PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SOFTWARE MACROMEDIA DIRECTOR PADA PEMBELAJARAN IPS
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.991Abstract
Bahan ajar berbantuan komputer yang bersifat dinamis sangat berguna ketika digunakan dalam proses pembelajaran, bahan ajar berbantuan komputer memiliki kemampuan sebagai bahan yang memiliki daya abstraksi yang tinggi dan bersifat rumit. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPS berupa program pembelajaran menggunakan software Macromedia Director. Jenis penelitian ini ialah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Pada penelitian ini dikembangkan media pembelajaran Interaktif materi Kolonialisme dan Imperialisme Bangsa Barat di Indonesia dengan menggunakan Software Macromedia Director pada kelas VIII SMP. Pengembangan media pembelajaran menggunakan model 4-D (four D Models) Thiagarajan. Model pengembangan 4-D merupakan model yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan, Dhoroty S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel. Hasil penelitian menunjukan range nilai kelayakan media pembelajaran interaktif, nilai kelayakan media ini dari siswa berada pada range sangat layak meskipun nilai ini mendekati kategori layak. Jika nilai kelayakan dipresentasikan, tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif adalah 86, 9 %. dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Interaktif pokok bahasan Kolonialisme dan Imperialisme Bangsa Barat di Indonesia ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran baik oleh guru maupun siswa.
Downloads
References
Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35.
Al Munawarah, R. (2019). Sparkol Videoscribe Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 8(2), 430–437.
Arif. (2019). Pengembangan Model dan Media Pembelajaran Matematika Ekonomi dan Bisnis dengan Aplikasi Microsoft Mathematics. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(2).
Firdaus. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Bervisi Sets Berbantuan Komputer Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah. Indonesian Journal of Science and Education, 1(2), 17–29.
Fitra, I. (2015). Penggunaan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Integral Di Kelas Xii Man Darussalam Aceh Besar Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Peluang, 4(2), 73–81.
Hafizatul, K. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Kinemaster Sebagai Media Pembelajaran Berbasis ICT. Prosiding Seminar Nasional, 6(3), 43.
Kusmana, A. (2011). E-learning Dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan, 14(1), 35–51.
Permatasari, K. G. (2021). Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(1), 68–84.
Prananda, G., Wardana, A., & Darniyanti, Y. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tema 6 Subtema 2 Untuk Siswa Kelas SD Negeri 17 Pasar Masurai 1. Jurnal Dharma PGSD, 1(1), 38–45.
Rahmi. (2018). IMPROVING TEACHER’S INFORMATION AND COMMUNICATIONTECHNOLOGY (ICT) COMPETENCY IN DEVELOPINGTHE QUALITY IN INSTRUCTIONAL DESIGN. Junal Teknologi, 3(1).
Sapriyah. (2019). Peran Media Pembelajaran Mmeningkatkan Hasil Belajar. Posiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 470–477.
Setiawansyah, S., Sulistiani, H., & Saputra, V. H. (2020). Penerapan Codeigniter Dalam Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan Di SMK 7 Bandar Lampung. Jurnal CoreIT: Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 6(2), 89.
Suyitno. (2015). Audio-Visual Study Media for Automotive Processing Materials. Journal of Automotive Engineering Education, 05(02), 210–218.
Wulandari. (2017). Studi literatur pembelajaran kimia berbasis masalah ditinjau dari kemampuan menggunakan laboratorium virtual. Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi Dan Industri (SNTIKI), 0(0), 709–715.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten