Pengembangan Media TETAS (Tebak Aktivitas) untuk Meningkatkan Kosakata Siswa Kelas 1 SD 4 Karangbener
Keywords:
Media Pembelajaran, Aktivitas Sehari-hari, Kosakata Bahasa IndonesiaAbstract
Dalam penelitian ini peneliti mempunyai tujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi kelayakan pada media pembelajaran yang berupa media TETAS (Tebak Aktivitas) aktivitas sehari – hari pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I. Pada penelitian ini digunakan metode R&D dengan model ADDIE menurut dick and carry. Subjek yang terdapat dalam penelitian ini yakni siswa kelas I dengan jumlah 27 siswa, yang terdiri 13 orang laki-laki dan 14 orang perempuan, SD 4 Karangbener Bae, Kabupaten Kudus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan angket untuk guru dan siswa. Efektivitas penelitian diukur menggunakan desain one group pretest-posttest. Data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dan kuantitatif yang dianalisis berdasarkan kategori dan kriteria penilaian untuk kelayakan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, media pembelajaran TETAS berhasil dikembangkan dan mendapat skor 4,76 dari respon guru, yang dikategorikan sangat baik. Selain itu, respon siswa mendapatkan skor 4,95 dengan kategori sangat baik (dapat digunakan sebagai contoh pembelajaran). Kedua, hasil pretest siswa rata-rata 50 meningkat menjadi 74,09 setelah penggunaan media TETAS, dengan peningkatan hasil belajar sebesar 24,09 atau 48,18%. Dari perolehan skor tersebut maka, media TETAS dapat dikatakan efektif dan layak dicontoh untuk meningkatkan penguasaan kosa kata siswa SD 4 Karangbener.
Downloads
References
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Gogahu, D. G. S., & Prasetyo, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1004–1015. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.493
Istiqomah, R. (2021). Pengembangan Media Anagram Dan Gambar Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakατα Bahasa Indonesia Siswa Kelas I Sd Negeri Purwoharjo. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Permatasari, K. T., Apriyani, E., Fitriyana, Z. N., (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berupa Alat Peraga Jam Sudut. Universitas Indraprasta PGRI Jakarta TB. Simatupang, 9(2), 83–88. https://doi.org/10.21831/jpms.v9i1.25823
Purnamasari, N. L. (n.d.). Metode Addie Pada Pengembangan Media Interaktif Adobe Flash Pada Mata Pelajaran Tik. STKIP PGRI Tulungagung
Safitri, Q. (2023). Pengembangan Media Puzzle Terhadap Penguasaan Kosa Kata Siswa Pada Materi Tubuhku Kelas 1 Sd Negeri Blang Kucak. Universitas Bina Bangsa Getsempena.
Salahuddin, A., & Okta Susilawati, W. (2023). Pengaruh Strategi KWL (Know, Want, Learn) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD: Studi Literatur. 4(1), 11–15.
Sapriyah, (2019) Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 470–477.
Setiawaty, R, Zahra, O. A., Ariyani, F., Wardani, K. U., RahayU, S., (2023) Pengembangan Modul Teks Deskripsi Untuk Meningkatkan Pemahaman Ide Pokok Bacaan Siswa Kelas V. Jurnal PENDAS, 8(2)
Syamsul, R., Arif, M., Mutiara Insani, S., Abidin, Y., Universitas, P., Indonesia, P., & Tasikmalaya, K. (2024). Pengembangan Media Eclipse Crossword Interaktif Pada Materi Kosakata Bahasa Indonesia Di Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal PENDAS, 9(01)
Syihabudin, S. A., & Ratnasari, T. (2020). Model Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal BELAIDIKA, (Vol. 01, Issue 01).