PENERAPAN METODE SAS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS II SD NEGERI NGADIMERTO
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i1.225Kata Kunci:
Menulis permulaan, metode Struktural Analitik Sintetik (SAS)Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan metode SAS, (2) minat siswa dengan penerapan metode SAS, (3) peningkatan keterampilan menulis permulaan dengan metode SAS. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Ngadimerto Banyuurip dengan subjek penelitian siswa kelas II yang berjumlah 7. Instrumen yang digunakan adalah pedoman lembar observasi, lembar wawancara, lembar catatan harian (field note), lembar soal tes, dan metode pengumpulan data yang berupa observasi. Dari hasil penelitian diketahui: (1) penerapan metode SAS pada penelitian ini berhasil dilaksanakan. Hal ini dapat diketahui dari siswa yang semakin aktif dan hasil tulisan siswa yang rapi; (2) minat siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan penerapan metode SAS mengalami peningkatan. Tahap prasiklus, hanya dua siswa yang aktif di kelas dan hasil tulisan siswa belum bisa dikatakan baik. Siklus I, empat siswa sudah mulai menunjukkan rasa percaya dirinya. Sikap menulis dan hasil tulisan siswa juga semakin membaik. Siklus II, lima siswa sudah menunjukkan rasa percaya dirinya. Siswa juga sudah terbiasa menulis dengan hati-hati dan dengan sikap yang benar; (3) hasil keterampilan menulis permulaan dengan metode SAS meningkat. Tahap prasiklus, hasil rata-rata siswa mencapai 63,56. Dua siswa sudah mencapai KKM 70. Tahap siklus I, tiga siswa sudah mencapai KKM dengan hasil rata-rata 67,97. Siklus II, lima siswa sudah mencapai KKM dengan hasil rata-rata 73,38.
Unduhan
Referensi
Ananda, R., Tien, R., & Syahrum. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. In Penelitian Tindakan Kelas. Citapustaka Media.
Baso, S. A. A., Efendi, E., & Barasandji, S. (2014). Peningkatan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode SAS di Kelas II SDN Pinotu. Jurnal Kreatif Tadulako Online.
Khoridah, F., Prasetiyawati, D., & Baedowi, S. (2019). Analisis Penerapan Metode Sas (Struktural Analitik Sintetik) Dalam Kemampuan Menulis Permulaan. Journal for Lesson and Learning Studies. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19899
Larassintha, D. (2018). Penerapan Metode SAS (Struktur Analitik Sintetik) pada Pembelajaran Membaca Permulaan Siswa Kelas I MI Ma’aruf NU Sokawera Padamara Purbalingga Tahun Pelajaran 2017/2018. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto.
Madasari, K. A., & Muyani, M. (2016). Keefektifan Metode Eja Dan Metode Sas Berdasarkan Minat Belajar Dalam Pembelajaran Keterampilan. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia.
Rahmadani, N. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan Melalui Penerapan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) Di Kelas I SDN 61 Tondok Alla Kecamatan Telluwanua Kota Palopo. Journal of Teaching Dan Learning Research. https://doi.org/10.24256/jtlr.v1i1.586
Ricky, Z. (2020). Peningkatan Hasil Pembelajaran Bola Basket Melalui Pendekatan Bermain Siswa Sman 1 Pulau Punjung Dharmasraya. Journal Of Dehasen Educational Review, 1(2), 86–92. https://doi.org/10.33258/jder.v1i2.1045
Safitri, I., & Rizkiana, S. (2019). Keefektifan Model Picture and Picture dan Problem Based Learning terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMK Negeri 7 Purworejo tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Surya Bahtera, 7(2), 133–143.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. In Menulis sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.
Wardiyati, H. (2019). Penerapan Metode Sas (Struktural Analitik Sintetik) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Rendah Di Sekolah Sasar. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(6), 1083–1091. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i6.7837.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 DE_JOURNAL

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten