Analisis Kebutuhan Media Board Game untuk Membiasakan Kemampuan Literasi Siswa Kelas III SD

Penulis

  • Salma Annazhira Salma Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Herlina Usman Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Mahmud Yunus Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v6i1.1841

Kata Kunci:

Kemampuan Literasi, Board Game, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan media board game sebagai solusi inovatif dalam membiasakan kemampuan literasi siswa kelas III SD, yang dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan kemampuan literasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Rendahnya kemampuan literasi ini diakibatkan oleh kurangnya motivasi dan konsentrasi siswa, serta metode pembelajaran yang kurang variatif, sehingga menyebabkan kebosanan dan penurunan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Rawamangun 12 menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan  model  ADDIE  yang  meliputi  tahap  analisis,  desain,  pengembangan,  implementasi,  dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi yang melibatkan guru wali kelas III serta siswa sebagai subjek penelitian. Analisis kebutuhan menunjukkan bahwa untuk membiasakan kemampuan literasi dibutuhkan media pembelajaran yang interaktif untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan siswa lebih tertarik pada pembelajaran berbasis visual dan permainan, sehingga media yang dikemas dalam bentuk board game dapat menjadi solusi inovatif untuk mengoptimalkan kemampuan literasi siswa. Oleh karena itu, dengan adanya penelitian ini di harapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan media pembelajaran kreatif serta mengoptimalkan kemampuan literasi bagi siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adibah, F. N., Hairunnisa, S. N., Purwanto, V. D., Marini, A., & Yunus, M. (2024). Kajian Literatur Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 4(3), 133–144.

Alfian, M. R., Awalushaumi, L., Marwan, M., Bahri, S., Syechah, B. N., & Robbaniyyah, N. A. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Bidang Matematika Siswa Madrasah Aliyah Manhalul Ma’Arif Darek Lombok Tengah Berdasarkan Analisis Data Pisa. Jurnal Pepadu, 4(2), 309–313. https://doi.org/10.29303/pepadu.v4i2.2641

Andrianti, S. (2018). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Fasilitator Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Literasi. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 1(2), 232–249. https://doi.org/10.34081/fidei.v1i2.13

Azizatunnisa, F., Sekaringtyas, T., & Hasanah, U. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Game Edukatif Pada Pembelajaran Ipa Kelas Iv Sekolah Dasar. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 14–23. https://doi.org/10.37478/optika.v6i1.1071

Emira Hayatina Ramadhan, Rian Dwiyanto, & Mahmudah Fitriyah Z.A. (2024). Analisis Efektivitas Metode SQ3R dalam Meningkatkan Pemahaman Bacaan. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 3(1), 69–76. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v3i1.1230

Fadhila, N., Rezkita, S., & Djufri, E. (2024). Media board game “ SICERIA ” dalam pembelajaran IPAS kelas V Sekolah Dasar. 11(1), 89–102.

Fatmawati, B. A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Saintifik. Prosiding Seminar Dan …, 1–85.

Fauzi, I. (2023). Literasi Membaca Dalam Kurikulum Merdeka Dan Koherensinya Dengan Karakteristik Anak Usia Jenjang Sekolah Dasar Tesis. At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.

Fayrus, & Slamet, A. (2022). Model Penelitian Pengembangan (R n D).

Hafizatul, K. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Kinemaster Sebagai Media Pembelajaran Berbasis ICT. Prosiding Seminar Nasional, 43.

Herlina, H. (2016). Improving english reading comprehension skill by sq4r method. Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI, 11(1), 29–35.

Hidayat, L., Fauziah, N., Febriana, F., Marini, A., & Yunus, M. (2024). Peranan Pembelajaran IPS Terhadap Pembentukan Karakter Kepekaan Sosial Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Cendekia Pendidikan, 4(4), 50–54.

Indrawati, F. (2020). Peningkatan kemampuan literasi matematika di era revolusi industri 4.0 [Improving mathematical literacy skills in the era of the industrial revolution 4.0]. Proceeding of Seminar Nasional Sains, 1(1), 382–386.

Jamaludin, U., Setiawan, S., Oktadri Yanti Putri, D., Mutia Yunita, S., & Afrizal, M. (2023). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Membaca Permulaan Di Kelas 1 Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 3164–3170. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1185

Khakima, L. N., Zahra, S. F. A., Marlina, L., & Abdullah, Z. (2021). Penerapan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Siswa MI/SD. Prosiding Seminar Nasional PGMI, 1(1), 775–791.

Khoirunnisa Septianingsih, Sumarno, & Aries Tika Damayani. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Membaca Peserta Didik Kelas Rendah Di Sd Negeri Cerme. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 1632–1641. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1491

Lanta, J., Ecca, S., Studi, P., Bahasa, P., Muhammadiyah, U., & Rappang, S. (2025). Efektivitas Penggunaan Cerita Bergambar Sebagai. 9(1), 90–99.

Maulidya, A., Varathi, K., Marini, A., & Yunus, M. (2024). Peran Kemampuan Sosial dalam Mendorong Partisipasi Siswa pada Pembelajaran IPS SD. Cendekia Pendidikan, 4(4), 50–54. https://doi.org/10.9644/sindoro.v3i9.252

Mulyati, E., & Suryani, L. (2023). Penggunaan Media Board Game dan Aplikasi Quizziz dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 8718–8729. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2690

Nurhanifah, A., & Diah Utami, R. (2023). Analisis Peran Guru dalam Pembudayaan Literasi Sains pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 463–479. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5287

Pudjiati, I., Usman, H., & Harefa, M. M. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Teknik Mind Mapping. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1381–1386. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3903

Rahmawati, T., & Purnomo, H. (2023). Peran Guru Dalam Pencapaian Hasil Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 235–249. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i2.542

Ratnaningrum, W. A. (2022). Dasar-Dasar Yuridis Sistem Pendidikan Nasional. Educational Technology Journal, 2(2), 22–28. https://doi.org/10.26740/etj.v2n2.p22-28

Suardi, A., & Juhji. (2018). Profesi Guru Dalam Mengembangkan KemampuanBerpikir Kritis Peserta Didik Di Era Globalisasi. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 16–24.

Wati, R. I., S, S., & Sah, R. W. A. (2023). Siswa sekolah dasar menggunakan game “new family 100” untuk mengembangkan vocabulary, bagaimana kegiatan implementasinya? Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(2), 124–131. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i2.220

Wibowo, Hamid Sakti. Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran: Merancang Pengalaman Pembelajaran yang Inovatif dan Efektif. Tiram Media, 2023.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-30

Cara Mengutip

Salma, S. A., Usman, H., & Yunus, M. (2025). Analisis Kebutuhan Media Board Game untuk Membiasakan Kemampuan Literasi Siswa Kelas III SD. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 6(1), 274–282. https://doi.org/10.56667/de_journal.v6i1.1841

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.