PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSISASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X

Authors

  • Imelda Natalia Purba Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Mian Siahaan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Dearlina Sinaga Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v3i1.917

Keywords:

Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Ekonomi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas X di SMA Swasta Bandung Percut Sei Tuan. Latar belakang penelitian ini did asari oleh rendahnya hasil belajar dan motivasi siswa, yang ditunjukkan oleh data awal bahwa 50% lebih siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 75. Salah satu penyebab utamanya adalah metode pembelajaran konvensional seperti ceramah yang masih dominan digunakan. Untuk mengatasi hal ini, strategi pembelajaran berdiferensiasi diterapkan agar proses belajar sesuai dengan kesiapan, minat, dan profil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian berjumlah 58 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen (X-2) dan kelas kontrol (X-3), masing-masing sebanyak 29 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dan angket motivasi belajar. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji-t (independent sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 84,14 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 69,38. Hasil uji-t menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelas. Untuk motivasi belajar, rata-rata skor posttest kelas eksperimen adalah 88,62, sedangkan kelas kontrol hanya 73,79, dengan hasil uji-t sebesar Sig. 0,000 yang juga menunjukkan perbedaan signifikan. Selain itu, uji peningkatan menggunakan N-Gain menunjukkan bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan lebih tinggi dibanding kelas kontrol, baik pada aspek hasil belajar maupun motivasi.Dengan demikian, strategi pembelajaran berdiferensiasi terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi. Strategi ini dapat dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka dan mampu menjawab kebutuhan belajar siswa yang beragam. 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Imelda Natalia Purba, Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Mian Siahaan, Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Dearlina Sinaga, Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

References

Ade Sintia Wulandari. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran Dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 682–689. Https://Doi.Org/10.37630/Jpm.V12i3.620

Andani, F. D. (2023). Pengaruh Prilaku Bullying Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas 6 Sd/Mi X Di Sidoarjo. Al-Muttaqin: Jurnal Studi, Sosial, Dan Ekonomi, 4(2), 133–139. Https://Doi.Org/Http://Www.Staisam.Ac.Id/Jurnal/Index.Php/Almuttaqin/Article/View/109

Anggraeni, A. A. A., Veryliana, P., & Fatkhu R, I. F. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika. International Journal Of Elementary Education, 3(2), 218. Https://Doi.Org/10.23887/Ijee.V3i2.18552

Basra, H. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Quizizz. Jurnal Sipatokkong Bpsdm Sulsel, 3(4), 193–208. Https://Doi.Org/10.58643/Sipatokkong.V3i4.177

Bendriyanti, R. P., Dewi, C., & Nurhasanah, I. (2022). Manajemen Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Kelas Ix Smpit Khairunnas. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 6(2), 70–74. Https://Doi.Org/10.26740/Jp.V6n2.P70-74

Candrawati, R., & Setyawan, A. (2023). Analisis Perilaku Bullying Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pandu : Jurnal Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum, 1(2), 64–68. Https://Doi.Org/10.59966/Pandu.V1i2.127

Farid, I., Yulianti, R., Hasan, A., & Hilaiyah, T. (2022). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 4(6), 11177–11182. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jpdk.V4i6.10212

Hadi, W., Prihasti Wuriyani, E., Yuhdi, A., & Agustina, R. (2022). Desain Pembelajaran Diferensiasi Bermuatan Problem Based Learning (Pbl) Mendukung Critical Thinking Skill Siswa Pada Era Kenormalan Baru Pascapandemi Covid-19. Basastra, 11(1), 56. Https://Doi.Org/10.24114/Bss.V11i1.33852

Hartanti, A. S., & Yuniarsih, T. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 167.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. Https://Doi.Org/10.21009/Pip.352.10

Larasati, S., & Gilang, A. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Wilayah Telkom Jabar Barat Utara (Witel Bekasi). Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 5(3), 200. Https://Doi.Org/10.29244/Jmo.V5i3.12167

Magelo, C., Hulukati, E., & Djakaria, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Ditinjau Dari Motivasi Belajar. Jambura Journal Of Mathematics, 2(1), 15–21. Https://Doi.Org/10.34312/Jjom.V2i1.2593

Mehan, R. Y., Sumerjana, K., & Suweca, I. W. (2023). Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Teknik Vokal Chest Voice Di Amabile Music Studio. Melodious : Journal Of Music, 2(1), 18–27. Https://Doi.Org/10.59997/Melodious.V2i1.2177

Pitaloka, H., & Arsanti, M. (2022). Pembelajaran Diferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Pendidikan Sultan …, November, 2020–2023.

Rojanah, R. (2021). Penggunaan Media Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Di Madrasah Ibtidaiyah. Journal Of Elementary Educational Research, 1(1), 40–48. Https://Doi.Org/10.30984/Jeer.V1i1.43

Romlah, S., Nugraha, N., & Setiawan, W. (2019). Analisis Motivasi Belajar Siswa Sd Albarokah 448 Bandung Dengan Menggunakan Media Ict Berbasis For Vba Excel Pada Materi Garis Bilangan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 220–226. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V3i1.98

Rosyah, D. L. A., & Darmawan, P. (2023). Analisis Relevansi Pembelajaran Diferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Dengan Konsep Visi Pedagogik Ki Hajar Dewantara. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan (Jebp), 3(9), 5.

Safitri, M., & Juliati Nasution, Y. S. (2023). Analisis Strategi Marketing Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk Cat Jotun (Studi Kasus : Cv. Tebar Jalur Mas Kompleks Cemara Asri). Cakrawala Repositori Imwi, 6(1), 46–53. Https://Doi.Org/10.52851/Cakrawala.V6i1.188

Sebastian Sitompul, A., Dolok Saribu, A., Melati Sitinjak, P., Laia, H., & Gressella Br Simangunsong, Y. (2024). Diferensiasi Substansial Sistem Activity Based Costing Dan Sistem Tradisional Pada Industri Perbankan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 7342–7354.

Syahputri, A. S., Dewi, C., & Widyaningrum, H. K. (2023). Pengaruh Pembelajaran Diferensiasi Berbantuan Website Genially Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (Senassdra), 2(2), 685–691.

Tarumasely, Y., Halamury, M., Sipahelut, J., & Labobar, W. (2024). Perubahan Paradigma Pendidikan Melalui Teknologi Ai; Membaca Perubahan Motivasi Dan Kemandirian Belajar Siswa Di Indonesia. Academia Publication.

Utami, M. D., Ardilansari, A., Haifaturrahmah, H., Nizaar, M., Rezkillah, I. I., & Julaifah, N. (2023). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Paedagoria, 3, 121–128.

Wahyuni, A. S. (2021). Penerapan Model Hybrid Learning Dalam Ptm Terbatas Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal Of Educational Development, 2(3), 472–481. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.5681376

Published

2025-05-10

How to Cite

Purba, I. N., Siahaan, M., & Sinaga, D. (2025). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSISASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 3(1), 1610–1618. https://doi.org/10.56667/de_journal.v3i1.917

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.