PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN DISPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS XI
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1444Keywords:
Profesionalisme, Guru, Disiplin Belajar, PrestasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas XI IPS SMA Negeri 5 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2024/ 2025. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh profesionalisme guru dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas XI IPS SMA Negeri 5 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2024/ 2025. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS sebayak 170 Orang dan untuk sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-8 sebanyak 17 orang dan siswa kelas XI-9 sebanyak 17 orang. Jadi sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI-8 dan siswa XI-9 sebanyak 34 orang. Instrumen yang di gunakan adalah angket dan dokumentasi. Kualitas instrumen penelitian untuk angket dan prestasi belajar siswa dinilai melalui dokumentasi hasil prestasi siswa dari sekolah. Seluruh data dari ketiga variabel di atas terlebih dahulu diuji apakah berdistribusi normal atau tidak dengan menggunakan uji kecocokan atau uji Chi Kuadrat dan ternyata ketiga variabel tersebut berdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji korelasi yang dilakukan menggunakan program SPSS, diperoleh :Nilai koefisien profesionalisme guru (X1) sebesar 0,418, menunjukkan bahwa setiap peningkatan profesionalisme guru akan meningkatkan prestasi belajar siswa. Dengan nilai signifikan (Sig.) Sebesar 0,000 < 0,05 menunjukkan pengaruh yang signifikan. Nilai koefisien disiplin belajar (X2) sebesar 0,606, menunjukkan bahwa setiap peningkatan disiplin belajar akan meningkatkan prestasi belajar siswa. Dengan nilai signifikan (Sig. ) Sebesar 0,000 < 0,05 menunjukkan pengaruh yang signifikan. Berdasarkan uji hipotesis yaitu uji signifikan pengaruh (Uji t) dengan menolak H0 dan menerima H1 maka diperoleh :Pengaruh antara profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas XI IPS SMA NEGERI 5 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2024/2025 adalah “sangat kuat”.
Downloads
References
Abdullah, M. (2018). Manajemen Mutu Pendidikan Di Sekolah Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru, Dan Partisipasi Masyarakat Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 190–198. Https://Doi.Org/10.17509/Jpp.V17i3.9612
Afifatun, S. (2022). Implementasi Supervisi Akademik Dengan Pendekatan Demokratis Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 141–155. Https://Doi.Org/10.61094/Arrusyd.2830-2281.35
Antariani, N. M., Divayana, D. G. H., & Ariawan, I. P. W. (2021). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru, Disiplin Belajar, Bimbingan Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kejuruan Akomodasi Perhotelan Kelas Xii Perhotelan Di Smk Duta Bangsa Denpasar. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 12(2), 212–222. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jurnal_Ap.V12i2.503
Astuti, E. Y. S. (2016). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Supervisi Klinis Dengan Pendekatan Lesson Study Di Madrasah Tsanawiyah Bantul Kota. Jurnal Pendidikan Madrasah, 1(1), 1–14. Http://Digilib.Uin-Suka.Ac.Id/Id/Eprint/27075
Aulia, P., Nugraha, D. M., & . S. (2021). Urgensi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Disiplin Belajar Siswa Dalam Situasi Pandemi Covid-19. Harmony: Jurnal Pembelajaran Ips Dan Pkn, 6(1), 48–56. Https://Doi.Org/10.15294/Harmony.V6i1.46646
Fuadi, T. M. (2021). Hubungan Perguruan Tinggi Swasta Dengan Pemerintah Dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm). Prosiding Semdi-Unaya (Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Unaya), 4(1), 267–286.
Harisman, Y., Dwina, F., Nasution, M. L., Sumarni, P., & Syaputra, H. (2023). Profesionalisme (Belief Dan Attitude) Guru Matematika Sekolah Menengah Atas Terhadap Technology Dalam Pembuatan E-Comic Matematika. Euclid, 10(4), 566–574.
Hermawan, I., Supiana, S., & Zakiah, Q. Y. (2020). Kebijakan Pengembangan Guru Di Era Society 5.0. Jieman: Journal Of Islamic Educational Management, 2(2), 117–136. Https://Doi.Org/10.35719/Jieman.V2i2.33
Hidayat, R. E., Rahman, F., Alam, B. P., & Ikhwati, A. (2022). Implementasi Evaluasi Model Kirkpatrick Pada Program Pelatihan Teknik Bercerita Dongeng Guru Sdn Nagrak 01. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1419–1425. Https://Doi.Org/10.31004/Cdj.V3i3.7816
Khanifatul Azizah, & Fuadi, M. A. (2021). Profesionalisme Guru Dalam Islam: Kajian Konseptual Hadits Tarbawi. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1), 73–87. Https://Doi.Org/10.25299/Al-Thariqah.2021.Vol6(1).6244
Khodijah, S. (2015). Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Dengan Menggunakan Reward Sticker Pictured: Studi Terhadap Siswa Kelas Ii Sdn Pisangan 03 Legoso Ciputat Timur Tangerang Selatan. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan (Fitk) Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.
Kustanto, H., Muazza, M., & Haryanto, E. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 63–69. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i1.1742
Listyowati, G. (2023). Implementasi Reward And Punishment Menggunakan Media Stiker Dalam Upaya Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Tk B. Universitas Pelita Harapan.
Nugroho, W. A., & Nurkhin, A. (2015). Pengaruh Sumber Belajar, Cara Belajar Dan Disiplin Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 2 Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, 4(1). Https://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Eeaj/Article/View/4683
Onih, O., & Sardjijo, S. (2023). Pengaruh Disiplin Kerja Guru, Kompetensi Profesional Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sd Di Kecamatan Sepatan Timur Kabupaten Tangerang. Jurnal Darma Agung, 30(1), 885–899. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.46930/Ojsuda.V30i1.2733
Perdana, D. R. (2022). Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Sosial Terhadap Hasil Belajar Tematik Kelas Iv Sd Negeri. Prosiding Seminar Nasional Implementasi Merdeka Belajar Di Masa Pandemi Covid 19: Peluang Dan Tantangan, 360–365. Http://Repository.Lppm.Unila.Ac.Id/Id/Eprint/43807
Prastiwi, A. T. (2017). Upaya Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Dengan Menggunakan Reward Sticker Pictured Siswa Kelas V Sd N 2 Pedes Sedayu Bantul Yogyakarta. Prodi Pgsd Universitas Pgri Yogyakarta. Http://Repository.Upy.Ac.Id/Id/Eprint/1549
Purba, N. A. (2021). Media Pembelajaran Sebagai Salah Satu Penunjang Profesionalisme Guru Di Sekolah. Skylandsea Profesional Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Teknologi, 1(1), 48–51.
Rahmayanti, R., Haryati, T., Miyono, N., & Safitri, A. (2021). Pengaruh Kompetensi Profesional, Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Kabupaten Pemalang. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 3(1), 43–55. Https://Doi.Org/10.21831/Jump.V3i1.35791
Ratnasari, Y. T. (2019). Profesionalisme Guru Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Revitalisasi Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Di Era Revolusi Industri 4.0.
Sinulingga, A. (2019). Profesionalisme Guru Pendidikan Jasmani: Dari Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah Hingga Motivasi Kerja Guru. Jurnal Sportif: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 5(02), 296–311. Http://Digilib.Unimed.Ac.Id/Id/Eprint/46910
Sugiyanto, S. (2021). Manajemen Kinerja Berbasis Budaya Religius Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Ma Mambaul Ulum Tunjungmuli Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara. Inspirasi (Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam), 5(2), 166. Https://Doi.Org/10.61689/Inspirasi.V5i2.287
Sulfemi, W. B. (2018). Pengaruh Disiplin Ibadah Sholat, Lingkungan Sekolah, Dan Intelegensi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.32729/Edukasi.V16i2.474
Sutrisna Dewi, K. M., Suwatra, I. W., & Suarjana, M. (2019). Kontribusi Disiplin Belajar Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal For Lesson And Learning Studies, 2(1), 121–130. Https://Doi.Org/10.23887/Jlls.V2i1.17328
Syam, A. A., & Santaria, R. (2020). Moralitas Dan Profesionalisme Guru Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 296–302. Https://Doi.Org/10.30605/Jsgp.3.2.2020.297
Tarigan, S. (2019). Pengaruh Disiplin Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas Iv Sd Negeri 101835 Bingkawan Ta 2018/2019. Universitas Quality.
Wahyuni, I. W., & Putra, A. A. (2020). Kontribusi Peran Orangtua Dan Guru Dalam Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 30–37. Https://Doi.Org/10.25299/Al-Thariqah.2020.Vol5(1).4854
Yunita Sari, Lisbet Novianti Sihombing, & Eva Pasaribu. (2022). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Disiplin Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 896–901. Https://Doi.Org/10.37630/Jpm.V12i3.710
Yusnaya, N. A. (2023). Implemetasi Reward Sticker Pictures Dalam Upaya Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri 151 Kadeppe. Global Journal Teaching Professional, 2(4), 35–48. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.35458/Jtp.V2i4.1218
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten