PENGARUH MEDIA BLOG TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X

Authors

  • Helperia Sihombing Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Monalisa Frince S Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Sarma Panggabean Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Beslina Afriani Siagian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Martua Reynhat Sitanggang Gusar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v4i1.1354

Keywords:

Media Blog, Keterampilan Menulis Puisi

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media blog terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMK Negeri 6 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas X SMK Negeri 6 Medan tahun pembelajaran 2024/2025 yang terdiri dari 9 kelas yang berjumlah 304 orang, dari populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak 30 orang yakni kelas X AKL 1 Yang dipilih secara simple random sampling.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest- posttest design dengan masalah dan tujuan penelitian untuk mengetahui keterampilan menulis puisi siswa dan untuk memperoleh data instrumen yang digunakan adalah tes penugasan.Dari analisa data diperoleh hasil pretest siswa sebelum menggunakan media blog menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 60,93 sedangkan hasil posttest siswa sesudah menggunakan media blog menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 80,8. Pengujian hipotesis dengan uji ”t” mendapatkan hasil Thitung > Ttabel = 8,534504 > 1,671553. Berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima, dengan demikian dapat dinyatakan keterampilan menulis puisi siswa kelas x di SMK Negeri 6 Medan berpengaruh menggunakan media blog.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Helperia Sihombing, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Monalisa Frince S, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Sarma Panggabean, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Beslina Afriani Siagian, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Martua Reynhat Sitanggang Gusar, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

References

Ane, Y., Liubana, M. M. J., & Rahayu, I. K. (2022). Kemampuan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Media Serbaneka Oleh Siswa Kelas Viii Smp Negeri Oelneke The Abilti In Wrting Poetry Using Multi Media By The Students Of State Junior High School Of Oelneke 1. 7, 90–100. Https://Doi.Org/10.32938/Jbi.V7i2.3394

Apriliana, A. (2022). Penggunaan Media Padlet Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Pada Siswa Smp Islam Al Kautsar. Jurnal Impresi Indonesia, 1(6), 594–603. Https://Doi.Org/10.58344/Jii.V1i6.76

Arida, A., Bahri, A., & Paida, A. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Blog Terhadap Minat Belajar Pada Keterampilan Menulis Pengalaman Pribadi Murid Kelas V Sdn 179 Tanah Beru Kabupaten Bulukumba. Blaze: Jurnal Bahasa Dan Sastra Dalam Pendidikan Linguistik Dan Pengembangan, 2(1), 86–97.

Ayutiani, N., Friantary, H., & Martina, F. (2022). Efektivitas Pemanfaatan Media Blog Wordpress Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Pada Siswa Kelas Xi Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Kota Bengkulu. Jpi: Jurnal Pustaka Indonesia, 2(2), 105–112. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.62159/Jpi.V2i2.424

Citraningrum, D. M. (2016). Menulis Puisi Dengan Teknik Pembelajaran Yang Kreatif. Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1).

Handayani, R. K. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Lagu Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Ditinjau Dari Pemahaman Bahasa Figuratif (Eksperimen Pada Siswa Kelas 10 Sma N 1 Gemolong, Sragen Tahun 2010/2011).

Harahap, R. (2021). Pengaruh Media Blog (Jurnal Online) Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Rantau Prapat. Basastra, 10(1), 95.

Kassa, N., Anzar, A., & Baso, B. S. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Scrapbook Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Di Kelas Iv Sdn 488 Patoko. Cakrawala Indonesia, 8(2), 106–114. Https://Doi.Org/10.55678/Jci.V8i2.925

Lianantara, Z. (2022). Keterampilan Menulis Puisi Dengan Media Lagu Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 01 Totokaton Punggur Lampung Tengah. Iain Metro.

Lina, R., & Juwita, P. (2021). Pengaruh Metode Karya Wisata Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Bertema Keindahan Alam. Jurnal Komunitas Bahasa, 9(2), 62–67.

