KEBIJAKAN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM

Authors

  • Siti Solekha Magister Manajemen Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Purwati Purwati Magister Manajemen Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Nurkolis Nurkolis Magister Manajemen Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1573

Keywords:

Policy, Assessment, Minimum Competence

Abstract

meningkatkan kualitas pendidikan melalui evaluasi kemampuan dasar siswa. AKM difokuskan pada pengukuran kemampuan literasi dan numerasi yang dianggap penting untuk mendukung pembelajaran siswa di tingkat selanjutnya. Artikel ini membahas latar belakang diterapkannya AKM, tujuan utama dari kebijakan ini, serta tantangan yang dihadapi dalam implementasinya di berbagai sekolah di Indonesia. Melalui beberapa pendekatan, artikel ini mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi efektivitas AKM, termasuk kesiapan sekolah, tenaga pendidik, serta dukungan teknologi dan infrastruktur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa AKM memiliki potensi untuk menjadi instrumen penting dalam memperbaiki kualitas pendidikan, namun keberhasilannya sangat tergantung pada pelatihan guru, penyediaan sarana pembelajaran yang memadai, dan pemahaman yang komprehensif mengenai tujuan evaluasi yang tidak sekadar bersifat administratif. Tulisan ini memberikan rekomendasi untuk optimalisasi kebijakan AKM agar sejalan dengan kebutuhan pendidikan abad ke-21.

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract viewed = 536 times

References

Aprilyanti, S., Asbari, M., Supriyanti, A., & Fadilah, I. A. (2024). Catatan Pendidikan Indonesia: Evaluasi, Solusi, & Ekspektasi. Journal of Information Systems and Management (JISMA).

Asrijanty. (2020). Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan implikasinya pada pembelajaran. In Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Barokah, N., Mardiana, R., & ... (2021). Implementasi Penggunaan Komputer sebagai Alternatif Media Pembelajaran terhadap Peningkatan Kesiapan Tes AKM bagi Kelas 5 Tingkat Sekolah Dasar atau Sederajat. SEMAI: Seminar …, 1, 143–161.

Fadilatussyifa, Z., & Setyaningsih, N. (2023). Analisis keterampilan metakognisi siswa dalam memecahkan masalah Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) ditinjau dari gaya kognitif. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.33654/math.v9i2.2163

Ghani, S., & Zharfa, M. (2020). Pengaruh Penghapusan Ujian Nasional Terhadap Motivasi Belajar Perserta Didik Di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tematik, 1(3), 184–196.

Hasanah, M., & Hakim, T. F. L. (2021). Analisis Kebijakan Pemerintah Pada Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) Sebagai Bentuk Perubahan Ujian Nasional (UN). Irsyaduna: Jurnal Studi …, 1(3), 252–260.

Heti Aisah, Qiqi Yulianti Zaqiah, & A. Supiana. (2021). Implementasi Kebijakan Asesmen Kemampuan Minimum (AKM): Analisis Implementasi Kebijakan AKM). Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 1(2), 128–135. https://doi.org/10.69775/jpia.v1i2.25

Iman, N., Usman, N., & Bahrun, B. (2021). Implementasi Kebijakan Sekolah Dasar dalam Menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i2.14464

Mansir, F. (2022). TANTANGAN DAN ANCAMAN ANAK INDONESIA: POTRET PENDIDIKAN NASIONAL ERA DIGITAL. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.26877/paudia.v11i1.9990

Muliantara, I. K., & Suarni, N. K. (2022). Strategi Menguatkan Literasi dan Numerasi untuk Mendukung Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4847–4855. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2847

Norfika Yuliandari, R., & Hadi, S. (2020). Implikasi Asesmen Kompetensi Minimum Dan Survei Karakter Terhadap Pengelolaan Pembelajaran SD. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 194–205.

putri halimaini, asnil aidah ritonga, mohammad al farabi. (2023). Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 4(1), 52–63.

Rahmania, L. A. (2021). Optimalisasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Persiapan Asesmen Nasional. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts. https://doi.org/10.17977/um064v1i42021p450-461

Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993

Salirawati, D. (2021). Identifikasi Problematika Evaluasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(1), 17–27. https://doi.org/10.24246/juses.v4i1p17-27

Shofia Hattarina, Nurul Saila, Adenta Faradila, Dita Refani Putri, & RR.Ghina Ayu Putri. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Lembaga Pendidikan. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1, 181–192.

Sinyanyuri, S., Utomo, E., Sumantri, M. S., & Iasha, V. (2022). Literasi Sains dan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM): Integrasi Bahasa dalam Pendidikan Sains. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2286

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916

Wibowo, A. M. (2022). Pergeseran Paradigma Pembelajaran: Analisis Dampak Penerapan Asesmen Nasional Dalam Bingkai Teori Kognitif Sosial. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 14(2), 137–152. https://doi.org/10.18860/mad.v14i2.16023

Widodo, H. (2021). Evaluasi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Zakso, A. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI INDONESIA. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora. https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.65142

Zidni Ilman Nafi’a, M., Kuswandi, D., Kurniawari, C., & Aulia, F. (2021). Konsep Merdeka Belajar dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. SNASTEP: Pemberdayaan Teknologi Pembelajaran Dalam Tatanan Multidisipliner Di Era 4.0.

Published

2025-04-28

How to Cite

Solekha, S. ., Purwati, P., & Nurkolis, N. (2025). KEBIJAKAN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 972–979. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1573

Issue

Section

Articles