MEDIA ANIMASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI KELAS VII-3

Authors

  • Immanuel D. B. Silitonga Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Nancy Angelia Purba Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Stefani Rahel A. Yolanda Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1470

Keywords:

Media Animasi, Kearifan Lokal, Keterampilan Menulis, Narasi

Abstract

Terlihat minat serta kemampuan menulis siswa kelas VII-3 UPTD SMP Negeri 6 Pematangsiantar kurang dan tergolong rendah daripada keterampilan lainnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di UPTD SMP Negeri 6 Pematangsiantar. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-3 yang berjumlah 33 siswa. Topik penelitian ini berkaitan dengan keterampilan menulis. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yang meliputi empat tahapan dalam setiap siklusnya: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan Media Animasi Berbasis Kearifan Lokal dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas VII-3 UPTD SMP Negeri 6 Pematangsiantar. (2) Peningkatan tersebut dilihat dari kualitas proses pembelajaran antara lain, keaktifan siswa, perhatian dan peningkatan hasil serta minat siswa terhadap proses pembelajaran. Peningkatan tersebut terlihat jelas pada skor rata-rata keterampilan menulis teks narasi dari pratindakan hingga siklus II. Pada tahap pratindakan nilai siswa belum mencapai KKM yakni rata-rata nilai memcapai 44%, pada siklus I rata-rata nilai mencapai 57%, dan pada siklus II rata-rata nilai mencapai 87% sehingga meningkat sebesar 30%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Immanuel D. B. Silitonga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Nancy Angelia Purba, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Stefani Rahel A. Yolanda, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

References

Amelia, C., & Manurung, A. S. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Audiovisual Powtoon Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4346–4355. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i3.2848

Arikarani, Y., & Amirudin, M. F. (2021). Pemanfaatan Media Dan Teknologi Digital Dalam Mengatasi Masalah Pembelajaran Dimasa Pandemi. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 4(1), 93–116. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37092/Ej.V4i1.296

Audhiha, M., Febliza, A., Afdal, Z., Mz, Z. A., & Risnawati, R. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Animate Cc Pada Materi Bangun Ruang Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 1086–1097. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i1.2170

Bedenlier, S., Kondakci, Y., & Zawacki-Richter, O. (2018). Two Decades Of Research Into The Internationalization Of Higher Education: Major Themes In The Journal Of Studies In International Education (1997-2016). Journal Of Studies In International Education, 22(2), 108–135.

Behnamnia, N., Kamsin, A., & Ismail, M. A. B. (2020). The Landscape Of Research On The Use Of Digital Game-Based Learning Apps To Nurture Creativity Among Young Children: A Review. Thinking Skills And Creativity, 37, 100666. Https://Doi.Org/10.1016/J.Tsc.2020.100666

Bhatti, Z., Abro, A., Gillal, A. R., & Karbasi, M. (2018). Be-Educated: Multimedia Learning Through 3d Animation. Arxiv Preprint Arxiv:1802.06852. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.48550/Arxiv.1802.06852

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa Sma Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Iq (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. Https://Doi.Org/10.37542/Iq.V3i01.57

Daniati, N., Hendaningrum, M., & Kusmana, A. (2022). Dental Explosion Box 3d On Knowledge Of Dental And Oral Health Student’s. The Incisor (Indonesian Journal Of Care’s In Oral Health), 6(2), 304–313.

Faiz, A., & Soleh, B. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Jinop (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1), 68–77. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.22219/Jinop.V7i1.14250

Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasi Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 104–113.

Hasrar, H., Dalle, A., & Usman, M. (2018). Hubungan Penguasaan Kosakata Dengan Keterampilan Menulis Karangan Deskriptif Bahasa Jerman Siswa. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 2(2), 32–40. Http://Eprints.Unm.Ac.Id/Id/Eprint/20765

Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. (2019). Literasi Baca Tulis Dan Inovasi Kurikulum Bahasa. Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 108–118. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.22219/Kembara.V5i1.7842

Kurniawan, S. A., & Asman, A. (2019). Cerita Rakyat Sebagai Fragmentaris Sastra Anak Dan Kesesuaiannya Dengan Perkembangan Anak. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia (Senasbasa), 3(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.22219/.V3i2.3266

Mardati, A. (2021). Media Digital Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis 41 Utp Surakarta, 1(01), 172–178. Https://Doi.Org/10.36728/Semnasutp.V1i01.25

Nainggolan, E. R., Asymar, H. H., Nalendra, A. R. A., Anton, Sulaeman, F., Sidik, Radiyah, U., & Susafarati. (2018). The Implementation Of Augmented Reality As Learning Media In Introducing Animals For Early Childhood Education. 2018 6th International Conference On Cyber And It Service Management (Citsm), 1–6. Https://Doi.Org/10.1109/Citsm.2018.8674350

Novera, R. D., Sukasno, S., & Sofiarini, A. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Powtoon Menggunakan Konsep Etnomatematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7161–7173.

