PENGARUH PENGEMBANGAN INOVASI PENELITIAN TERHADAP KEMAMPUAN MENELITI GURU SMA DI KECAMATAN LAGUBOTI SUMATERA UTARA

Authors

  • Weni Ayu Sunita Zandroto Universitas Negeri Medan
  • Sukarman Purba Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Wildansyah Lubis Universitas Negeri Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1331

Keywords:

Inovasi Penelitian, Kemampuan Meneliti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak dari pengembangan inovasi penelitian yang diinisiasi oleh pihak sekolah dan/atau pemerintah daerah terhadap peningkatan kemampuan meneliti guru SMA di Kecamatan Laguboti. Fokus utama penelitian adalah menganalisis sejauh mana inisiatif-inisiatif inovatif dalam penelitian yang didukung oleh pihak sekolah atau pemerintah daerah berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan meneliti para guru di wilayah tersebut. Metode penelitian yang digunakan meliputi pengumpulan data primer melalui kuesioner yang disebar kepada para guru SMA di Kecamatan Laguboti. Data sekunder juga diambil dari dokumentasi inisiatif-inisiatif pengembangan inovasi penelitian yang diimplementasikan oleh pihak sekolah atau pemerintah daerah. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dan korelasi sederhana, yang menguur sejauh mana peran sekolah/pemerintah memengaruhi kemampuan eneliti guru. Hasil penelitian diharapkan akan memberikan gambaran yang jelas tentang efektivitas dari pengembangan inovasi penelitian oleh pihak sekolah dan/atau pemerintah daerah dalam meningkatkan kemampuan meneliti guru-guru SMA di Kecamatan Laguboti. Implikasi dari temuan penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi perbaikan kebijakan dan praktik pendidikan di wilayah tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Weni Ayu Sunita Zandroto, Universitas Negeri Medan

Universitas Negeri Medan

Sukarman Purba, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Universitas Negeri Medan, Indonesia

Wildansyah Lubis, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Universitas Negeri Medan, Indonesia

Abstract viewed = 52 times

References

ASLACH, Z. (2020). Pengaruh Kreativitas Siswa Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Kalisari 01. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 30. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.30-43

Astutik, S., & Bektiarso, S. (2021). Pelatihan penelitian tindakan kelas (PTK) bagi guru SMAN Panarukan Situbondo. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 54–62. https://doi.org/https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i1.5

BUDIONO, S. (2021). Konseling Kreatif dan Inovasi Dalam Penelitian Tindakan Bidang Bimbingan dan Konseling. ACTION: Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 1(1), 62–68. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/action.v1i1.360

Edwards, L. (2018). Understanding public relations: Theory, culture and society. Understanding Public Relations, 1–288.

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan penelitian tindakan kelas. Abdimas Unwahas, 4(1).

Gazali, M., & Pransisca, M. A. (2021). Pentingnya penguasaan literasi teknologi informasi dan komunikasi bagi guru madrasah ibtidaiyah dalam menyiapkan siswa menghadapi revolusi industry 4.0. Jurnal Ilmiah Global Education, 2(1), 87–95. https://doi.org/https://doi.org/10.55681/jige.v2i1.76

Giantoro, H. M., Haryadi, H., & Purnomo, R. (2019). Pengaruh Kompetensi Guru, Kepemimpinan Kepala Sekolah Menurut Persepsi Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Di Kabupaten Purbalingga. Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi, 21(2). https://doi.org/10.32424/jeba.v21i2.1290

Hanafiah, H., Sauri, R. S., Rahayu, Y. N., & Arifudin, O. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4524–4529. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1049

Irawadi, F., & Yustikarini, L. (2019). Dampak sertifikasi terhadap profesionalisme guru (studi pemetaan (pk) gpai on-line tingkat sma kota Palembang). Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Kurniati, P., Kelmaskouw, A. L., Deing, A., Bonin, B., & Haryanto, B. A. (2022). Model proses inovasi kurikulum merdeka implikasinya bagi siswa dan guru abad 21. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 408–423. https://doi.org/https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1516

Lagun Siang, J., Sukardjo, M., Salenussa, B. J. M., Sudrajat, Y., & Khasanah, U. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 40–52. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15329

Nurcahya, A., & Hadijah, H. S. (2020). Pemberian Penguatan (Reinforcement) dan Kreatifitas Mengajar Guru Sebagai Determinan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1), 83–96. https://doi.org/10.17509/jpm.v5i1.25855

Nurhayati, N. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran Plantet Questions Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Trigonometri di Kelas X SMAN 1 Bireuen. Jurnal Pendidikan Almuslim, 7(1).

Prasistayanti, N. W. N., Santyasa, I. W., & Sukra Warpala, I. W. (2019). Pengaruh Desain E-Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Mata Pelajaran Pemrograman Pada Siswa SMK. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 138. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p138--155

Rahyasih, Y., Hartini, N., & Syarifah, L. S. (2020). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan: Sebuah Analisis Kebutuhan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru (Sustainability Professional Development: A Scientific Paper-Training Need Analysis for Teachers). Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(1), 136–144.

S, S., Herlambang, T., & Cahyono, D. (2018). Dampak Motivasi, Disiplin Kerja Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.32528/jsmbi.v8i2.1785

Saragih, L. M., Tanjung, D. S., & Anzelina, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu, 5(4), 2644–2652.

Setyorini, D., & Syahlani, A. (2019). Analisis Jalur (Path Analysis) Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 16(02), 177–193. https://doi.org/10.36406/jam.v16i02.241

Sukmawijaya, Y., Suhendar, S., & Juhanda, A. (2019). Pengaruh model pembelajaran stem-pjbl terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi pencemaran lingkungan. Jurnal BIOEDUIN: Program Studi Pendidikan Biologi, 9(2), 28–43. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/bioeduin.v9i2.5893

Sulastri, S., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 258–264. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.30

Tahir, T., & Marniati, M. (2018). Pengaruh Kreativitas terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa ditinjau dari Jenis Kelamin (Studi Kasus di MAN 1 Kolaka). Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 279–284.

Widyaningtyas, R., & Huda, M. J. (2018). HUBUNGAN KREATIVITAS GURU TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA DI SEKOLAH DASAR. INVENTA, 2(2), 37–46. https://doi.org/10.36456/inventa.2.2.a1647

Published

2024-06-24

How to Cite

Zandroto, W. A. S., Purba, S. ., & Lubis, W. . (2024). PENGARUH PENGEMBANGAN INOVASI PENELITIAN TERHADAP KEMAMPUAN MENELITI GURU SMA DI KECAMATAN LAGUBOTI SUMATERA UTARA. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 365–374. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1331

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)