PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING DENGAN MODEL LANGSUNG (DIRECT INTRUCTION) PADA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1409Keywords:
Berpikir Kritis, Mind Mapping, Direct Instruction.Abstract
Berdasarkan simpulan dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis siswa antara kelompok yang menggunakan model Mind Mapping dan kelompok yang menggunakan model Direct Instruction. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengungkapkan perbedaan ini, karena kemampuan berpikir kritis siswa sulit untuk dirangsang secara efektif, dan kedua model ini dipilih untuk melihat mana yang lebih efektif dalam merangsang kemampuan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment, yang melibatkan populasi siswa kelas IV di SDI Al-Abror sebanyak 80 siswa, dengan sampel sebanyak 52 siswa. Data dikumpulkan menggunakan tes tertulis berupa 13 soal essay, serta dokumentasi untuk mendapatkan data transkrip nilai siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen (yang menggunakan Mind Mapping) dan kelompok kontrol (yang menggunakan Direct Instruction) dalam kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai t-hitung sebesar 0,000 yang lebih kecil dari nilai t-tabel pada α = 0,05, menunjukkan bahwa perbedaan ini tidak mungkin terjadi akibat kebetulan belaka. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Mind Mapping lebih efektif dalam merangsang kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan model Direct Instruction berdasarkan hasil penelitian ini.
Downloads
References
Amakraw, Y. (2022). Strategi Implementasi Praktikum Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Sekolah Dasar dan Menengah. Science Education Research (Search) Journal, 4(1), 34–41.
Andiyana, M. A., Maya, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa smp pada materi bangun ruang. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 239–248.
Creswell, J. W. (2014). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. In Yogyakarta, Pustaka Pelajar.
Fatimah. (2023). Penggunaan Media Puzzle Guna Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 374–379.
Ibtidaiyah, M. (2010). Karakter religius pembelajaran ipa. Jurnal Pedagogi, XVII(155), 98–114.
Irwansyah. (2022). Scientific Approach dalam Pembelajaran Abad 21. In Penerbit NEM.
Izzah, F. N. (2022). ANALISIS FAKTOR–FAKTOR PEMICU TURUNNYA KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN IPA DI MASA PANDEMI. PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS, 10(1), 150–154.
Mahasiswa, K. (2016). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa dalam menyelesaikan soal uraian kalkulus integral berdasarkan level kemampuan mahasiswa. Infinity Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 5(1), 56–65.
Prananda, G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Pedagogik, 6(1), 122–130.
Prananda, G. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningk atan Keterampilan Berpik ir Kritis dan Self-Confidence Peserta Didik Terna 3 di Kelas IV Sek olah Dasar. In Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang.
Prananda, G., Judijanto, L., Purwoko, B., Citrawati, N., & Efendi, N. (2023). The Application of Demonstrated Learning Methods to Increase Primary School Students’ Science Learning Results. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(12), 12175–12181.
Rahmat, P. S. (2016). PERAN PENDIDIKAN DALAMMEMBENTUK GENERASI BERKARAKTER PANCASILA. Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan, 03(02), 1–15.
Rendi. (2024). Peran Logika Dalam Berfikir Kritis Untuk Membangun Kemampuan Memahami Dan Menginterpretasi Informasi. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat, 2(2), 82–98.
Rumahorbo, R. H., Prananda, G., & Estuhono, E. (2021). Pengembangan Modul Ipa Berbasis Research Based Learning Pada Keterampilan 4C Tema Hubungan Antar Makhluk Hidup dan Lingkungannya Siswa Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 1–6.
Trinianti, T., Estuhono, E., & Prananda, G. (2021). Pengembangan Modul Ipa Berbasis Model Research Based Learning (RBL) Untuk Keterampilan 4C Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Di Kelas V Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 14–20.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten