Efektivitas Metode Timeline Berbasis QR Code dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam

Authors

  • Rizan Rudiana Hidayat Fakultas Agama Islam, Universitas Majalengka, Jawa Barat, Indonesia
  • Nurhidayat Nurhidayat Fakultas Agama Islam, Universitas Majalengka, Jawa Barat, Indonesia
  • Herdianto Wahyu Pratomo Fakultas Agama Islam, Universitas Majalengka, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v6i1.1828

Keywords:

Timeline Method, QR Code, Understanding, History of Islamic Culture

Abstract

Sejarah Kebudayaan Islam ialah mata pelajaran yang mempelajari terkait peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa lampau. Pembahasannya yang kompleks dan banyak membuat siswa kesulitan dalam memahami dan mempelajari mata pelajaran tersebut. Metode penelitian yang digunakan ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada model Kemmis & Taggart yang dalam pelaksanaannya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi yang terdiri dari dua siklus. Pengumpulan data diperoleh secara kuantitatif dari hasil tes (skor pre-test dan post-test) dan non tes (observasi dan dokumentasi). Teknik analisis yang digunakan ialah analisis deskriptif kuantitatif yang menyajikan data penelitian melalui tabel dan grafik untuk mendeskripsikan hasil tindakan yang telah dilaksanakan. Pengumpulan data diperoleh secara kuantitatif dari hasil tes (skor pre-test dan post-test) dan non tes. Hasil dari penelitian menunjukkan metode timeline berbasis QR Code efektif dalam meningkatkan pemamahan siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa yang meningkat dari 67,24 pada saat pra siklus meningkat menjadi 89,24 pada siklus II. Dan presentase ketuntasan klasikal dari 24% pada saat pra siklus meningkat menjadi 96% pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa metode timeline berbasis QR Code efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliy, M. A., & Muntaha, D. (2024). PENERAPAN METODE TIMELINE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SKI DI MTS MA ’ ARIF GARUNG WONOSOBO. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia (JRPI), 4, 71–82.

Anggreini, T. A. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Timeline Mata Pelajaran SKI Kelas VII MTS Al-Ma’arif Gebang. Invention: Journal Research and Education Studies, 2(2), 26–33. https://doi.org/10.51178/invention.v2i2.569

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Baheroh, E., Yanti, E., Sihombing, M. W., Nabilla, E. R., Masliah, I., & Mulyani, E. (2025). ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN QR CODE PADA LKS MATEMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN PEMBELAJARAN SISWA SDN SERANG 3. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pendidikan, 4(1).

Choliddiya’Uddin, B., & Yuliastutik, Y. (2025). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Timeline dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dan siswi SMA Jati Agung Sidoarjo. Borneo Journal of Islamic Education, 5(1), 13–23.

Darmalinda, & Fadriati. (2024). PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM ( ANALISIS KONSEPSI , TUJUAN , MATERI , STRATEGI , DAN EVALUASI PEMBELAJARAN). Al-Hasanah : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9, 92–107.

Fu’adah, F., Fadillah, N., & Huda, M. (2024). APLIKASI METODE HISTORICAL TIMELINE DALAM PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH. Jurnal Pendidikan DanPemebelajaran (JPP), 6, 12–24.

Hamim, A. H., Muhidin, M., & Ruswandi, U. (2022). Pengertian, Landasan, Tujuan dan Kedudukan PAI Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Dirosah Islamiyah, 4(2), 220–231. https://doi.org/10.47467/jdi.v4i2.899

Harmonika, S., Sadarudin, M., & Suparmo, G. (2022). Implementasi Metode Pembelajaran Timeline untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs NW Suralaga. At-Tadbir, 2(1), 11–22. https://doi.org/10.51700/attadbir.v2i01.304

Hasmar, A. H. (2020). Problematika Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(1), 15. https://doi.org/10.22373/jm.v10i1.6789

Jailani, M. S., & Saksitha, D. A. (2024). Tehnik analisis data kuantitatif dan kualitatif dalam penelitian ilmiah. Jurnal Genta Mulia, 15(2), 79–91.

Jampa, K. (2023). PENERAPAN METODE TIME LINE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA MAPEL SKI MATERI STRATEGI DAKWAHNABI MUHAMMAD SAW KELAS VII MTS NEGERI 1 POSO. Al-Mihnah : Jurnal Pendidikan Islam Dan Keguruan, 1(2), 326–334.

Lubis, D. M. R., Manik, E., Mardianto, & Nirwana Anas. (2021). Strategi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Islamic Education, 1(2), 68–73. https://doi.org/10.57251/ie.v1i2.72

Magdalena, I., Annisa, M. N., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis penggunaan teknik pre-test dan post-test pada mata pelajaran matematika dalam keberhasilan evaluasi pembelajaran di sdn bojong 04. Nusantara, 3(2), 150–165.

Marlina, R. (2025). Penggunaan Media QR Code Islami untuk Kegiatan Hafalan Doa Sehari-HariRA Shirotol Mustaqim. JURNAL Studi Tindakan Edukatif (JSTE), 1(2), 164–168.

Nisa, K. (2023). Implementasi Metode Timeline pada Materi Sejarah Kebudayaan Islam dalam Pembelajaran PAI di SMA Negeri 2 Padang. Yasin, 3(4), 784–799. https://doi.org/10.58578/yasin.v3i4.1524

Nurhadi. (2020). Teori kognitivisme serta aplikasinya dalam pembelajaran. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2, 77–95.

Permana, Y., Araniri, N., & Nurhidayat, N. (2020). Penerapan Metode Peer Teaching Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Silam Di Sekolah Menengah Atas. Eduprof: Islamic Education Journal, 2(2), 242–260.

Riandita, L., Sanjaya, R., Muftachina, N., & Anggraeni, D. (2023). Implementasi Penggunaan Qr Code Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (Smp) Salafiyah Pekalongan. Mozaic : Islam Nusantara, 9(1), 15–28. https://doi.org/10.47776/mozaic.v9i1.651

Riswansyah, A. P., Antoni, D., & Maulana, R. (2024). Implementasi Teknologi QR Code Pada Sistem Pembayaran Bisnis UMKM “Zea Corn Blend.” Jurnal Sains Informatika Terapan, 3(1), 1–5.

Syaifudin, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Borneo : Journal of Islamic Studies, 1(2), 1–17. https://doi.org/10.37567/borneo.v1i2.440

Syurgawi, A., & Yusuf, M. (2020). Metode Dan Model Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Maharot : Journal of Islamic Education, 4(2), 175. https://doi.org/10.28944/maharot.v4i2.433

Winarni, D. F. (2023). Pengembangan Handout Berbasis Qr Code. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 661–670. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.350

Yasmansyah, Y. (2022). Konsep merdeka belajar kurikulum merdeka. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(1), 29–34.

Yusuf, M. Y. M., & Marfiyanti, M. (2023). Relevansi Penddikan Agama Islam dan Sistem Pendidikan Nasional. Mauizhah: Jurnal Kajian Keislaman, 13(2), 298–307.

Published

2025-06-30

How to Cite

Hidayat, R. R., Nurhidayat, N., & Pratomo, H. W. (2025). Efektivitas Metode Timeline Berbasis QR Code dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 6(1), 178–186. https://doi.org/10.56667/de_journal.v6i1.1828

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.