PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 02 KOTO BARU
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1066Keywords:
Project Based Learning, Understanding Mathematical Concepts, Grade VII Middle School StudentsAbstract
Penelitian ini dilakukan karena rendahnya kemampuan siswa dalam memahami konsep matematikanya. Upaya mengatasi permasalahan tersebut membutuhkan model Project Based Learning (PjBL). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana model PjBL akan mempengaruhi pencapaian kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan post test only control group design.Seluruh siswa Kelas VII SMP Negeri 02 Koto Baru menjadi populasi dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini sampel diambil secara purposive sampling dengan 26 orang kelas VII A dan 27 orang kelas VII B. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan post test berupa tes tertulis dengan jumlah soal esai sebanyak 6 soal. Berdasarkan hasil uji kondisional untuk kedua kelas, distribusinya cenderung normal. Hasil uji-t (independent sample t-test) menghasilkan nilai sig (two-tailed) = 0,000 < 0,05 H0 ditolak artinya ada pengaruh model PjBL terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII. Namun, indikator 1, 2, 3, 5, dan 7 model PjBL tidak ada pengaruh terhadap pemahaman konsep matematika siswa, indikator 4 dan 6 model PjBL ada pengaruh terhadap pemahaman konsep matematika siswa
Downloads
References
Alawiyah, M., Sudarti, & Prihandono, T. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Pemanfaatan Barang Bekas Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA di MTs Kecamatan Jenggawah ( The Effect of The Use of Project-Based Learning-Based on Used Goods Against The Sc. Jurnal Edukasi UNEJ, II(1), 37–40.
Alawiyah, M., Sudarti, & Prihandono, T. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Pemanfaatan Barang Bekas Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA di MTs Kecamatan Jenggawah ( The Effect of The Use of Project-Based Learning-Based on Used Goods Against The Sc. Jurnal Edukasi UNEJ, II(1), 37–40.
Arima, F., Djaelani, A. R., & Setiawan, T. (2019). peningkatan kompetensi memahami rangkaian listrik sederhana melalui model Project Based Learning dengan membuat media seri paralel. Journal of Vocational Education and Autimotive Technology, 2(1), 33–40.
Badriah. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke Di SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 6(2), 463–472.
Jehadus, E., Jundu, R., & Rini, F. B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together ( NHT ) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. JIPM, 1(April), 57–63.
Kurniati, A., & Sari, A. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together ( NHT ) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 137–147.
Linda. (2015). Penerapan Pembelajaran Project-Based Learning ( Pjbl ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMA. Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME), 2, 1–9.
Nasution, Z. M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together ( NHT ) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Berbantuan Software. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS), 7(1), 26–32.
Ntjalama, K. M., Murdiyanto, T., & Meliasari. (2020). pengruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media kahoot! terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMAN 4 Bekasi. Jurnal Riset Pendidikan Mtematika Jakarta, 2(2), 13–20.
Rahmawati, E., & Gusmania, Y. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together ( NHT ) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 53 Batam. Pythagoras, 6(2), 151–160.
Sari, A. S., Sutiarso, S., & Coesamin, M. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 6(6), 571–581.
Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Mata Kuliah Kapita Kelekta Matematika Pendidikan Dasar FKIP UMSU. Jurnal EduTech, 5(1), 84–88.
Zulfa, A., & Warniasih, K. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Gamping. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(22), 371–375.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten