perancangan Information System Design for Employee Leave Application at PT Perkebunan Nusantara VI Rimbo Dua, Tebo Regency.

perancangan sistem informasi pengajuan cuti karyawan di pt perkebunan nusantara VI rimbo Dua kabupaten tebo

Authors

  • Dedi Handoko Universitas Dharmas Indonesia
  • Asril Universitas Dharmas Indonesia
  • Yusran Universitas Dharmas Indonesia

Abstract

Cuti merupakan keadaan tidak masuk kerja yang diijinkan dalam jangka waktu tertentu. Cuti diberikan dalam rangka usaha menjamin kesegaran jasmani dan rohani maka dari itu cuti merupakan sebuah hak yang dimiliki oleh karyawan dalam masa kerja tertentu. Perkembangan teknologi sekarang ini membawa dampak yang baik bagi manusia, dalam hal ini khususnya bagi sebuah perusahaan, dimana teknologi dapat mempermudah kegiatan manusia. Salah satu implementasi teknologi informasi yang sangat banyak diterapkan pada perusahaan yaitu sistem informasi kepegawaian. Diantara aplikasi penting dalam sistem informasi kepegawaian adalah aplikasi pengajuan cuti, yang berfungsi untuk mengelola cuti pegawai, dimana pegawai mengambil suatu keadaan untuk tidak masuk kerja yang diijinkan dalam waktu tertentu. Perancanagan sistem bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan yang ditemui dalam pengelolaan cuti pada PT Perkebunan Nusantara VI Rimbo Dua Kabupaten Tebo dengan menggunakan metode waterfall yaitu: operasi dan pemeliharaan, integrasi dan pengujian sistem, implementasi dan pengujian unit, desain sistem dan perangkat lunak, analisis dan definisi persyaratan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa sistem pengajuan cuti yang terkomputerisasi diasumsikan dapat memudahkan admin dan karyawan PT Perkebunan Nusantara VI Rimbo Dua Kabupoaten Tebo memperoleh data pengajuan cuti yang lebih tepat, cepat dan akurat. Adanya sistem pengajuan cuti ini, resiko kehilangan data pengajuan cuti akan berkurang karena sudah tersimpan rapi didalam database dengan aman.

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract viewed = 14 times

References

A.G.Onibala., I. L. S., & L.O.H.Dotulong. (2018). Analisis Perbandingan Prestasi Kerja Karyawan Tetap Dan Karyawan Tidak Tetap Di Kantor Sinode Gmim. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(1), 380–387. https://doi.org/10.35794/emba.v6i1.19120.

Abdurahman, M. (2018). Sistem Informasi Data Pegawai Berbasis Web Pada Kementerian Kelautan Dan Perikanan Kota Ternate. Jurnal Ilmiah ILKOMINFO - Ilmu Komputer & Informatika.

Darmawan Deni, Fauzi. K. Nur. (2015). sistem informasi manajemen. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Handayani, N., & Suprapto, D. (2018). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN CUTI. 33–44.

Hawari, F. (2019). Sistem Informasi Pengajuan Cuti Karyawan Berbasis Web Menggunakan Framework CodeIgniter ( Studi Kasus : Oakwood Premiere Cozmo ) Pendahuluan Studi Literatur Metodologi Penelitian. 1(5), 177–184.

Hendrajana, I. G. M. R., Sintaasih, D. K., & Saroyeni, P. (2017). Analisis Hubungan Status Kepegawaian, Komitmen Organisasional dan Kinerja Karyawan. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 1, 357–384.

Hidayatullah Priyanto, Kiswistara. J. Khairul. (2020). pemrograman web.Informatika Bandung. Bandung.

Kristanto, A. (2018). Perancangan Sistem Informasi Dan Aplikasi.

Muhibbuthabary. (2015). DINAMIKA DAN IMPLEMENTASI HUKUM ORGANISASI PERUSAHAAN DALAM SISTEM HUKUM INDONESIA.

Noviana Eddy, Kurniawan Otang, M. H. N. (2018). TUGAS AKHIR MAHASISWA BERBASIS WEBSITE PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FKIP UNIVERSITAS RIAU Eddy Noviana , Otang Kurniaman , Muhammad Nailul Huda Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau PENDAHULUAN Perkembangan. 7(April), 1–12.

Nurhadi, A., Sastra, R., Studi, P., & Informatika, M. (2017). Pengembangan Aplikasi Web Pengajuan Cuti Pegawai Secara Online Studi Kasus : PT . Yapindo Transportama ( PCP Express ). 5(2).

Prabowo, M. J., Maulini, R., & Putra, S. D. (2019). APLIKASI PENGAJUAN CUTI KARYAWAN BERBASIS WEB PADA PT ERPORATE SOLUSI GLOBAL YOGYAKARTA. 1–7.

R.Abdullah. (2018). 7 in 1 pemrograman web untuk pemula.Elex Media Komputerindo. Jakarta.

S Rosa.A, M. S. (2018). rekayasa perangkat lunak. Informatika Bandung. Bandung.

Sasmito, G. W. (2017). Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal. 2(1), 6–12.

undang-Undang nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan.

Wibisono, A. (2020). NASKAH PUBLIKASI RANCANG BANGUN SISTEM PENGAJUAN CUTI PEGAWAI BERBASIS WEB (Studi Kasus : Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Brebes).

Published

2024-06-30

How to Cite

Dedi Handoko, Asril, & Yusran. (2024). perancangan Information System Design for Employee Leave Application at PT Perkebunan Nusantara VI Rimbo Dua, Tebo Regency.: perancangan sistem informasi pengajuan cuti karyawan di pt perkebunan nusantara VI rimbo Dua kabupaten tebo. Journal of Vocational Education and Information Technology (JVEIT), 5(1), 1–8. Retrieved from https://ejournal.undhari.ac.id/index.php/jveit/article/view/462

Issue

Section

Information Technology