Prima Rias Wana. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Teka-Teki Silang (Tts) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ips Kelas V. Jurnal Pendidikan Modern, 6(2), 100–107. Https://Doi.Org/10.37471/Jpm.V6i2.207

Rahayu, D. D., Sakdiyah, S. H., & Chrisyarani, D. D. (2022). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Adobe Animate Cc Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas Iv. Sistem-Among : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 1–9. Https://Doi.Org/10.56393/Sistemamong.V2i1.354

Ramdani, E. (2018). Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 1–10. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24114/Jupiis.V10i1.8264.G9053

Rasmitadila, R., Aliyyah, R. R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Syaodih, E., Nurtanto, M., & Tambunan, A. R. S. (2020). The Perceptions Of Primary School Teachers Of Online Learning During The Covid-19 Pandemic Period. Journal Of Ethnic And Cultural Studies, 7(2), 90–109. Https://Www.Jstor.Org/Stable/48710085

Riskah, R. (2024). Penerapan Media Mysterious Card Box Dalam Pembelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Mipa Sma Negeri 7 Bone: Application Of Mysterious Card Box Media In Biology Learning To Improve Learning Outcomes For Class X Mipa Students At Sm. Begibung: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(1), 416–423.

Risky, S. M. (2019). Analisis Penggunaan Media Video Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 28(2), 73–79. Https://Doi.Org/10.17977/Um009v28i22019p073

Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 230–237. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.26740/Jrpd.V6n3.P230-237

Sari, D. A., Ramadi, R., & Ragil, V. P. P. (2021). Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas 1a Sd Negeri Gandaria Utara 03. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Lppm Umj, 1(1).

Shofiyani, A., Hidayah, N., Barry, M. Y. F., Al-Ghozali, D. H., Azizah, H., Herlina, N., Nur, Z. F. F., Romadhon, M., & Muslimin, M. (2024). Upaya Pengenalan Media Pembelajaran Ular Tangga 3d. Al-Tafani: Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 51–58.

Sibarani, R., & Sinulingga, J. (2022). Rekonstruksi Cerita Rakyat Geosite Geopark Toba Humbang Hasundutan Tapanuli Utara: Kajian Tradisi Lisan. Jurnal Basataka (Jbt), 5(2), 220–230. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36277/Basataka.V5i2.183

Simanjuntak, T. A., & Purba, L. (2022). Efektivitas Aplikasi Pembelajaran Digital Terhadap Hasil Belajar Schriftlicher Ausdruck Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jerman. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2324–2330. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i2.2487

Suardana, I. P. O. (2023). Restorasi Dan Dokumentasi Cerita Lisan Sebagai Bahan Literasi Berbasis Kearifan Lokal Di Desa Kedisan, Kintamani. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 6(1), 64–67. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31764/Elementary.V6i1.11137

Utami, I. S., & Nurlaili, L. (2022). Optimalisasi Peran Sekolah Dengan Analisis Interaktif Bagi Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 7(1), 32–43. Https://Doi.Org/. Https://Doi.Org/10.21067/Jmk.V7i1.6464

Wulandari, K. A. D., Primasatya, N., & Zaman, W. I. (2021). Pengembangan Multimedia Berbasis Adobe Animate Untuk Meningkatkan Pemahaman Pada Materi Volume Bangun Ruang Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9963–9972. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jptam.V5i3.2562

Yenni, Y., Syamswisna, S., & Marlina, R. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sel Kelas Xi Mia Sma. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(9). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.26418/Jppk.V7i9.27915

Published

2025-04-28

How to Cite

Silitonga, I. D. B. ., Purba, N. A. ., & A. Yolanda, S. R. . (2025). MEDIA ANIMASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI KELAS VII-3 . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(3), 854–863. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1470

Similar Articles

<< < 18 19 20 21 22 23 

You may also start an advanced similarity search for this article.