PENGEMANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GENIALLY PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS III SDN 11 KOTO BARU

Authors

  • Syah dila UNDHARI
  • M Anggrayni Universitas Dharmas Indonesia
  • MA Burhan Universitas Dharmas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/jveit.v6i1.1888

Keywords:

Interactive Learning Media, Science, 4D Model

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis genially pada pembelajaran IPAS di kelas III SDN 11 Koto Baru, jenis penelitian adalah Research & Development (R & D). Menggunakan model pengembangan 4D meliputi 4 tahapan yaitu tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), tahap development (pengembangan), dan tahap disseminate (penyebaran). Tahap define (pendefinisian), yaitu analisis kebutuhan dan analisis kurikulum. Kemudian tahap design (perancangan), yaitu merancang media pembelajaran interaktif berbasis genially dan instrumen validitas, praktikalitas dan efektifitas. Tahap development (pengembangan) yaitu uji validasi ahli kegrafikan, ahli materi/isi, ahli bahasa, ahli modul ajar dan ahli soal. Tahap terakhir yaitu tahap disseminate (penyebaran) yaitu peneliti melakukan penyebaran di kelas III SDN 11 Koto Baru. Hasil validasi isi atau materi, bahasa dan kegrafikan memperoleh skor rata-rata 87,72% kategori sangat valid. Uji validasi modul ajar memperoleh skor rata-rata 84,37% kategori sangat valid dan validasi soal memperoleh skor rata-rata 89,06% dengan kategori sangat valid. Kemudian uji praktikalitas yang dinilai oleh guru dan peserta didik mendapatkan skor rata-rata 96,25% kategori sangat praktis dan hasil uji efektifitas berupa soal pilihan ganda memperoleh skor rata-rata 90,47% dengan kategori sangat efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Filahanasari, E., Nopa Sari, L., & Anggrayni, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Kosa Kata Di Kelas Iii Sdn 308 Rantau Suli. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2525–2529. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.992.

Anggrayni, M., Agustin, E. R., & Darniyanti, Y. (2023). Pengembangan Media Video Animasi Pada Muatan Bahasa Indonesia Berbasis Aplikasi Capcut Di Kelas Iii Sdn 49/Vi Sungai Hitam 1 Kabupaten Merangin. 8(4), 2503–3875. https://doi.org/10.36709/bastra.v8i4.209.

Anggrayni, M., Indonesia, U. D., & Belajar, M. (2024). GAME INTERAKTIF WORDWALL PADA MATERI PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN. 9(1), 95–101.

Anggrayni, M., & Agustina, V. (2023). Pengembangan asesmen diagnostik Ipas dalam kurikulum merdeka kelas Iv Sdn 01 Sitiung. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5812-5820.

Afifah et al., 2022)Afifah, N., Kurniaman, O., & Noviana, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i1.24.

Apreasta, L., Anggrayn, M., & Rezeki, S. (2024). Pengembangan Media Puzzle Suku Kata Untuk Melatih Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas 1 SDN 05 Koto Baru. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 14(2), 420-430.

Ayuningtyas et al., 2024)Ayuningtyas, G., Bilqis, N. M., Permatasari, A. D., & Suciptaningsih, O. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Genially untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2404–2407. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3697.

Hanannika & Sukartono, 2022)Hanannika, L. K., & Sukartono, S. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis TIK pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6379–6386. https://doi.org/1031004/basicedu.v6i4.3269

Ramdani et al., 2021)Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2021). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Android Sebagai Sumber Belajar untuk Guru dan Peserta Didik. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i4.1026

Muina & Rifda, 2024)Muina, S., & Rifda, A. (2024). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis genially pada materi sumber energi kelas iii madrasah ibtidaiyah negeri 3 jember 2024.

Wulandari et al., 2021)Wulandari, R. M., Widyaningrum, L., & Arini, L. D. D. (2021). Pengaruh Inovasi Cerdas pada Sistem Muskuloskeletal melalui Media Pembelajaran Interaktif Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3034–3042. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1205

Downloads

Published

2025-07-31

How to Cite

dila, S., Anggrayni, M., & Burhan, M. (2025). PENGEMANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GENIALLY PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS III SDN 11 KOTO BARU. Journal of Vocational Education and Information Technology (JVEIT), 6(1), 13–22. https://doi.org/10.56667/jveit.v6i1.1888

Issue

Section

Education