Manshur, U., Khotimah, I., & Sholihah, I. (2022). Pengaruh Media Blog Terhadap Peningkatan Semangat Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Aliyah Wali Songo Sebaung Gending Probolinggo. Palapa, 10(1), 149–169. Https://Doi.Org/10.36088/Palapa.V10i1.1749

Muhtar, N. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Siswa Kelas Viii A Mts Al-Ikhlas Pacet Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2016-2017. Metamorfosis| Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 11(1), 27–38.

Ningrum, F. A. K. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write Melalui Media Poster Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Tema Cita-Citaku Pada Siswa Kelas Iv Sdn Yosorati 02 Jember. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 64–72. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.26740/Eds.V4n1.P64-72

Nufus, H., Subyantoro, S., & Pristiwati, R. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Blog Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Feature Mahasiswa. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 5(2), 423–432.

Nurhayati, N., & Nirmawan, N. (2023). Pengaruh Media Blog Terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerpen Pada Siswa Kelas Xl Mas Al-Washliyah Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2022-2023. Sintaks: Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, 3(2), 199–204.

Permana, D., & Indihadi, D. (2018). Penggunaan Media Gambar Terhadap Pembelajaran Menulis Puisi Peserta Didik. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 193–205.

Puspasari, Q. K., & Setyaningsih, N. H. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Picture And Picture Dan Model Sugesti Imajinasi Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Pada Siswa Kelas Viii Smp. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 19–25. Https://Doi.Org/10.15294/Jpbsi.V9i1.27572

Putri, N. N., & Rukiyah, S. (2021). Keefektifan Media Wattpad Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Pada Siswa Kelas X Smk Setia Darma Palembang. Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 5(1), 381–394.

Rida, A., Bahri, A., & Paida, A. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Blog Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Keterampilan Menulis Pengalaman Pribadi. Didaktis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 33–38. Https://Doi.Org/10.33096/Didaktis.V2i1.581

Risqiyah, U. N., & Mulianingsih, F. (2022). Pengaruh Media Vlog (Video Blogging) Mitigasi Bencana Covid 19 Terhadap Hasil Belajar Ips Smp N 02 Randudongkal Pemalang. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran Ips, 4(1), 39–42.

Sabarini, N. E., & Ali, H. (2024). Pengaruh Teknologi Informasi, Pemanfaatan Blog Dan Database Terhadap Sistem Informasi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial (Jmpis), 5(3).

Saepuloh, M. F., Nurwahidah, L. S., & Kartini, A. (2021). Media Pembelajaran Podcast Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi. Caraka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Bahasa Daerah, 10(2), 107–116.

Sari, Y. K., Prasetya, A., & Kusuma, A. B. (2023). Sosialisasi Dan Pelatihan Pembuatan Blog Sebagai Media Pemasaran Online Pada Pelaku Usaha Umkm Kelurahan Plosokandang Kabupaten Tulungagung. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(8), 1589–1595.

Siregar, J. (2022). Analisis Semiotik Pada Puisi “Makna Sebuah Titipan” Karya Ws Rendra. Sintaks: Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, 2(1), 88–94.

Suhermi, S., & Juwita, P. (2024). The Use Of Blog Media On The Ability To Write Short Stories By Class Xi Students Sma Negeri 1 Simpang Kanan. Journal Of Humanities And Social Studies, 2(04), 1424–1434.

Yanti, N., Gafar, A., & Rofii, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Rakyat Siswa Kelas Vii Smp Negeri 6 Kota Jambi Tahun Ajaran 2017/2018. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 67. Https://Doi.Org/10.33087/Aksara.V2i2.74

Yuliantini, T. (2019). Kajian Stilistika Terhadap Diksi Dalam Kumpulan Puisi Malu (Aku) Jadi Orang Indonesia Karya Taufiq Ismail Serta Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Di Smk. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(1), 36–45.

Published

2025-06-24

How to Cite

Sihombing, H., S, M. F., Panggabean, S., Siagian, B. A., & Gusar, M. R. S. (2025). PENGARUH MEDIA BLOG TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1). https://doi.org/10.56667/de_journal.v4i1.1354

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.