Peran Media Pembelajaran dalam Menumbuhkan Minat Siswa terhadap Aktivitas Fisik di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.56667/djs.v5i02.1810Keywords:
Learning Media, Physical Activity, Student Interest, Physical Skills,Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran media pembelajaran dalam menumbuhkan minat siswa terhadap aktivitas fisik di Sekolah Dasar. Penelitian eksperimen ini melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan media pembelajaran interaktif dan kelompok kontrol yang tidak menggunakan media tersebut. Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa pada masing-masing kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan skor rata-rata minat terhadap aktivitas fisik dari 3,2 menjadi 4,4, sedangkan kelompok kontrol hanya meningkat dari 3,3 menjadi 3,5. Selain itu, partisipasi siswa dalam kegiatan fisik di kelompok eksperimen lebih tinggi, dengan 80% siswa aktif berpartisipasi, dibandingkan dengan 55% di kelompok kontrol. Dalam hal keterampilan fisik, kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih signifikan, dengan skor tes keterampilan fisik meningkat dari 65 menjadi 78 (peningkatan 20%), sementara kelompok kontrol hanya meningkat dari 66 menjadi 70 (peningkatan 6%). Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif dapat secara signifikan meningkatkan minat, partisipasi, dan keterampilan fisik siswa di Sekolah Dasar.
References
Costa, C. L. A., Cattuzzo, M. T., Stodden, D. F., & Ugrinowitsch, H. (2021). Motor competence in fundamental motor skills and sport skill learning: Testing the proficiency barrier hypothesis. Human Movement Science. https://doi.org/10.1016/j.humov.2021.102877
Iyakrus, I. (2019). Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Prestasi. Altius : Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 7(2). https://doi.org/10.36706/altius.v7i2.8110
Martiani, M. (2021). Kemandirian Belajar Melalui Metode Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.337
Mayanto, A., Zulfikar, Z., & Faisal, A. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Gaya Kognitif Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Penjas. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.251
Mukhlis, N. A., Kurniawan, A. W., & Kurniawan, R. (2022). Pengembangan Media Kebugaran Jasmani Unsur Kekuatan Berbasis Multimedia Interaktif. Sport Science and Health. https://doi.org/10.17977/um062v2i112020p566-581
Mulyanto. (2019). Peran Pengembangan Media Terhadap Keberhasilan Pembelajaran PJOK di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga.
Pratiwi, I. T. M., & Meilani, R. I. (2018). PERAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762
Prayuda, A., & Prayuda, A. M. (2022). Modifikasi Media Pembelajaran Karate Dalam Mata Pelajaran Penjas. Instruksional.
Rahmanda, F., & Maharani, S. (2022). PERAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.31932/jpdp.v8i1.1543
Rohmansyah, N. A. (2018). IMPLIKASI TEORI GESTALT DALAM PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar). https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v7i2.1858
Sin, T. H., & Hudayani, F. (2020). Studi motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehatan. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling. https://doi.org/10.23916/08588011
Yusi Erlita, & Hajar Puji Sejati. (2023). Aplikasi augmented reality pengenalan olahraga bola berbasis android. INFOTECH : Jurnal Informatika & Teknologi. https://doi.org/10.37373/infotech.v4i2.912
Zulfikar, M. (2023). Efektivitas Pengajaran Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education. https://doi.org/10.30605/cjpe.612023.2515
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Artikel yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten