REVOLUSI DIGITAL DALAM PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI MAS DINIYAH LIMO JURAI: PERAN APLIKASI EDM KEMENAG

Authors

  • Yusri Yaldi Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Supratman Zakir Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Agus Salim Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Lalusayuti Lalusayuti Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1357

Keywords:

Digital Revolution; Education Management; MAS Diniyah Limo Jurai; Ministry of Religion EDM application

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak revolusi digital terhadap manajemen pendidikan di MAS Diniyah Limo Jurai melalui penerapan aplikasi Manajemen Data Pendidikan (EDM) yang dikembangkan oleh Kementerian Agama (Kemenag). Revolusi digital telah mengubah banyak aspek kehidupan, termasuk pendidikan, di mana pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) menjadi krusial untuk meningkatkan efisiensi, transparansi, dan kualitas manajemen pendidikan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metodologi studi kasus, mengumpulkan data melalui wawancara mendalam, observasi langsung, serta analisis dokumen dan laporan terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi EDM di Kementerian Agama memberikan kontribusi positif dalam pengelolaan data siswa, manajemen sekolah, dan pelaporan akademik. Selain itu, aplikasi ini mempermudah koordinasi antara sekolah dan Kementerian Agama serta akses informasi bagi orang tua dan siswa. Namun, tantangan seperti infrastruktur teknologi yang terbatas, resistensi terhadap perubahan, dan kebutuhan akan pelatihan bagi staf sekolah perlu diatasi untuk memaksimalkan manfaat revolusi digital dalam pendidikan. Studi ini memberikan wawasan tentang pentingnya teknologi dalam manajemen pendidikan dan menyoroti peran strategis aplikasi EDM dalam mendukung transformasi digital lembaga pendidikan di Indonesia, dengan harapan rekomendasi yang dihasilkan dapat memandu kebijakan dan praktisi pendidikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract viewed = 355 times

References

Aprizal, Yusuf. 2023. “Pendampingan Penyusunan Rencana Kerja Dan Anggaran Madrasah (RKAM) Melalui Aplikasi E-RKAM Pada Madrasah Di Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan.” Meuseuraya - Jurnal Pengabdian Masyarakat 2 (1): 34–44. https://doi.org/10.47498/meuseuraya.v2i1.1957.

H.M.Sukardi. 2011. Evaluasi Pendidikan: Prinsip Dan Operasionalnya. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Handika, Handika. 2023. “Implementasi Edm Dan E-Rkam Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Mi Terpadu Al Husna Klaten.” Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 12 (1): 21–29. https://doi.org/10.30863/ajmpi.v13i1.3381.

Mitrohardjono, Margono. 2020. “Mengimplementasikan Konsep Manajemen Berbasis Sekolah ( MBS ) Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan ( Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Syawaifiyyah Jakarta Utara ) Memperhatikan Beberapa Pendekatan . Menurut Kerja , Dimana Pendekatan Ini Seringkali Disebut Yan.” Jurnal Tahdzibi : Manajemen Pendidikan Islam 5 (1): 19–32. https://doi.org/10.24853/tahdzibi.5.1.19-32.

Mustafa. 2022. “Evaluasi Diri Madrasah (EDM) Pada Madrasah Aliyah Nahdatut Thulab Talang Babat Kabupaten Tanjung Jabung Timur.” Program Studi Manajemen Pendidikan: Pascasarjana Universitas Jambi, 1–104.

Oemar Hamalik. 2007. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Oktaviani, Resy, and Fatmariza Fatmariza. 2018. “Implementasi Program Keluarga Harapan Dalam Pengentasan Kemiskinan Di Pesisir Selatan.” Journal of Civic Education 1 (2): 123–32. https://doi.org/10.24036/jce.v1i2.208.

Prawira, Azhari. 2022. “Pemanfaatan Sistem Komputer Dalam Sistem Informasi Manajemen.” Jambura Journal of Educational Management 1 (1): 157. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/7b59w%0Ahttps://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/nazzama/article/view/36139.

SA’IDU, NUR. 2021. “Implementasi Aplikasi Edm Dan E-Rkam Dengan Menggunakan Aplikasi G-Suite for Education Pada Madrasah Sasaran Proyek Realizing Education’S Promise-Madrasah Education Quality Reform (Rep-Meqr) Ibrd Loan Number: 8992-Id Th.2020-2024.” STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran 1 (2): 193–99. https://doi.org/10.51878/strategi.v1i2.598.

Safira, Dilla. 2021. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Penguatan Softkill (Studi Kasus Di Sdit Bayyinah Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh).”

Shilpy A Octavia, Asep Muharom, Saeful Uyun, Lilih Hilalilah. 2020. “Manajemen Sekolah, /Madrasah Adiwiyata.”

Suharsimi Arikunto. 2004. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukardi. 2015. Evaluasi Pendidikan: Prinsip Dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahab, Abdul. 2011. “Implemntasi Evaluasi Diri Madrasah (EDM) Dalam Upaya Penguatan Manajemen Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Surabaya.” UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL.

Wulandari, Avina Eki. 2022. “Implementasi Evaluasi Diri Madrasah Sebagai Modal Penyusunan Rencana Kerja Anggaran Madrasah.” Journal of Islamic Education Leadership 2 (2): 114–28. https://doi.org/10.30984/jmpi.v2i2.384.

Published

2024-07-28

How to Cite

Yaldi, Y., Zakir, S. ., Salim, A. ., & Lalusayuti, L. (2024). REVOLUSI DIGITAL DALAM PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI MAS DINIYAH LIMO JURAI: PERAN APLIKASI EDM KEMENAG. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 691–699. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1357

Issue

Section

Articles