UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN LUBANG BUAYA 13

Authors

  • Eurico Akbar Dwi Priambudi Prodi PGSD, FKIP, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Shafira Aura Azzahra Prodi PGSD, FKIP, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Nidya Chandra Muji Utami Prodi PGSD, FKIP, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Taofik Taofik Prodi PGSD, FKIP, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.963

Keywords:

Learning Outcomes, Natural Science, Project Based Learning

Abstract

Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Lubang Buaya 13 Jakarta Timur melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan lokasi penelitian berada di SDN Lubang Buaya 13. Jumlah subjek penelitian ini sebanyak 27 siswa kelas IV-B. Adapun Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk mata pelajaran IPA adalah 75. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan dari nilai awal rata-rata siswa, yaitu 57,22 menjadi 77,26 pada siklus I, kemudian mengalami peningkatan kembali menjadi 81,63 pada siklus II. Adapun ketuntasan klasikal pada nilai awal sebesar 18,51% (hanya 5 siswa yang memenuhi KKM). Pada siklus I meningkat menjadi 59,26% (16 siswa yang memenuhi KKM). Pada siklus II mengalami peningkatan kembali menjadi sebesar 81,48% (22 siswa yang memenuhi KKM). Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran yang menerapkan model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Lubang Buaya 13 Jakarta Timur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adony Natty, R., Kristin, F., Anugraheni, I., Kristen Satya Wacana, U., & Tengah, J. (2019). Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar (Vol. 3, Issue 4). https://jbasic.org/index.php/basicedu

Budiarti, Y., & Namira Putri Universitas Islam, K. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Siswa di Sekolah Dasar. In PEDAGOGIK: Vol. X (Issue 1).

Dasar, J., Aziar Putri, M., & Oktaviana, E. (2019). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara PGSD-005 Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup melalui Metode Picture and Picture.

Efendi, N., & Putri, L. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Studi Literature Kesulitan Siswa Pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6).

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pemebelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529

Hartini, A. (2017). ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a).

Kardawati, A., & Rulviana, V. (2020). Pembelajaran Terpadu (E. Riyanto, Ed.). CV. AE MEDIA GRAFIKA.

Keilmuan, J., Pendidikan, M., Nugraha, M., Negeri, S., Cikulur, S. A., Lebak, K., & Banten, P. (2018). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. 4(01), 27–44. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tarbawi

Kelana, J. B., & Wardani, D. S. (2021). Model Pembelajaran IPA SD. Edutrimedia Indonesia.

Kumala, F. N. (2016). Pembelajaran IPA SD. Ediide Infografika.

Made Sri Utami, N., & Gede Astawan, I. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. JP2, 3(3), 416–427.

Magdalena, I., Hidayah, A., & Safitri, T. (2021). Analisis Kemampuan Peserta Didik Pada Ranah Kognitif, Afektif, Psikomotorik Siswa Kelas II B SDN Kunciran 5 Tangerang. In Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial (Vol. 3, Issue 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

Mukhlisin1, A., Salam2, R., Hamkah3, M., & Tembongwah, N. (2022). Pinisi: Journal of Teacher Professional Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Project Based Learning di Sekolah Dasar. https://ojs.unm.ac.id/TPJ

Phafiandita, A. N., Permadani, A., Pradani, A. S., & Wahyudi, M. I. (2022). Urgensi Evaluasi Pembelajaran di Kelas. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 3(2), 111–121. https://doi.org/10.47387/jira.v3i2.262

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Surya, A. P., Relmasira, S. C., Tyas, A., & Hardini, A. (2018a). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreatifitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Syiah Kuala JURNAL PESONA DASAR, 6(1), 41–54.

Surya, A. P., Relmasira, S. C., Tyas, A., & Hardini, A. (2018b). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreatifitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Syiah Kuala JURNAL PESONA DASAR, 6(1), 41–54.

Wedyawati, N., & Lisa, Y. (2019). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (N. Wedyawati, Ed.). Deepublish.

Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Research and Development (R&D) (R. A. Kusumaningtyas, Ed.). Bumi Aksara.

Zubaidah, S. (2016). Memberdayakan Keterampilan Abad Ke-21 melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. https://www.researchgate.net/publication/336511419

Published

2024-03-08

How to Cite

Priambudi, E. A. D. ., Azzahra, S. A. ., Utami, N. C. M. ., & Taofik, T. (2024). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN LUBANG BUAYA 13. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 201–208. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.963

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.