PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR TEKS NEGOSIASI KELAS X SMA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1220Keywords:
Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD), Kemampuan Menganalisis, Teks NegosiasiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dalam penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Menganalisis Struktur Teks Negosiasi Kelas X SMA Negeri 1 Lima Puluh. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen dengan bentuk desan eksperimen yatu True-experimental design tipe post-test only control design. Pada kelas X2 sebaga kelas Eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan kelas X3 sebaga kelas kontrol. Post-test dengan hasil rata-rata kelas Eksperimen 80 dan kelas kontrol 61,9. Hasil perhitungan to yang telah diperoleh yakni menunjukkan bahwa nila t diperoleh, selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf 5% maupun 1 % dengan dk = (N1+N2) -2 = (36+36)-2=70. Pada tabel t dengan dk =70 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,00 dan taraf signifikan 1% = 2,65 karena thitung (to) lebih besar dari ttabel (t1), yakni taraf signifikan 5% (6,93>2,00). Maka taraf signifikan 1% (6,93>2,65), maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima.
Downloads
References
Anwar, Y., Ananda, A., Montessori, M., & Khairani, K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan SAVI dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PPKn. Jurnal Basicedu, 6(4), 7433–7445. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3355
Ardi, M. (2011). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar (Eksperimen Pada Pelajaran Sains Di SMPN 4 Siswa Kelas II, Kel. Tanjung Kapal, Kec. Rupat, Kab. Bengkalis). Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.
Asmedy, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(2), 108–113. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i2.41
Dedek Andrian, Astri Wahyuni, Syarul Ramadhan, Fini Rezy Enabela Novilanti, & Zafrullah. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Peningkatan Hasil Belajar, Sikap Sosial, dan Motivasi Belajar. INOMATIKA, 2(1), 65–75. https://doi.org/10.35438/inomatika.v2i1.163
Dhania, E. R., Anam, S., & Awalludin, A. (2019). Kemampuan dan Kesulitan Siswa Kelas X SMA Negeri 3 OKU dalam Menulis Teks Negosiasi. Diksa: Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 122–132.
Islami, V. H., Soeprianto, H., & Prayitno, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(2), 239–247. https://doi.org/10.29303/griya.v1i2.48
Jamilah, J., Sartika, R. P., & Ulfah, M. (2021). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad terhadap hasil belajar siswa pada materi atom dan partikel penyusunnya. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 10(1), 48–56. https://doi.org/10.31571/saintek.v10i1.2465
Jeklin, A. (2016). Penelitian Kepustakaan dalam Penelitian Pengembangan Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Borneo Humaniora, 1(1), 1–23.
Lovisia, E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Studentteams Achievement Division (STAD) Pada Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Lubuklinggau. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 1(1), 1–12.
Maharini, I. G. A. D., Lasmawan, W., & Sutama, I. M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Pkn Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas 4 SD Di Gugus I Kuta Kabupaten Badung. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, 3(1).
Matheus, M., & Wasilah, A. (2018). Kemampuan Siswa Kelas X Sma Cinta Budaya Menganalisis Teks Negosiasi Tahun Pembelajaran. Junral Unimed, 1(1), 107–116.
Ngailo, D. W., Muliadi, A., Adawiyah, S. R., Samsuri, T., & Armansyah, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Empiricism Journal, 2(1), 19–28. https://doi.org/10.36312/ej.v2i1.583
Nuraeni, S. E., Afghohani, A., & Exacta, A. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 6(2), 1–5. https://doi.org/10.53565/pssa.v6i2.180
Purwaningsih, S. (2018). Pengaruh Keaktifan Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Materi Turunan Fungsi Pada Siswa Kelas Xi Is 2 Sma N 15 Semarang. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(2), 63. https://doi.org/10.26714/jkpm.5.2.2018.63-67
Ramafrizal, Y., & Julia, T. (2018). Kajian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar Akuntansi. Oikos: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan Ekonomi, 2(2), 133–145.
Risdiawati, Y. R. (2012). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Imogiri Tahun Ajaran 2011/2012. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 1(2), 1–10.
Saadah, F. Y., & Susanti, L. Y. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar ipa kelas VII MTs. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(2), 81–90.
Shobrina, N. Q., Sakti, I., & Purwanto, A. (2020). Pengembangan Desain Bahan Ajar Fisika Berbasis E-modul Pada Materi Momentum. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1 April), 33–40.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (1st ed.). Penerbit Alfabeta.
Sukardi, H. M. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi Dan Praktiknya (Edisi Revisi). Bumi Aksara.
Suriat, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 22–31. https://doi.org/https://doi.org/10.37150/perseda.v5i1.1571
Suriyanto, D., Taufik, L., & Mubarak, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Materi Asam Basa. Spin Jurnal Kimia & Pendidikan Kimia, 2(2), 132–145. https://doi.org/10.20414/spin.v2i2.2696
Syihabuddin, M. A., & Amalia, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Siswa Mts. Maâ€Tm Arif Sidomukti Gresik. Miyah: Jurnal Studi Islam, 18(1), 75–84. https://doi.org/https://doi.org/10.33754/miyah.v18i1.456
Tarigan, H. G. (2008). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.
Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83–90. https://doi.org/10.17933/diakom.v1i2.20
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten