Implementasi Model Kepemimpinan Situasional: Kebijakan Merdeka Belajar Tentang Relaksasi Dana Bos Dan Dampaknya Terhadap Aksesibilitas Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.503Kata Kunci:
Kepemimpinan, Situasional, BOS, Merdeka BelajarAbstrak
Tujuan penelitian ini antara lain: 1) Menelaah kebijakan merdeka belajar tentang relaksasi dana BOS menurut teori kepemimpinan situasional; 2) Menganalisis dampak kebijakan realisasi kebijakan relaksasi dana BOS terhadap aksesibilitas Pendidikan (partisipasi dan tingkat penyelesaian Pendidikan) di masa pandemi covid 19. Unit analisis penelitian ini adalah kebijakan relaksasi dana BOS pada tingkat SD/sederajat, SMP/sederajat, SMA/K/sederajat. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix methods, yaitu menggunakan kajian Pustaka untuk menjawab tujuan penelitian yang pertama, dan menggunakan analisis data sekunder yang bersumber dari Badan Pusat Statistik untuk menjawab tujuan penelitian yang kedua. Berdasarkan telaah Pustaka dan analisis data sekunder, penelitian ini menyimpulkan: 1) Model kepemimpinan Mendikbudristek sejalan dengan gaya kepemimpinan S2 (Selling-Coaching). Mendikbudristek menetapkan kebijakan merdeka belajar yang tertuang dalam Permendikbud Nomor 8 dan Nomor 19 tahun 2020 sebagai bentuk perilaku arahan dan dukungan yang tinggi dalam merespon situasi pademi covid untuk memudahkan sekolah dalam membelanjakan anggaran BOS agar proses pembelajaran dapat optimal; 2) Penggunaan dana BOS di sekolah mayoritas telah mengikuti mekanisme yang ditetapkan oleh Mendikbudristek dalam program Merdeka Belajar: Relaksasi Dana BOS. Dana BOS terbukti terdapat korelasi dengan aksesibilitas Pendidikan dan memiliki dampak yang positif.
Unduhan
Referensi
Dwinda, Anggita. 2021. Empat Model Kepemimpinan Situasional. Diakses melalui https://employers.glints.id/resources pada 20 Oktober 2021
Hakim, Adi Lukman., Faizah, Erna Nur., Mas'adah, Ninik. 2021. Analysis Of Leadership Style By Using The Model Of Hersey And Blanchard. Journal of Leadership in Organizations, Vol.3, No. 2 (2021) 138-148. Doi: https://doi.org/10.22146/jlo.64390
Handoko, T. Hani. 2000. Manajemen. Edisi 2. Yogyakarta: BPFE.
Hartono. 2018. Pengaruh Kepemimpinan Situasional Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Dan Organizational Citizenship Behavior Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Kantor PT. Nindya Karya Cabang Makassar). Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Hasanuddin Makassar
Hersey, Paul dan Blanchard, K. 1994. Manajemen Perilaku Organisasi: Pendayagunaan Sumber Daya Manusia. Terjemahan Agus Dharma, Airlangga, Jakarta.
Jyoti, J., & Dev, M. 2015. The Impact Of Transformational Leadership On Employee Creativity: The Role Of Learning Orientation. Journal of Asia Business Studies, 9(1), 78-98. doi:https://doi.org/10.1108/JABS-03-2014-0022
Northouse, Peter, G. 2020. Kepemimpinan: Teori dan Praktik (Edisi Keenam, Bahasa Indonesia). PT Indeks Permata Puri Media.
Putra, G. N., & Dewi, I. 2019. Effect Of Transformational Leadership And Organizational Culture On Employee Performance Mediated By Job Motivation. International Research Journal of Management, IT and Social Sciences, 6(6), 118-127. doi:https://doi.org/10.21744/irjmis.v6n6.778
Safdar, S., & Liu, S. 2017. Effect of transformational leadership on employee creativity through organizational commitment. International Journal of Managerial Studies and Research, 61-67. doi:http://dx.doi.org/10.20431/2349-0349.0601009
Santoso, C.Budi. 2019. Exploration Of Asia Leadership Theory: Looking For An Asian Role In The Field Of Leadership Theory. Journal of Leadership in Organizations Vol.1, No. 1 (2019) 67-78. Doi: https://doi.org/10.22146/jlo.44599
Siagian, S. P. 2003. Teori dan Praktek Kepemimpinan (cetakan kelima). Jakarta: Rineka Cipta.
Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press
Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Tilawati, Sri. 2021. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional, Motivasi Kerja Guru dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Deli Serdang. Tesis: Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Tinggi Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 DE_Journal (Dharmas Education Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten