MOTIF DAN MOTIVASI PEMBELIAN PRODUK BRAND IMAGE NIKE PADA MAHASISWA ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA

Authors

  • Azhar Khaeruddin Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Ardhika Falaahudin Universitas Mercubuana Yogyakarta
  • Dody Tri Iwandana Universitas Mercubuana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.56667/djs.v2i2.700

Keywords:

Nike, Brand Image, Motif, Motivasi, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan motif dan motivasi pembelian produk brand image Nike pada mahasiswa ilmu keolahragaan Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Penelitian ini termasuk jenis deskriptif dengan pendekatan survey. Populasi dalam penelitian yang digunakan adalah mahasiswa ilmu keolahragaan Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Sedangkan pengambilan sampelnya menggunakan teknik Purposive Sampling yakni mahasiswa ilmu keolahragaan Universitas Mercu Buana Yogyakarta angkatan 2018 sampai angkatan 2021. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik kuesioner. Hasil dalam penelitian ini  dari berbagai aspek mendapatkan hasil respon mahasiswa yang positif, dari aspek motif mendapatkan persentase tertinggi senilai 55,5% sedangkan untuk aspek motivasi mendapatkan persentase tertinggi senilai 54%, untuk aspek persentase pemakaian produk mayoritas mahasiswa ilmu keolahragaan menggunakan produk sepatu dari brand image Nike. Hal ini dapat diketahui bahwa produk brand image Nike memiliki kualitas dan menggunakan bahan bahan yang terbaik, produk ini juga memiliki desain dan ragam warna yang unik terutama pada produk sepatu yang banyak diminati karena multifungsi yang dapat digunakan untuk berolahraga maupun beraktivitas sehari-hari dalam ruangan maupun di luar ruangan. Hal ini dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh motif dan motivasi mahasiswa ilmu keolahragaan Universitas Mercu Buana Yogyakarta dalam memutuskan pembelian produk brand image Nike.

 

References

Anjar, Heri, A. (2021). STRATEGI PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA PENDEKATAN THREE LEVEL PRODUCT DAN FIVE FORCE LEVEL.

Budhi, F. H., & Indrawati, E. S. (2017). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Intensitas Bermain Game Online Pada Mahasiswa Pemain Game Online Di Game Center X Semarang. Jurnal Empati, 5(3), 478–481. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/empati.2016.15382

Fachrurazi, A. (2018). Pengaruh Gaya Hidup, Desain Produk , Harga, Serta Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Basket Merek Nike Pada Anggota Ukm Bola Basket Universitas Jember. In Digital Repository Universitas Jember (Issue September 2019).

Freddy, P. (2018). pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian sepatu nike studi kasus pada mahasiswa fakultas ekonomi universitas HKBP nommensen Medan.

Freddy Rangkuti. (2013). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. In Auditing dan Jasa Assurance.

Ichsannudin, H. P. (2021). MONOGRAF GAYA HEDONIS, STATUS SOSIAL, VARIASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI CITRA MEREK.

Nasir, A. M. (2016). Statistik Pendidikan. In Media Akademi.

Nugroho, S. (2019). INDUSTRI OLAHRAGA.

Ponza, P. jerry R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Kelas IV SD. Jurnal Edutech, 6(1), 9–19.

Priyono, B. (2012). Pengembangan Pembangunan Industri Keolahragaan Berdasarkan Pendekatan Pengaturan Manajemen Pengelolaan Kegiatan Olahraga. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 2(2), 112–123.

Ristiawan, D., & Farida, L. (2019). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Satria Fu 150 Cc Di Kota Pekanbaru (Studi Kasus Pada Konsumen Pt. Riau Jaya Cemerlang). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Tatik. (2008). PERILAKU KONSUMEN.

Wahyudi, N. A. (2018). Peran perkembangan industri olahraga dan rekreasi dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi generasi muda. Prosiding SNIKU (Seminar Nasional Ilmu Keolahragaan UNIPMA), 1(1), 34–42. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/snik/article/view/468

Wijayanto, I., & Iriani, S. S. (2013). Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Ilmu Manajemen, 1(3), 910–918. https://docplayer.info/33185704-Pengaruh-citra-merek-terhadap-loyalitas-konsumen.html

Downloads

Published

2022-09-27

How to Cite

Khaeruddin, A., Falaahudin, A. ., & Iwandana , D. T. . (2022). MOTIF DAN MOTIVASI PEMBELIAN PRODUK BRAND IMAGE NIKE PADA MAHASISWA ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA. Dharmas Journal of Sport, 2(2), 56–62. https://doi.org/10.56667/djs.v2i2.700