ladyawati, E., & Susilohadi, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 115–120. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36456/Buanamatematika.V8i2:.1749
Sihite, A. M. L., Surahman, M., & Sugiman, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(15).
Simanjuntak, H. (2021). Perbandingan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Talking Stick Dengan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ips, 2(1), 36–41.
Simaremare, J. A., & Purba, N. A. (2021). Teacher’s Competence: Applying The Problem-Based Learning Model Through Academic Supervision. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.46966/Ijae.V2i4.203
Sizi, Y., Bare, Y., & Galis, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Smp Kelas Viii. Spizaetus: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 2(1), 39. Https://Doi.Org/10.55241/Spibio.V2i1.30
Sunbanu, H. F., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2037–2041. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V3i4.260
Tefa, P. I., Bulu, V. R., & Nitte, Y. M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Pada Siswa Kelas Iii Sdi Bakunase 1 Kupang. Spasi: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar, 1(1), 13–28.
Ulfia, T., & Irwandani, I. (2019). Model Pembelajaran Kooperative Tipe Teams Games Tournament (Tgt): Pengaruhnya Terhadap Pemahaman Konsep. Indonesian Journal Of Science And Mathematics Education, 2(1), 140–149. Https://Doi.Org/10.24042/Ijsme.V2i1.4220
Zulfira, V., Anggereini, E., & Sadikin, A. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di Sma Negeri 1 Batang Hari. Biodik, 5(3), 273–285. Https://Doi.Org/10.22437/Bio.V5i3.8418
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten