REALISME MAGIS DAN MOTIF MISTISISME DALAM NOVEL KARYA SIMPLEMAN BESERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1309Keywords:
Characteristics of Magical Realism, the NovelAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik realisme magis dan motif mistisisme yang ternarasikan dalam novel KKN di Desa Penari (KDP) karya Simpleman dan mengimplikasikan novel KDP dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini memanfaatkan teori realisme magis Faris dan mistisisme Mulder. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan teknik analisis data menggunakan metode deskriptif analitik dan metode analisis isi (content analysis). Sumber data dalam penelitian, yakni novel KDP karya Simpleman sedangkan data yang dianalisis berupa satuan sintaksis dan wacana yang memuat karakteristik realisme magis dan motif mistisisme dalam novel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa realisme magis dalam novel tergambarkan melalui interaksi karakteristik seperti irreducible element, phenomenal world, unsettling doubt, merging realism, serta gangguan waktu, ruang, dan identitas yang saling mempengaruhi. Sementara itu, mistisisme dalam novel KDP digambarkan melalui tindakan dan kepercayaan tokoh yang positif, seperti penghormatan kepada leluhur dan berkonsultasi dengan dukun untuk mencapai kesucian dan pemahaman hidup yang lebih dalam. Novel ini memperkuat kepercayaan masyarakat Jawa terhadap mitos dan hal-hal magis, serta mengenalkan kompleksitas budaya dan kepercayaan lokal kepada pembaca, bahkan merombaknya. Sementara itu, implikasi karakteristik realisme magis dan motif mistisisme dalam pembelajaran di SMA mencakup identifikasi unsur intrinsik dan analisis nilai-nilai yang terkandung dalam novel
Downloads
References
Ahmadi, A. (2019). Metode Penelitian Sastra. Graniti.
Cresswell, J. W., & Poth, C. N. (2007). Qualitative Inquiry & Research Design (Choosing Among Five Approaches: Second Edition. SAGE Publications.
Failasufa, F., & Nuryatin, A. (2022). problematika, pembelajaran, bahasa Indonesia, sastra. Diglosia, 6(2), 539–544.
Faris, W. B. (2004). Ordinary Enchantments Magical Realism and the Remystification of Narrative. Vanderbilt University Press.
Frince S, M., Gusar, M. R. S., & Hutagalung, N. (2023). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR APRESIASI PROSA BERBASIS KEARIFAN LOKAL MENGGUNAKAN MOBILE LEARNING PADA MAHASISWA Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , Universitas HKBP Nommensen , Medan , Indonesia. 4(03), 12–19.
Lestari, N. M. N., Yasa, I. N., & Dewantara, I. P. M. (2021). Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Teks Sastra Drama Di Kelas Xi Sma Negeri 4 Singaraja. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 2(2), 256–264. https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.277
Maulidiyah, I. (UIN S. H. J. (2023). Karakteristik Realisme Magis Dalam Novel Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia di MA / SMA Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/76833
Mulder, N. (2001). Mistisisme Jawa Ideologi di Indonesia. LKiS Yogyakarta.
Mulia, S. W. (2015). Realisme Magis dalam Novel Simple Miracles Doa dan Arwah Karya Ayu Utami. Surabaya: Universitas Airlangga.
Nida, K. (2020). Pergeseran Nilai Unggah-Ungguh oleh Generasi Muda dalam Masyarakat Jawa (Studi Kasus Masyarakat Desa Getassrabi Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus). Sosial Budaya, 17(1), 46–55.
Pramono, J., Mulawarman, W. G., & Hanum, I. S. (2022). Analisis Novel Orang-Orang Biasa Tinjauan Sosiologi Sastra. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni Dan Budaya, 6(3), 1193–1217.
Ratna, N. K. (2006). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Pustaka Pelajar.
Ratna, N. K. (2011). Antropologi Sastra: Peranan Unsur-unsur Kebudayaan dalam Proses Kreatif. Pustaka Pelajar.
Setiawan, A., & Musaffak, M. (2019). Eksistensi Mistisisme Dalam Novel Amba Karya Laksmi Pamuntjak. KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 5(2), 146. https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no2.146-156
Simpleman. (2019). KKN di Desa Penari. PT Bukune Kreatif Cipta.
Subqi, I, D. (2018). Islam dan Budaya Jawa. PT Taujih.
Suwija, I. N. (2022). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Daerah Sesuai Kurikulum Merdeka Belajar. Sandibasa: Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 122–135. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/sandibasa/article/view/2007%0Ahttps://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/sandibasa/article/download/2007/1452
Wiyatmi. (2013). Sosiologi Sastra. Kanwa Publisher.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten