IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL DALAM MERANCANG DESAIN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.512Kata Kunci:
Literasi Digital, Media Pembelajaran, Aplikasi CanvaAbstrak
Salah satu yang menjadi tantangan pembelajaran di era digital adalah terampil dalam merancang media pembelajaran berbasis teknologi digital. Canva merupakan aplikasi berbasis online dengan menyediakan desain menarik berupa template, fitu-fitur, dan kategori- kategori yang diberikan di dalamnya untuk menunjang kreativitas bagi penggunanya. Artikel ini berisi tentang fungsi aplikasi Canva sebagai media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan untuk pendidik maupun peserta didik. Tujuan dari pengkajian media pembelajaran audio visual Canva adalah untuk mengetahui lebih jauh fitur pada aplikasi Canva yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran, dengan harapan dapat meningkatkan inovasi guru dalam merancang media pembelajaran yang menarik, efektif dan interaktif sehingga tercapai target pembelajaran yang telah direncanakan. Adapun metode penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, dimana metode ini bersifat pengembangan deskriptif dan cenderung menggunakan analisis.
Kata Kunci: literasi digital, media pembelajaran, aplikasi Canva
Unduhan
Referensi
Arsyad, A. (2012). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Creswell, John W. (2014). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka. Pelajar.
Dewi P. (2016). Pengaruh Konseling Behavior Dengan Teknik Time Out Terhadap Peningkatan Disiplin Belajar Peserta Didik Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bandar Lampung. Skripsi. Diterbitkan: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Raden Intan: Lampung.
Erwan, S., & Mukhidin. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pengukuran untuk Meningkatkan Hasil Dan kemandirian Belajar Siswa SMP di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Volume 21. Nomor 3. Hlm 203-218.
Gehred, A. P. (2020). Canva. Journal of Medical Library Association, 108(2), 338-340.
DOI: dx.doi.org/10.5195/jmla.2020.940.
Gilster. (2017). Digital literacy. New York: Wiley
Karnila, Nia & Setiyadi, R. (2019). Using Audio-Visual Learning Media in Improving Student Concentration
in Energy Materials, 3(1).
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Gerakan Literasi Digital. Jakarta: Kemendikbud.
Kenton, J., & Blummer, B. (2010). Promoting digital literacy skills: examples from the literature and
implications for academic librarians. Community & Junior College Librarie, 99.
Kurniawati, J. dan Baroroh, S. (2016). Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Komunikator 8. (2). 51 – 66.
Martin, S., Griswold, W. (2016). Environmental Sceience Brief for Citizens, Center for Hazardous Substance Research. Kansas State University.
Pritchard dan Woollard. (2010). Psychology for the Classroom: Constructivism and Social Learning. London: Routledge.
Riel, Van Cees. 2017. Essential of Corporate Communication, London: Routledge.
Rokhayani, A., Ririn, A., & Utari , P. (2014). The Use of Comic Strips As an English Teaching Media for Junior High School Students. Language Circle : Journal of Language and Literature, 8(2), 143-149.
Sagala, S. (20109). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV.
Said, A. A. (2016). Desain Multimedia Pembelajaran Seminar Nasional "Revitalisasi Pendidikan Seni dan Desain Sebagai Basis Pengembangan SDM" 1, 239.
Qurrotaini, L., Sari, T. W. and Sundi, V. H. (2020) Efektivitas Penggunaan Media Video Berbasis Powtoon dalam Pembelajaran Daring. Prosiding Seminar Nasional.
Wahyuni, E., & Thohiriyah. (2018). Infographic: Avoiding monotony in presenting teaching materials.
Proceedings of 2nd English Language Learning and Lirature International Conference (ELLiC), 2.
Wahyuni, W. (2018). A Digital Practical Application in Teaching Functional Text; Canva, 400.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 DE_Journal (Dharmas Education Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten