Penerapan Model Cooperative Tipe Number Head Together (NHT) Berbantuan Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Nongan
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v6i1.1843Kata Kunci:
Model Pembelajaran Kooperatif, Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar IPAAbstrak
Penelitianmini bertujuan untukmbisa meningkatkanmhasil belajarmilmu pengetahuanmalam atau IPA siswa kelas 4 SD Negeri 2 Nongan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe number head together atau yang bisa disingkat dengan nht serta menggunakan bantuan media visual. Penelitian ini diawali dengan adanya rendahnya hasil dari belajar siswa yang bisa dilihat dari nilai ulangannya yang masih di bawah kriteria tercapaiannya. Dengan menggunakan bantuan media visual tentang wujud zat dan juga perubahannya dalam siklus pertama tindakan awal dilakukan dengan mengelompokkan siswa kecil di mana peneliti menggunakan satu media gambar untuk mendiskusikan materi terkait dengan wujud zat dan juga perubahannya hasil evaluasi menunjukkan bahwa adanya ketuntasan dari hasil belajar siswa masih tergolong rendah di mana rata-rata nilainya hanya mendapatkan 6. Dalam siklus kedua yang dilakukan dengan menggunakan media yang lebih besar dan juga membandingkan lembar kerja peserta didik atau yang bisa disingkat dengan lkpd hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan dari hasil belajar IPA rata-ratanya menjadi 83,5 dengan ketuntasan klasikalnya mencapai 88,2% yakni sudah melebihi nilai ketuntasan maksimal yaitu 80%, maka dari itu peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan model NHT sangat efektif dalam mendorong motivasi siswa untuk mampu meningkatkan kepercayaan dirinya serta mampu memperbaiki pemahaman materi dan juga mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
Unduhan
Referensi
Artha, M. Y., Kanzunnudin, M., & Purbasari, I. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Berbantu Permainan Ular Tangga Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 121–126. https://doi.org/10.24176/wasis.v2i2.6588
Diana, D., Sukamti, S., & Winahyu, S. E. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan. https://doi.org/10.17977/um065v2i112022p1110-1120
Fembriani, F. (2022). Analisis Implementasi Pembelajaran IPA dan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i02.661
Khotimah, D. N. (2019). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Melalui Kegiatan 5S di Sekolah Dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan. https://doi.org/10.24176/jino.v2i1.2928
Kurniasih (2017). (20222). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pengajaran.
Kurniawan, I. K., Parmiti, D., & Kusmariyatni, N. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Edutech Undiksha. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28959
Mel Silberman. (2018). Active learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. In Indonesia.
Muhammad Thobroni, (2013: 286). (2021). Implementasi Strategi Pembelajaran Koorperatif Think Pair Share (TPS) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. JURNAL KEPENDIDIKAN, 9. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v9i2.6876
Muliawati, N. P. C., Ardana, I. K., & Negara, I. G. A. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe- Explain Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Di Gugus Ubud Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Fip Universitas Pendidikan Ganesha Dewasa Ini Negara Indonesia. Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha, 1(1), 1–12.
Nasution. (2020). Analisis Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar untuk Kelas IV, V dan VI. Studi Multidisipliner: Jurnal Kajian Keislaman, 7(2).
Ninawati, M., Rahmiati, R., & Wahyuni, N. (2021). EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN PADEMANGAN BARAT 11 JAKARTA UTARA. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i1.273
Oktaviyanti (2022). (2022). Pengaruh Media Gambar Terhadap Motivasi Belajar Anak Di Kelompok B Tk Al-Khairaat Balamoa Kecamatan the Effect of Picture Media on the Learning Motivation of Children in Group B Kinder Garten Al-Khairaat Balamoa , West Dolo District , Sigi Regency ,. Jurnal Pembangunan Daerah, 1, 7–16.
Riny, M., & Safrul, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran STAD Menggunakan Powerpoint Interaktif terhadap Kemampuan Kognitif Siswa pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3885
Sulaihah, S., Ahied, M., & Rosidi, I. (2018). PENGARUH KREATIVITAS VERBAL DENGAN PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PENYELESAIAN MASALAH IPA. Natural Science Education Research. https://doi.org/10.21107/nser.v1i2.4808
Trianto (2013). (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Dengan Media Kartu Soal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Smp. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1.
WayanMimpin2022. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SD. Journal of Education Action Research, 6(3), 376–382.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten