Survei Tingkat Kebugaran Jasmani pada Siswa Kelas VIII di UPT SMP Negeri 2 Galesong Selatan

Penulis

  • Nurwahida Universitas Megarezky
  • Kurnia Rusli Fakultas Keguruan Ilmu Pendididkan, Universitas MegaRezky
  • Agus Ismail Fakultas Keguruan Ilmu Pendididkan, Universitas MegaRezky
  • Hasnah B Fakultas Keguruan Ilmu Pendididkan, Universitas MegaRezky

DOI:

https://doi.org/10.56667/djs.v5i02.1683

Kata Kunci:

Physical Fitness, Junior High School Students, Physical Education

Abstrak

Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Pada Siswa UPT SMP Negeri 2 Galesong Selatan. Di bimbing oleh Kurnia Rusli dan Agus Ismail. Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani pada siswa UPT SMP Negeri 2 Galesong Selatan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa UPT SMP Negeri 2 Galesong Selatan berjumlah 42 siswa. Instrument penelitian ini menggunakan tes kebugaran jasmani Indonesia (TKJI). Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis kuantitatif deskriptif. hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kebugaran jasmani pada siswa UPT SMP Negeri 2 Galesong Selatan keseluruhan siswa laki-laki kelas dapat di jelaskan yaitu dari 42 siswa laki-laki yang mendapatkan klasifikasi sangat baik sebanyak 0 siswa dengan persentase 0 %, klasifikasi baik sebanyak 3 siswa dengan persentase 7,1 %, klasifikasi sedang sebanyak 23 siswa dengan persentase  sebanyak 54,8 %. Klasifikasi kurang sebanyak 15 siswa dengan persentase sebanyak 35,7 %, klasifikasi sangat kurang sebanyak 1 siswa dengan persentase sebanyak 2,4 %.

Referensi

Aldiansyah, R. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Siswa Kelas VII SMP Negeri 51 Palembang. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan, 73-81.

Evitasari, A. D. (2017). Pembelajaran Sains yang Humanis di Sekolah Dasar. INOVASI PENDIDIKAN Bunga Rampai Kajian Pendidikan Karakter, Literasi, dan Kompetensi Pendidik dalam Menghadapi Abad 21, 2.

Bangun, S. Y., & Zaluku, J. S. (2019). Survey Analisis Tingkat Kebugaran Jasmani Pelajar SMP di Pondok Pesantren Ta'dib Asyakirin Medan. Jurnal Publikasi Pendidikan Volume 9 Nomor 3, 1.

Handayani, H. Y. (2019). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Mahasiswa Pendidikan Olahraga Angkatan 2017 STKIP PGSD Bangkalan. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 40-49.

Hasnah, A., Santos, M. H. Dos, Okilanda, A., Noviarini, T., Anwar Ishar, A., Nahdia Walinga, A. T., & Dwiansyah Putra, D. (2022). Konsep Pendidikan Jasmani Dalam Membangun Karakter Era 5.0. WAHANA DEDIKASI : Jurnal PKM Ilmu Pendidikan, 5(2), 7. http://dx.doi.org/10.31851/dedikasi.v5i2

Pemerintah Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003, Nomor 78.

Rusli, K., & Ismail, A. (2021). Profil Kebugaran Jasmani Siswa Pasca Pandemi. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia, 2(1), 52–60. https://doi.org/10.55081/joki.v2i1.546

Suharjana. (2008). Pendidikan Kebugaran Jasmani. Yogyakarta: FIK UNY.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, S. (2003). Metodologi penelitian. Jakarta: Rajawali Press.

Sulistyawati, D., Prasetyo, H., & Rahman, A. (2022). Analisis kemampuan higher order thinking skills (HOTS) pada materi bangun datar. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2), 89-97.

Diterbitkan

2025-08-11

Cara Mengutip

Nurwahida, Rusli, K., Ismail, A., & B, H. (2025). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani pada Siswa Kelas VIII di UPT SMP Negeri 2 Galesong Selatan. Dharmas Journal of Sport, 5(02), 28–34. https://doi.org/10.56667/djs.v5i02.1683