Analisis Minat Mahasiswa JPOK Terhadap Cabang Olahraga Catur Di Universitas Jambi

Penulis

  • Fiska Dea Natasya Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Universitas Jambi, Indonesia
  • Wawan Junresti Daya Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Universitas Jambi, Indonesia
  • Grafitte Decheline Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/djs.v5i02.1818

Kata Kunci:

Student Interest, Chess, University of Jambi

Abstrak

Keberhasilan catur pada Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) 2023 di Kalimantan Selatan tidak mencapai juara, karena tingkat minat mahasiswa terhadap olahraga catur tahun lalu tidak terdeteksi. Akibatnya, seleksi tidak dilaksanakan, dan hanya mahasiswa yang memiliki prestasi terbaik di daerah asal mereka yang diberangkatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana minat mahasiswa JPOK terhadap olahraga catur di Universitas Jambi. Metode Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari 270 responden dengan teknik pengambilan sampel secara acak (random sampling). Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan persentase dengan bantuan Excel. Hasil penelitian menunjukkan faktor Intrinsik minat mahasiswa JPOK terhadap cabang olahraga catur di kategorikan sedang dengan persentase 46%, faktor Ekstrinsik minat mahasiswa JPOK terhadap cabang Olahraga catur dikategorikan sedang dengan persentase 58%, serta faktor Intrinsik dan Ekstrinsik minat mahasiswa JPOK dikategorikan sedang dengan persentase 57%. Faktor Intrinsik dan Ekstrinsik minat mahasiswa JPOK terhadap cabang olahraga catur di Universitas Jambi dikategorikan sedang dengan persentase 57%. Melalui penelitian ini dosen dapat memahami minat mahasiswa terhadap cabang olahraga catur yang menjadi kendala dapat di antisipasi oleh dosen sebagai pendidik. Penelitian ini di harapkan agar mahasiswa menunjukkan semangat dan kesungguhan lebih tinggi dalam bermain catur agar mencapai hasil yang memuaskan.

Referensi

Alfazani, M.R. and Khoirunisa A, D. (2021) ‘Faktor Pengembangan Potensi Diri: Minat/Kegemaran, Lingkungan Dan Self Disclosure (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial)’, Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), pp. 586–597. Available at: https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.487.

Archu, A. (2019) ‘Meningkatkan konsentrasi belajar anak melalui model bermain “asyik”(reward & yel-yel “Asyik”) di tk mutiara cemerlang Jurnal Pendidikan Tambusai, 2022•download.garuda.kemdikbud.go.id Abstrak Penelitia’, Jurnal Idaarah, III(2), pp. 205–215.

Ardianto, A. and Supriyono (2021) ‘Pembinaan Prestasi Induk Organisasi Cabang Olahraga Catur Kota Semarang Ardan’, Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 2(1), pp. 197–204. Available at: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/inapes.

Bangun, S.Y. (2016) ‘Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Pada Lembaga Pendidikandi Indonesia’, Publikasi Pendidikan, 6(3). Available at: https://doi.org/10.26858/publikan.v6i3.2270.

Dharma, A, P., Rahmatullah, N., Bunyamin, E, M., Safitri , D, A, W., & Kurnia, I. (2023). Panduan, Pengembangan Bakat dan Minat Melalui Pemilihan Konsentrasi Keahlian dan Ekstrakurikuler.

Ena, Z. and Djami, S.H. (2021) ‘Peranan Motivasi Intrinsik Dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Minat Personel Bhabinkamtibmas Polres Kupang Kota’, Among Makarti, 13(2), pp. 68–77. Available at: https://doi.org/10.52353/ama.v13i2.198.

Firnanda, A. and Fatmawati (2019) ‘Strategi tunanetra x berprestasi dalam olahraga catur tingkat internasional’, Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 7(2), pp. 135–140. Available at: http://103.216.87.80/index.php/jupekhu/article/view/105336/102832#.

G.M, Laurensius, Y. and Yunintaningrum, W. (2015) ‘Minat Siswa dalam Pembelajaran Penjasorkes di SDN 22 Seringkuyang Kecamatan Menjalin’, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(1), pp. 0–10.

Handoko, D. and Gumantan, A. (2021) ‘Penerapan Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Olahraga di SMAN 1 Baradatu’, Journal Of Physical Education, 2(1), pp. 1–7. Available at: https://doi.org/10.33365/joupe.v2i1.951.

Husen, A. (2023) ‘Strategi Pemasaran Melalui Digital Marketing Campaign Di Toko Mebel Sakinah Karawang’, Jurnal Economina, 2(6), pp. 1356–1362. Available at: https://doi.org/10.55681/economina.v2i6.608.

JASMINE, K. (2014) ‘済無No Title No Title No Title’, Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu, 5(3), pp. 35–51.

Karuniawan, A.D., Saifudin, A. and Irawan, A. (2018) ‘Perbandingan Metode Optimasi Algoritma Minimax Pada Permainan Catur’, Jurnal Algoritma, Logika dan Komputasi, 1(2), pp. 68–81. Available at: https://doi.org/10.30813/j-alu.v1i2.1371.

Lestari, I., Jafaruddin and Risaldi, A. (2023) ‘Minat Siswa Terhadap Cabang Olahraga Permainan Catur Pada Sma Negeri 1 Mutiara Kabupaten Pidie Tahun Pelajaran 2020/2021’, Education Enthusiast: Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 3(4), pp. 228–237.

Matondang, A. (2018) ‘Pengaruh antara Minat dan Motivasi Dengan Prestasi Belajar’, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), pp. 24–32.

Millah, H. and Subekti, N. (2024) ‘Sosialisasi Penerapan Aturan Berolahraga Yang Benar Berdasarkan Rumus “Tkpe”’, Jurnal Pengabdian Siliwangi, 7(2), pp. 84–88. Available at: https://doi.org/10.37058/jsppm.v7i2.1130.

Prajatama, A., Rusli, M. and Deriani, N.W. (2015) ‘Aplikasi Multimedia Pembelajaran Interaktif Strategi Permainan Catur’, Jurnal Sistem Dan Informatika, 9(2), pp. 24–35.

Pramita, R, W, D., Rizal, N., & Sulistyan, R, B. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif.

Putri, F.P., Nugroho, A.A. and Utami, R.E. (2022) ‘Analisis Minat Belajar Matematika Siswa yang Diterapkan pada School from Home (SFH)’, Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(4), pp. 355–362. Available at: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i4.10856.

Rasyid. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Safitri, S. and Nurhayati, N. (2018) ‘Studi Pustaka: Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah’, Journal of Educational Review and Research, 1(2), p. 64. Available at: https://doi.org/10.26737/jerr.v1i2.1624.

Sandi, I.N., Ashadi, K. and Womsiwor, D. (2021) ‘Pembagian Lingkungan Olahraga’, Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(1), pp. 174–185. Available at: https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jpkr/citationstylelanguage/get/apa?submissionId=1013&publicationId=1361.

Sari, Y.I.K. and Imansyah, F. (2020) ‘Minat Siswa Kelas V Pada Ekstrakurikuler Renang di SD Negeri 216 Palembang’, DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), p. 125. Available at: https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.41137.

Siregar, N.F. (2021) ‘Minat Belajar Matematika pada Siswa SMP Negeri 7 Padangsidimpuan’, Logaritma : Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 8(02), pp. 255–266. Available at: https://doi.org/10.24952/logaritma.v8i02.3018.

Soraya, I. (2015) ‘Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Jakarta dalam Mengakses Fortal Media Jakarta Smart City’, Jurnal Komunikasi, 6(1), pp.10–23.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D, Alfabeta. Bandung.

Suharsono. (2007). Catur-Pedia. Kursus Kilat Teori & Praktik

Sulistiyowati, W. (2017) ‘Buku Ajar Statistika Dasar’, Buku Ajar Statistika Dasar, 14(1), pp. 15–31. Available at: https://doi.org/10.21070/2017/978-979-3401-73-7.

Turang, G.J. V, Sambiran, S. and Monintja, D.K. (2021) ‘Strategi Dinas Kepemudaan dan Olahraga Dalam Pembinaan Olahraga (Studi di Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Kotamobagu)’, Jurnal Governance, 1(2), pp. 1–9.

Yusra, Z., Zulkarnain, R. and Sofino, S. (2021) ‘Pengelolaan Lkp Pada Masa Pendmik Covid-19’, Journal Of Lifelong Learning, 4(1), pp. 15–22. Available at: https://doi.org/10.33369/joll.4.1.15-22.

Diterbitkan

2025-09-22

Cara Mengutip

Dea Natasya, F., Junresti Daya, W. ., & Decheline, G. . (2025). Analisis Minat Mahasiswa JPOK Terhadap Cabang Olahraga Catur Di Universitas Jambi. Dharmas Journal of Sport, 5(02), 94–102. https://doi.org/10.56667/djs.v5i02.1818