UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN LUBANG BUAYA 13
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.963Keywords:
Learning Outcomes, Natural Science, Project Based LearningAbstract
Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Lubang Buaya 13 Jakarta Timur melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan lokasi penelitian berada di SDN Lubang Buaya 13. Jumlah subjek penelitian ini sebanyak 27 siswa kelas IV-B. Adapun Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk mata pelajaran IPA adalah 75. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan dari nilai awal rata-rata siswa, yaitu 57,22 menjadi 77,26 pada siklus I, kemudian mengalami peningkatan kembali menjadi 81,63 pada siklus II. Adapun ketuntasan klasikal pada nilai awal sebesar 18,51% (hanya 5 siswa yang memenuhi KKM). Pada siklus I meningkat menjadi 59,26% (16 siswa yang memenuhi KKM). Pada siklus II mengalami peningkatan kembali menjadi sebesar 81,48% (22 siswa yang memenuhi KKM). Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran yang menerapkan model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Lubang Buaya 13 Jakarta Timur.
Downloads
References
Adony Natty, R., Kristin, F., Anugraheni, I., Kristen Satya Wacana, U., & Tengah, J. (2019). Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar (Vol. 3, Issue 4). https://jbasic.org/index.php/basicedu
Budiarti, Y., & Namira Putri Universitas Islam, K. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Siswa di Sekolah Dasar. In PEDAGOGIK: Vol. X (Issue 1).
Dasar, J., Aziar Putri, M., & Oktaviana, E. (2019). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara PGSD-005 Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup melalui Metode Picture and Picture.
Efendi, N., & Putri, L. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Studi Literature Kesulitan Siswa Pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6).
Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pemebelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529
Hartini, A. (2017). ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a).
Kardawati, A., & Rulviana, V. (2020). Pembelajaran Terpadu (E. Riyanto, Ed.). CV. AE MEDIA GRAFIKA.
Keilmuan, J., Pendidikan, M., Nugraha, M., Negeri, S., Cikulur, S. A., Lebak, K., & Banten, P. (2018). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. 4(01), 27–44. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tarbawi
Kelana, J. B., & Wardani, D. S. (2021). Model Pembelajaran IPA SD. Edutrimedia Indonesia.
Kumala, F. N. (2016). Pembelajaran IPA SD. Ediide Infografika.
Made Sri Utami, N., & Gede Astawan, I. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. JP2, 3(3), 416–427.
Magdalena, I., Hidayah, A., & Safitri, T. (2021). Analisis Kemampuan Peserta Didik Pada Ranah Kognitif, Afektif, Psikomotorik Siswa Kelas II B SDN Kunciran 5 Tangerang. In Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial (Vol. 3, Issue 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26
Mukhlisin1, A., Salam2, R., Hamkah3, M., & Tembongwah, N. (2022). Pinisi: Journal of Teacher Professional Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Project Based Learning di Sekolah Dasar. https://ojs.unm.ac.id/TPJ
Phafiandita, A. N., Permadani, A., Pradani, A. S., & Wahyudi, M. I. (2022). Urgensi Evaluasi Pembelajaran di Kelas. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 3(2), 111–121. https://doi.org/10.47387/jira.v3i2.262
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Surya, A. P., Relmasira, S. C., Tyas, A., & Hardini, A. (2018a). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreatifitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Syiah Kuala JURNAL PESONA DASAR, 6(1), 41–54.
Surya, A. P., Relmasira, S. C., Tyas, A., & Hardini, A. (2018b). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreatifitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Syiah Kuala JURNAL PESONA DASAR, 6(1), 41–54.
Wedyawati, N., & Lisa, Y. (2019). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (N. Wedyawati, Ed.). Deepublish.
Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Research and Development (R&D) (R. A. Kusumaningtyas, Ed.). Bumi Aksara.
Zubaidah, S. (2016). Memberdayakan Keterampilan Abad Ke-21 melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. https://www.researchgate.net/publication/336511419
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten