EFFECTIVENESS OF LKPD ASSISTED BY QUIZIZZ IN LEARNING ENGLISH AT SMK NEGERI 4 BANGLI
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1649Keywords:
English Language Learning, LKPD, QUIZIZZAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi seberapa efektif penggunaan LKPD berbantuan Quizizz dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris di lingkungan SMK dan dapat mengetahui kelayakan penggunaan Quizizz sebagai media pembelajaran interaktif dalam membantu siswa menjawab soal dan memahami materi. dengan menggunakan metode campuran (Mixed Method) yang menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dalam satu penelitian. Metode metode campuran memungkinkan pengumpulan data yang lebih kaya dan analisis yang lebih mendalam, sehingga menghasilkan hasil yang komprehensif, valid, konsisten, dan objektif. Penelitian ini melibatkan siswa SMK N 4 Bangli yang terdiri dari 32 siswa kelas X Tata Boga II beserta wali kelasnya yang berperan sebagai informan pendukung untuk memberikan informasi tambahan. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling untuk pemilihan subjek. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes. Hasil belajar siswa menunjukkan nilai rata-rata yang tinggi dan sebagian besar siswa memperoleh kategori Sangat Baik (85,4%) yang menunjukkan penguasaan materi yang optimal. Hasil observasi dan wawancara dengan peserta didik menunjukkan bahwa peserta didik lebih tertarik dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan Quizizz karena dinilai lebih menarik dan interaktif dibandingkan dengan metode tradisional.
Downloads
References
Anggara, D. S., & Abdillah, C. (2019). Metode Penelitian. Unpam Press, 1–219.
Anggraeni, N. K. P., & Sari, R. K. (2022). Pandangan mahasiswa terhadap pemanfaatan Quizizz sebagai media pembelajaran bahasa Inggris [Students’ views on the utilization of Quizizz as an English learning media]. Research and Development Journal of Education, 8(2), 762.
Anidhea, N. O., Karira, P., & Sulaiman, A. (2024). Systematic Literature Review ( SLR ): Efektivitas Penggunaan Media Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Pada Pembelajaran IPA. 1–12.
Azhari, D. S., Afif, Z., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Mixed Method Research untuk Disertasi. INNOVATIVE: Journal Social Science Research, 3(2), 8010–8025.
Baihaki, B., Danaryanti, A., & Kamaliyah, K. (2021). Pengembangan LKPD Elektronik Berbasis HOTS Menggunakan Quizizz. Journal of Mathematics Science and Computer Education, 1(1), 36. https://doi.org/10.20527/jmscedu.v1i1.3352
Cholik, M. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Quizizz Sebagai Alat Pembelajaran Interaktif Di Smk. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 8(2), 428–435. https://doi.org/10.29100/jipi.v8i2.4156
Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261–272. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p261-272
Hadi, W., & , Yofita Sari, N. M. P. (2020). Analisis Penggunaan Media Interaktif Wordwall terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 14.
Hasanah Uswatun. (2021). PERAN PENGEMBANGAN DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MENGAJAR. 3(1), 6–10.
Kinanti, M. D., & Subagio, F. M. (2020). Pengembangan LKPD Bahasa Inggris Berbantu Aplikasi Quizizz Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3), 539–548.
Lenaini, I. (2021). TEKNIK PENGAMBILAN SAMPEL PURPOSIVE DAN SNOWBALL SAMPLING. 6(1), 33–39.
Luluk, E. L., Arisandi, D., Hartati, S., Trisnawati, L., & Susanti, L. (2023). Edukasi Peranan Teknologi Dalam Pembelajaran Di Smk Abdurrab Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 6(3), 330–340. https://doi.org/10.36341/jpm.v6i3.3352
Marhaini Maisurah. (2023). PENGEMBANGAN KUIS INTERAKTIF MULTIPLE CHOICE BERBASIS HOTS SEBAGAI INSTRUMEN PENILAIAN BERBANTUAN QUIZIZZ PADA MATERI SEL ELEKTROKIMIA. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Mutammimah, N., Satrijono, H., & Kurniasih, F. (2022). Pengembangan Lkpd Interaktif Materi Pantun Dengan Berbantuan Aplikasi Quizizz Kelas V Sdn Pucang Iv Sidoarjo. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 1(1), 88–96. https://doi.org/10.55732/jmpd.v1i1.4
Narassati, N. A., Saleh, R., & Arthur, R. (2021). Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Hots Menggunakan Aplikasi Quizizz Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 3(2), 169–180. https://doi.org/10.21831/jpts.v3i2.43919
Nurhadianti, Hurnia Pebriana, Wijaya, H., & M. Arsyad. (2023). Implementasi Aplikasi Quizizz Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Mataram. ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya, 3(2), 393–404. https://doi.org/10.58218/alinea.v3i2.580
Nurhidayat, E., Herdiawan, R. D., & Rofi’i, A. (2022). Pelatihan Peningkatan Literasi Digital Guru Dalam Mengintegrasikan Teknologi di SMP Al-Washilah Panguragan Kabupaten Cirebon. Papanda Journal of Community Service, 1(1), 27–31. https://doi.org/10.56916/pjcs.v1i1.71
Nurul Atikah Nasution, W., & Muspita Sari, R. (2024). Workshop Pemanfaatan Media Digital (Quizizz Dan Wordwall) Sebagai Media Pembelajaran Interaktif. Communnity Development Journal, 5(3), 4975–4981.
Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29. https://doi.org/10.33541/jdp.v12i1.1028
Rahma, J. (2024). Analisis Hasil Belajar dalam Penggunaan Quizizz pada Pembelajaran Bahasa Inggris Undang-Undang mempengaruhi digital , dan di Indonesia , sejumlah penting kebudayaan dan pembangunan. 11(1).
Rahman, R., Kondoy, E., & Hasrin, A. (2020). Penggunaan Aplikasi Quizziz Sebagai Media Pemberian Kuis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 60–66. https://doi.org/10.58258/jisip.v4i3.1161
Rahmat, A. S. (2017). Games Book sebagai Media Peningkatan Minat Baca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia SD Kelas Tinggi. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 27. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7494
Rahmawati, A., Sukmawati, A., & Noorbaiti, R. (2022). Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Hots Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Statistika Kelas Viii Berbantuan Aplikasi Quizizz. Jurmadikta, 2(3), 31–42. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v2i3.1375
Rohmah, R., Sugandi, A. I., & Rosyana, T. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Discovery Learning Berbantuan Quizizz Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(5), 1887–1898. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i5.20447
Sujana, I. M., Asih, L. Y. B., Huraiyah, Narasintawati, L. S., Nurwachidah, & Aliyah, S. (2022). Program Kemitraan Dosen LPTK dengan Sekolah (KDS)*): Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bahasa Inggris di SMPN 14 Mataram melalui Pola Lesson Study for Learning Community (LSLC). Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(4), 54–63. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i4.2371
Wahyudi, W., Rufiana, I. S., & Nurhidayah, D. A. (2020). Quizizz: Alternatif Penilaian di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 8(2), 95–108. https://doi.org/10.25139/smj.v8i2.3062
Wardani, M. S., Nugroho, N. R. I., & Ulinuha, M. T. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 1(1), 27–33. https://doi.org/10.23917/blbs.v1i1.9313
Wijaya, W. M. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian IPA Menggunakan Aplikasi Quizizz. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, April, 843–849.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten