CLASSROOM MANAGEMENT OF ENGLISH TEACHERS IN TEACHING ENGLISH AT VOCATIONAL HIGH SCHOOL
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1330Kata Kunci:
Manajemen Kelas, Guru Bahasa InggrisAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana guru menerapkan prinsip pengelolaan kelas dalam proses belajar mengajar di SMKN 10 Bungo dan mengapa guru menerapkan prinsip tersebut dalam proses belajar mengajar siswanya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dimana sumber datanya adalah hasil observasi kelas dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah 3 guru bahasa Inggris di kelas X, XI dan XII. Data yang terkumpul dikelompokkan menurut tujuan penelitian, kemudian dideskripsikan dan dianalisis untuk mendapatkan data yang sebenarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua guru bahasa Inggris di SMKN 10 Bungo sepenuhnya menerapkan prinsip manajemen kelas dalam proses belajar mengajar pada 3 tahap sebelum kegiatan, selama kegiatan dan setelah kegiatan. Hampir semua prinsip pengelolaan kelas diterapkan selama pengoperasian. Sebelum dan sesudah kegiatan, guru hanya mengikuti tiga prinsip pengelolaan kelas: motivasi menekankan hal-hal positif dan meningkatkan disiplin diri. Hasil penelitian juga mengetahui alasan mengapa guru menerapkan prinsip pengelolaan kelas, khususnya untuk meningkatkan motivasi siswa dan meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa prinsip pengelolaan kelas belum sepenuhnya diterapkan oleh guru bahasa Inggris di SMKN 10 Bungo. Oleh karena itu, guru Bahasa Inggris perlu meningkatkan pengetahuannya tentang prinsip-prinsip manajemen kelas dalam pengajaran Bahasa Inggris. Harapannya, penelitian ini dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi guru Bahasa Inggris di bidang pendidikan.
Unduhan
Referensi
Abdissamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rappanna, Ed.; 1st ed.).
Anwar, K., Ubaidillah, M & Sulistiyo, U. (2020). Exploring EFL Teacher’s Classroom Management: The Case of Indonesian Remote Secondory School. Journal of Language and Education, 22-35.
Arsyad Azhar. (2015). Media Pembelajaran (Ed. Revisis). Raja Grafindo Persada.
Best, B., & Thomas, W. (2008). The Creative Teaching And Learning. Bloo,sbury Academic.
Blitar, D. C. (2013). Effective Classroom Management and Instruction: A Knowledge Base for Consultation. National Association of School Psychologists.
Brown, H. D. (2004). Language Assessment: Principles and Classroom Practices. Longman.
Brown, H. D. (2007). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy (3rd ed.). Pearson Education.
Dyah. (2020). An Analysis of English Teachers’ Classroom Management at SMKN 3 Padang. Journal of English Language Teaching, 9.
J McLeod, J Fisher, & G Hoover. (2003). the key elements of classroom management. ASCD.
Kozma, R. B. (2012). Learning with Media . Sage Journal , 103–145.
Marzano, R., & Marzano. Jana. (2003). The Key to Classroom Management. Educational Leadership , 61(1), 1–11.
Moosa, M. S. (2015). Discipline– Improving Classroom Management through Action Research: A Professional Development Plan. Hamdard University.
Rido, A., Nambiar, R.M.K., Ibrahim, N. (2016). Teaching and Classroom Management Strategies of Indonesian Master Teacher: Investigating a Vocational English Classroom. The Southest Asian Journal of English Language Studies. Vol 22 (3) : 93-109
Sieberer-Nagler, K. (2015). Effective Classroom-Management & Positive Teaching. English Language Teaching, 9(1), 163. https://doi.org/10.5539/elt.v9n1p163
Sooriya, P. (2017). Non Verbal Communication . lulu publication.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R dan D. Alfabeta.
Wong, H., & wong, R. (2022). THE Classroom Instruction Book . Harry wong publication.
Yasin, B., Mustafa, F., & Bina, A.M.S. (2022). Effective Classroom Management in English as A Foreign Language Classroom. Parole, 12 (1), 2022, 91-102
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten