SURVEI TINGKAT KEPUASAN SISWA TERHADAP KETERSEDIAAN SARANA DAN PRASARANA PJOK DI SMA NEGERI 10 GOWA
DOI:
https://doi.org/10.56667/djs.v5i01.1680Kata Kunci:
Facilities And Infrastructure, Level Of Satisfaction, Physical EducationAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat kepuasan siswa terhadap ketersediaan sarana dan prasarana PJOK di SMA Negeri 10 Gowa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 10 Gowa yang berjumlah 90 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan angket yang terdiri dari 49 butir pernyataan. Hasil uji validitas instrumen dengan korelasi product moment dari Pearson dan menunjukkan ada korelasi dengan taraf signifikansi 0,05 sebesar 0,367 (df29) dengan nilai koefisien reliabilitas alpha adalah 0,952 sehingga instrumen tersebut reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan siswa terhadap ketersediaan sarana dan prasarana PJOK di SMA Negeri 10 Gowa berada pada kategori “sangat puas” sebesar 5,56% (5 siswa), “puas” sebesar 24,44% (22 siswa), “cukup puas” sebesar 45,56% (41 siswa), “tidak puas” sebesar 14,44% (14 siswa), dan “sangat tidak puas” sebesar 10% (9 siswa).
Referensi
Ardinata, A., Arifin, M., & Napisah, S. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Siswa SMP Al-Aqso Cluring Terhadap Pelaksanaan Layanan BK Pada Masa Pandemi Covid-19. 9(1), 81–89.
Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (H. Abadi (ed.); Issue March). CV Pustaka Ilmu.
Hendriadi, I. G. O. (2021). Ketersediaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani , Olahraga dan Kesehatan. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksa, 9(2), 68–74.
Janah, R., Nurfadilah, K., & Qomariyah, S. (2023). Peran Motivasi Belajar Berpartisipasi Dalam Peningkatan Prestasi Peserta Didik Di SMK Azzainiyyah Raudhatul. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(3), 87–99.
Kamal, F., Winarso, W., & Madiani, L. (2020). Peningkatan Kepuasan Mahasiswa Melalui Kualitas Pelayanan Akademik (Studi Kasus Pada FKIP Universitas Islam As-Syafi"iyah Jakarta). Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Manajemen, 16(1).
Lestar, L. K. G. A. D., Parwata, G. L. A., & Dartin, N. P. D. S. (2020). Ketersediaan Sarana dan Penunjang Pembelajaran PJOK Tingkat SMP Se-Kecamatan Pupuan. Jurnal Pendidikan Jasmani Oahraga Dan Kesehatan, 8(3), 124–132.
Marpaung, J., Adiningtiyas, S. W., & Ramdani. (2021). Kepuasan Siswa Terhadap Layanan Bimbingan Konseling di SMA Kota Batam. Educational Guidance and Counseling Journal, 4(1), 1–9.
Nurrochmah, S. (2023). Surevi Tingkat Kepuasan Pembelajaran PJOK Terhadap Peserta Didik Kelas 7 SMP Brawijaya Smart School Malang. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya, 3(11). https://doi.org/10.17977/um067.v3.i11.2023.3
Sabili Robby, S., & Rosmi, F. (2024). Pentingnya Sarana dan Prasarana dalam Pembelajaran Olahraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas. Jurnal Universitas Muhammadiyah Jakarta, 2822–2828.
Sari., K. A., Jannah, M., Eka, U. A., Hasda, S., Fadilla, Z., Masita, Taqwin, & Meilida, K. N. A. (2022). Metodologi Kenelitian Kuantitatif (N. Saputra (ed.)). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Sari, Y. Y., Dhitia Putri Ulfani, Muhammad Ramos, & Padli. (2024). Pentingnya Pendidikan Jasmani Olahraga Terhadap Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2), 478–488. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i2.1657
Setiawan, I. M. (2021). Ketersediaan Guru , Sarana dan Prasarana Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(1), 18–24. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/article/view/30976
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.
Wardana, M A & Kurniawan, A. T. (2021). Survei Tingkat Kepuasan Siswa Dalam Pembelajaran Penjas Berbasis E-Learning Di Masa Pandemi Di Sma Negeri 1 Ngemplak. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(6), 976.
Wiguna, I. N. S., Wahjoedi, W., & Spyanawati, N. L. P. (2021). Ketersediaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di SMP Se-Kecamatan Bangli. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 8(3), 108–115. https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33763
Yasir, M., Suarman, & Gusnardi. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Siswa Dan Motivasi Dalam Pembelajaran Kelompok (Cooperative Learning) Dan Kaitannya Dengan Hasil Belajar Akuntansi Di Smklabor Binaan Fkip Unri Pekanbaru. Pekbis Jurnal, 9(2), 77–90.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten